AKUN INSTAGRAM @taichangoreng SEBAGAI BAGIAN PROMOSI KULINER INDONESIA

Edy Prihantoro
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Marina Agustina
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Akun instagram @taichangoreng adalah salah satu akun di media sosial Instagram yang memuat informasi kuliner Indonesia. Akun ini digunakan sebagai media promosi yang efektif karena banyaknya pengguna Instagram di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh akun instagram @taichangoreng terhadap ketertarikan netizen kuliner Indonesia dan mempengaruhi minat beli terhadap produk makanan (kuliner) Indonesia, khususnya bagi kelompok mahasiswa. Metode yang digunakan adalah Kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, analisis korelasi, analisis regresi linier sederhana dan uji t. Berdasarkan uji t atau penentuan hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara akun instagram @taichangoreng sebagai akun kuliner Indonesia terhadapĀ  ketertarikan netizen (mahasiswa) untuk membeli produk kuliner Indonesia. Ketertarikan netizen (mahasiswa) terhadap akun ini karena mendapatkan informasi secara lengkap terhadap produk kuliner di Indonesia yang sangat beragam. Kekayaan kuliner Indonesia tidak hanya makanan semata, tetapi makanan yang ada di Indonesia berasal dari berbagai daerah yang memiliki sejarah cukup unik pada setiap makanannya. Hal ini tentu menarik bagi para netizen untuk mencoba makanan dengan cita rasa nusantara plus sejarahnya. Dengan mengunjungi akun ini diharapkan mendapatkan referensi kuliner Indonesia, sehingga para netizen (khususnya mahasiswa) tertarik untuk membeli kuliner Indonesia.

Keywords
Instagram, akun @henjiwong, kuliner Indonesia
References

Abugaza, Anwar. 2013. Social Media Politica. Jakarta: Tali Writing & Publishing House.

Akdon, Riduwan. 2011. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ardianto & Erdinaya, Lukiati Komala. 2005. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Basuki, Sulistyo. 2010. Metode Penelitian. Cetakan kedua. Jakarta: Penaku.

Daryanto. 2013. Teori Komunikasi. Malang: Penerbit Gunung Samudera.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.2009. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group.

Little john, Stephen W & Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi (theories of human communication) edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Mondry. 2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Palmgren, P. Wenner, L. 1985. Media Gratifications Research: Current Perspective. Berverly Hills, Ca: Sage.

Ramadhan, Arief. 2005. Sari Pelajaran Komputer Internet dan Aplikasinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Singarimbun, Masri; & Effendi, Sofian. 2011. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulianta, Feri.2015. Keajaiban Sosial Media. Jakarta : PT Gramedia.

Shim. Terence A. 2003. Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi terpadu. Jakarta : Erlangga.

Van Dijk, Jan. 2006. The Network Society: Social Aspect of New Media Second Edition. London: Sage Publication.

Tim Penyusun Humas Kementerian Perdagangan RI.2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementrian Perdagangan RI. Jakarta:Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI.

Information
PDF Tweet
1061 times PDF : 765 times