TERPAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN MINAT ANAK MUDA PADA SEKTOR PERTANIAN

Adhitya Herwin Dwiputra
London School of Public Relations (LSPR)
Indonesia
Joshua Boanerges Tampi
London School of Public Relations (LSPR)
Indonesia

Abstract

Sektor pertanian merupakan sektor yang krusial, termasuk di Indonesia. Jika sektor ini terabaikan, maka suatu negara akan kesulitan memenuhi kebutuhan pangan. Salah satu cara untuk mempertahankan sektor pertanian adalah dengan mendorong generasi muda untuk berpartisipasi. Aku Petani Indonesia melakukan kampanye di media sosial Instagram untuk menyuarakan regenerasi petani dengan mengajak generasi muda. Untuk mengukur efektivitas akun Instagram Aku Petani Indonesia dalam mempengaruhi minat anak muda bertani, maka dilakukan penelitian yang mengukur pengaruh terpaan media Instagram terhadap minat. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode campuran dan paradigma pragmatisme sebagai paradigma yang memadukan berbagai aliran filsafat untuk memperoleh sesuatu yang bermanfaat. Data diperoleh dari kuesioner kuantitatif yang diisi oleh 163 responden dan data kualitatif diperoleh dengan mewawancarai pengurus Aku Petani Indonesia dan salah satu perwakilan anggota yang terinspirasi dari postingan Instagram Aku Petani Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan media berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berpartisipasi di sektor pertanian. Kemudian, berdasarkan wawancara kualitatif, banyak yang tertarik dengan Aku Petani Indonesia. Mereka tertarik dengan postingan tentang promosi dan budidaya tanaman, kegiatan Aku Petani Indonesia, dan live Instagram yang mengundang pakar dan praktisi ternama. Aku Petani Indonesia juga telah berhasil menginspirasi para petani muda di Indonesia karena Aku Petani Indonesia dapat memberikan semangat kepada para petani muda untuk terus menggeluti pertanian. Salah satu bukti yang bisa dilihat adalah peningkatan followers berlipat ganda dari 15 ribu menjadi 24 ribu. Dengan demikian, data kuantitatif dan kualitatif membuktikan bahwa Aku Petani Indonesia telah berhasil menginspirasi dan menanamkan minat anak muda di bidang pertanian. Tidak hanya itu, Aku Petani Indonesia bisa menginspirasi dan mendorong generasi muda untuk lebih aktif di sektor pertanian. Dengan demikian, Aku Petani Indonesia terbukti mampu menciptakan persepsi positif tentang sektor pertanian. 

Keywords
Terpaan Media; Instagram; Minat; Persepsi; Metode Campuran
References

Abidin, Z. (2011). Pengantar Filsafat Barat. Rajawali.

Agrozine, R. (2020). Aku Petani Indonesia: Gerakan Regenerasi Penerus Pertanian Indonesia. https://agrozine.id/aku-petani-indonesia-gerakan-regenerasi-penerus-pertanian-indonesia/

Audi, R. (2003). Epistemology: A Contemporary Introduction to the Theory of Knowledge. Routledge.

Augusty, F. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ayuningtyas, A. S., Fauzi Dh, A., & Nuralam, I. P. (2019). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel Media (Survei pada Pengunjung Kampung Tridi (Tiga Dimensi) Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 68(1), 45–54.

Budiasa, I. W. (2010). Peran Ganda Subak untuk Pertanian Berkelanjutan di Provinsi Bali (The Double Roles of Subak for Sustainable Agriculture in Bali Province). Jurnal Agrisep Universitas Bengkulu, 9(2), 153–165.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approahces. Sage Publications.

Dardiri, A. (2007). Implikasi Pandangan Filsafat Pragmatisme Richard Rorty Tentang Epistemologi Dalam Bidang Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 2(2), 213–234. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8559

Dhara, K., Hutomo, K., Brigitta, L., & Arzella, N. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Kampanye Politik pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(2), 193–207. https://doi.org/10.37535/103001220206

Ferwerda, B., & Tkalcic, M. (2018). You are what you post: What the content of instagram pictures tells about users’ personality. CEUR Workshop Proceedings, 1–5.

Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik. Bumi Aksara.

Kevin, D., & Sari, W. P. (2018). Pengaruh Terpaan Media Online Terhadap Brand Image Kini Capsule. Prologia, 2(2), 291–297. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3590

Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Nugraha, Y. A., & Herawati, R. (2014). Menguak realitas orang muda sektor pertanian di perdesaan. Akatiga, 1–23.

Nugroho, A. D., Waluyati, L. R., & Jamhari. (2018). Upaya Memikat Generasi Muda Bekerja pada Sektor Pertanian di Daerah Istimewa Yogyakarta. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 6(1), 76–95.

Nurmalisa, Y. (2017). Pendidikan generasi muda. Media Akademi.

Pinilas, R., Gosal, R., & Kasenda, V. (2017). Partisipasi Generasi Muda Dalam Pelaksanaan Pembangunan. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintah, 2(2).

Qader, I. K. A., & Zainuddin, Y. (2011). The Influence of Media Exposure, Safety and Health Concerns, and Self-Efficacy on Environmental Attitudes Towards Electronic. 16(2), 167–186.

Rachmat Kriyantono. (2010). Teknis Praktis Riset Komunikasi: Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi (Vol. 7). PT Kencana Prenadamedia Group. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/203742/teknik-praktis-riset-komunikasi-disertai-contoh-praktis-riset-media-public-relations-advertising-komunikasi-organisasi-komunikasi-pemasaran

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, A. H., Suharyono, & Kumadji, S. (2015). Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 1–7.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2009). Organizational Behavior. Pearson Education.

Rompas, J., Engka, D., & Tolosang, K. (2015). Potensi Sektor Pertanian dan Pengaruh Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(04), 124–136.

Seate, A. A., & Mastro, D. (2015). The Effect of Media Exposure on Perceptions of Group Entitativity: A Preliminary Investigation. Communication Research Reports, 32(1), 29–34. https://doi.org/10.1080/08824096.2014.989972

Sina, P. G. (2013). Financial Efficacy dan Financial Satisfaction: Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Manajemen, 12(2), 173–184.

Siregar, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenadamedia Group.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Penerbit Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Penerbit Alfabeta.

Suryadi, E., Darmawan, D., & Mulyadi, A. (2019). Metode Penelitian Komunikasi Dengan Pendekatan Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Syahril, R., Hutomo, A., & Priatna. (2020). Pengaruh Terpaan Program Indonesia Idol (RCTI) Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Artis (Survey Peserta Audisi di Jakarta). Jurnal AKRAB JUARA, 5(2), 109–121.

Tamborini, R., Prabhu, S., Lewis, R. J., Grizzard, M., & Eden, A. (2018). The Influence of Media Exposure on the Accessibility of Moral Intuitions and Associated Affect. Journal of Media Psychology, 30(2), 79–90. https://doi.org/10.1027/1864-1105/a000183

White, B. (2012). Agriculture and the Generation Problem : Rural Youth , Employment and the Future of Farming. 43(6), 9–19.

Wicaksono, M. A. (2017). Media Social Instagram @Wisatadakwahokura Influence on Followers Intention To Visit. Jom Fisip, 4(2), 1–13.

Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.

Information
PDF
1170 times PDF : 530 times