PENGARUH PERKEMBANGAN DIGITALISASI MEDIA PADA PORTAL BERITA KOMPAS TERHADAP MINAT BACA MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)
Universitas Negeri Jakarta
Indonesia
Universitas Negeri Jakarta
Indonesia
Universitas Negeri Jakarta
Indonesia
Abstract
Perkembangan media massa di Indonesia telah mengalami banyak perubahan sejak adanya teknologi internet. Hal tersebut akhirnya membuat media cetak terus melakukan transformasi agar tidak tertinggal dan kalah bersaing. Salah satu contoh media yang telah melakukan inovasi dalam memenuhi tuntunan zaman yang semakin serba digital seperti sekarang ini yaitu portal berita Kompas. Kemudahan dalam mengakses media digital mengakibatkan sikap masyakarat berubah dalam membaca dan menyebabkan adanya cara membaca baru, dimana masyarakat banyak yang memutuskan membaca berita melalui media online dibandingkan media cetak. Hal ini yang menarik peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Perkembangan Digitalisasi Media Pada Portal Berita Kompas Terhadap Minat Baca Masyarakat”. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu; (1) Untuk mengetahui bagaimana perkembangan digitalisasi media pada portal berita kompas. (2) Untuk mengetahui bagaimana sikap minat baca masyarakat pada portal berita kompas. (3) Untuk mengetahui hubungan antara perkembangan digitalisasi media pada portal berita kompas dengan minat baca masyarakat. Dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode penelitian kuantitatif.
Keywords
References
Babbie, E. (2016). The Practice of Social Research (14th ed.). Boston, USA: Cengage Learning.
Fauziah, N., & Nuraeni, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Line Today Terhadap Meningkatnya Minat Membaca Berita Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Kota Jakarta). E-Proceeding of Management ISSN : 2355-9357, 4(3), 3047–3054.
Ghofur, A., & Rachma, E. A. (2019). Pemanfaatan Media Digital Terhadap Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan. Gulawentah Jurnal Studi Sosial, 4(2), 85–92. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5524
Haq, A. D., & Fadilah, E. (2018). Transformasi Harian Kompas Menjadi Portal Berita Digital Subscription Kompas.id. Kajian Jurnalisme, 01(02), 191.
Imron, H. A. (2017). Peran Sampling dan Distribusi Data Dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media. https://doi.org/10.31445/jskm.2017.210109
Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation (6th ed.). USA: Pearson Education.
Martinez, V. G., & López-Río, J. (2015). About the horrific peril of reading on digital devices. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 178, 105–109. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.159
Neuman, W. L. (2014). Basics of Social Research: Qualitative & Quantitative Approaches (3rd ed.). United States: Pearson Education Limited.
Putri, K. Y. S., Adamu, A. A., Mukhtar, S., Safitri, D., Hafini, R. D., & Fadhillah, D. N. (2020). The Impact of New Media Literacy and Supply Chain Knowledge Management on Community Economy in Indonesia. International Journal of Supply Chain Management, 9(3).
Sanders, K. (2019). Media Review: Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. In Journal of Mixed Methods Research (Vol. 13). https://doi.org/10.1177/1558689817751775
Stockemer, D. (2019). Quantitative methods for the social sciences: A practical introduction with examples in SPSS and Stata. In Quantitative Methods for the Social Sciences.
Viranda, L., Hidayat, D. R., & Yudhapramesti, P. (2019). Manajemen Produk Media Kompas.Com Untuk Bersaing Di Era Generasi Milenial. Jurnal Kajian Jurnalisme, 2(1). https://doi.org/10.24198/kj.v2i1.21074
Wibawanto, A. (2013). Menumbuhkan Minat Baca dan Tulis Mahasiswa. Jurnal Pustakaloka, 5(1), 125–134.