ANALISIS RESEPSI PADA TREND RASA TAKUT AKAN KETEINGGALAN (FOMO) BAGI REMAJA DI MEDIA SOSIAL

Citra Eka Putri
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Indonesia
Radja Erland Hamzah
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Indonesia
Fizzy Andriani
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Indonesia

Abstract
Kecanduan media sosial oleh generasi muda secara tidak sadar melahirkan suatu fenomena baru yakni Fear of Missing Out (FOMO). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk  menganalisis  resepsi pada trend rasa takut akan ketertinggalan (FOMO) bagi remaja di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus, dengan teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber, teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Adapun hasil penelitian yang didapat adalah bahwa informan berada pada posisi The Dominant-Hegemonic Position, menerima, mengakui dan setuju dengan makna yang dikehendaki tanpa ada penolakan. Menggunakan media sosial sebagai referensi FOMO dan membuat konten FOMO di media sosial sebagai wadah flexing dan oversharing untuk validasi diri agar lebih mudah diterima dilingkungan sosial menambah rasa percaya diri dan kepuasan diri karena dianggap eksis. Sedangkan satu informan, berada di posisi The Negoitated-Code Position, campuran elemen adaptif dan selektif. Setelah melepaskan ketergantungan akan media sosial maka prilaku FOMO dapat beragsur-angsung berkurang bahkan terhenti, arus informasi FOMO yang dihantarkan melalui media sosial dikatakan sangat berpengaruh akan terjadinya FOMO, bukan hanya anak muda yang ikut terlibat dalam aktifitas FOMO melainkan orang dewasa.
Keywords
FOMO; anlisis resepsi; media sosial
References

Ahmad Toni, A., & Fajariko, D. (2018). Studi Resepsi Mahasiswa Broadcasting Universitas Mercu Buana Pada Film Journalism “Kill The Messenger.” Jurnal Komunikasi, 9(2), 151. https://doi.org/10.24912/jk.v9i2.161

Aisafitri, L., & Yusrifah, K. (2020). Sindrom Fear of Missing Out Sebagai Gaya Hidup Milenial Di Kota Depok. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 2(4), 166. https://doi.org/10.24014/jrmdk.v2i4.11177

Anggariani, D. A. (2023). Self-Disclosure Pengguna Aplikasi Kencan Daring Bumble. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 14(2), 172. https://doi.org/10.31506/jrk.v14i2.22954

Azka, F., Firdaus, D. F., & Kurniadewi, E. (2018). Kecemasan Sosial dan Ketergantungan Media Sosial pada Mahasiswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3315

Berger, A. A. (2016). Media and Communication Research Methods: An Introduction to Qualitative and Quantitative Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Fourth Edi, Vol. 53, Issue 9). Sage Publications. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Imaddudin. (2020). Fear Of Missing Out (FOMO) dan Konsep Diri Generasi-Z: Ditinjau Dari Aspek Komunikasi. JPRMEDCOM, 2(1), 25–39.

Juliantari, N. K. (2017). Paradigma Analisis Wacana Dalam Memahami Teks Dan Konteks Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12732

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Deepublish.

McGinnis, Patrick, J. (2020). Fear Of Missing Out Tepat Mengambil Keputusan di Dunia Yang Menyajikan Terlalu Banyak Pilihan. PT Gramedia.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. PT Remaja Rosdakarya.

Oktaviana, M., Achmad, Z. A., Arviani, H., & Kusnarto, K. (2021). Budaya komunikasi virtual di Twitter dan Tiktok: Perluasan makna kata estetik. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2), 173–186. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17560

Putri, L. S., Purnama, D. H., & Idi, A. (2019). Gaya hidup mahasiswa pengidap Fear of missing out di kota palembang. Jurnal Masyarakat & Budaya, 21(2), 129–148. https://jmb.lipi.go.id/jmb/article/view/867

Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia “Melek” Media Sosial. (2021). Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial

Samudro, A. (2020). Mengenal Istilah Catfishing di Media Sosial dan Tanda-Tandanya. Tirto.Id. https://tirto.id/mengenal-istilah-catfishing-di-media-sosial-dan-tanda-tandanya-fPqK

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Sianipar, N. A., & Kaloeti, D. V. S. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Fear of Missing Out (FoMO) Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Empati, 8(1), 136–143.

Wibisono, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Eksistensi Diri Remaja (Studi Pada Mahasiswa Di Lingkungan Fisip Unila). Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 22(2), 145–164.

Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2), 242–252. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i2.8821

Information
PDF
402 times PDF : 193 times