ANALISIS RESEPSI PADA TREND RASA TAKUT AKAN KETEINGGALAN (FOMO) BAGI REMAJA DI MEDIA SOSIAL
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Indonesia
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Indonesia
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Indonesia
Abstract
Keywords
References
Ahmad Toni, A., & Fajariko, D. (2018). Studi Resepsi Mahasiswa Broadcasting Universitas Mercu Buana Pada Film Journalism “Kill The Messenger.” Jurnal Komunikasi, 9(2), 151. https://doi.org/10.24912/jk.v9i2.161
Aisafitri, L., & Yusrifah, K. (2020). Sindrom Fear of Missing Out Sebagai Gaya Hidup Milenial Di Kota Depok. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 2(4), 166. https://doi.org/10.24014/jrmdk.v2i4.11177
Anggariani, D. A. (2023). Self-Disclosure Pengguna Aplikasi Kencan Daring Bumble. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 14(2), 172. https://doi.org/10.31506/jrk.v14i2.22954
Azka, F., Firdaus, D. F., & Kurniadewi, E. (2018). Kecemasan Sosial dan Ketergantungan Media Sosial pada Mahasiswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3315
Berger, A. A. (2016). Media and Communication Research Methods: An Introduction to Qualitative and Quantitative Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Fourth Edi, Vol. 53, Issue 9). Sage Publications. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Imaddudin. (2020). Fear Of Missing Out (FOMO) dan Konsep Diri Generasi-Z: Ditinjau Dari Aspek Komunikasi. JPRMEDCOM, 2(1), 25–39.
Juliantari, N. K. (2017). Paradigma Analisis Wacana Dalam Memahami Teks Dan Konteks Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12732
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Deepublish.
McGinnis, Patrick, J. (2020). Fear Of Missing Out Tepat Mengambil Keputusan di Dunia Yang Menyajikan Terlalu Banyak Pilihan. PT Gramedia.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. PT Remaja Rosdakarya.
Oktaviana, M., Achmad, Z. A., Arviani, H., & Kusnarto, K. (2021). Budaya komunikasi virtual di Twitter dan Tiktok: Perluasan makna kata estetik. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2), 173–186. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17560
Putri, L. S., Purnama, D. H., & Idi, A. (2019). Gaya hidup mahasiswa pengidap Fear of missing out di kota palembang. Jurnal Masyarakat & Budaya, 21(2), 129–148. https://jmb.lipi.go.id/jmb/article/view/867
Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia “Melek” Media Sosial. (2021). Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial
Samudro, A. (2020). Mengenal Istilah Catfishing di Media Sosial dan Tanda-Tandanya. Tirto.Id. https://tirto.id/mengenal-istilah-catfishing-di-media-sosial-dan-tanda-tandanya-fPqK
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.
Sianipar, N. A., & Kaloeti, D. V. S. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Fear of Missing Out (FoMO) Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Empati, 8(1), 136–143.
Wibisono, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Eksistensi Diri Remaja (Studi Pada Mahasiswa Di Lingkungan Fisip Unila). Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 22(2), 145–164.
Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2), 242–252. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i2.8821