STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATION SAMPAIJAUH.COM DALAM CAMPAIGN 1000 SEPATU ALAS TEMPUH

Muhammad Zindan Albanna Suryanto
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nadinta Rafifah Suaib
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Campaign 1000 Sepatu Alas Tempuh adalah sebuah gerakan kepedulian diantara anak-anak khususnya bagi mereka yang kurang mampu dengan memberikan bantuan berupa sneakers yang dibuat khusus oleh Sampaijauh.com dan Isser James, serta pemberian sejumlah buku pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi public relation Sampaijauh.com dalam Campaign 1000 Sepatu Alas Tempuh.Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sampaijauh.com melakukan strategi komunikasi public relation-nya melalui media sosial yaitu Instagram dan Youtube.Dalam melakukan strategi komunikasi public relation-nya Sampaijauh.com fokus kepada hubungan masyarakat dengan dialogis. Peneliti menemukan bahwa Sampaijauh.com bersama dengan audience-nya menempuh empat prinsip dasar dalam melaksanakan konsep teori dialogis public relations yakni mutualitas, propinquity, empati, risiko, dan komitmen Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti berharap bisa menambah ilmu pengetahuan secara akademis kepada para pembaca mengenai Strategi Komunikasi Public Relation. Peneliti juga berharap berikutnya bisa melakukan penelitian lebih lanjut dan memberikan hasil yang lebih baik lagi yang dapat menyumbang ilmu pengetahuan akademis bagi para pembaca.

Keywords
Alas Tempuh; Dialogis Public Relation; Social Media; Sampaijauh.com; Strategi Komunikasi
References

Amane, A. P. O., Kertati, I., Hastuti, D., W, R. P., Shodiq, L. J., & Ridho’i, M. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF: Persperktif bidang ilmu Sosial (1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Andung, P. A., Messakh, J. J., & Doko, M. M. (2023). KOMUNIKASI BENCANA: Konsep, Teori & Praktik Baik Berbasis Kearifan Lokal. Zifatama Jawara.

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi (2nd ed.). Rajawali Pers.

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan praktek. Erlangga.

Ema, E., & Nayiroh, L. (2024). KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT MOBILISASI GERAKAN SOSIAL DI INDONESIA. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial Dan Informasi, 9(1).

Fachruddin, A. (2020). Journalism Today. Prenadamedia Group.

Fatmawati, F. (2021). Strategi Komunikasi dan Perencanaan Komunikasi. In A. Masruroh (Ed.), Komunikasi Korporat Teori dan Praktis. Widina Bhakti Persada.

Girsang, C. N., & Kartikawangi, D. (2021). Two-Way Symmetrical Communication Pattern: Company Strategy to Build Engagement Through Social Media. Jurnal Komunikasi, 13(2), 271. https://doi.org/10.24912/jk.v13i2.11191

Guntar, A., Ardhiani, O., & Fitriani, R. (2023). MEDIA EDUKASI: KOMUNIKASI LITERASI DIGITAL PADA AKUN INSTAGRAM @SIBERKREASI. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.35760/mkm.2023.v7i1.6542

Harahap, M. I. F. (2022, April 1). Sepatu, Alat Tempur & Harapan Isser “Whitey” James. Detikhot. https://hot.detik.com/culture/d-6011203/sepatu-alat-tempur-harapan-isser-whitey-james.

Haris, A., AB Rahman, A. Bin, & Wan Ahmad, W. I. (2019). Mengenal Gerakan Sosial dalam Perspektif Ilmu Sosial. Hasanuddin Journal of Sociology, 15–24. https://doi.org/10.31947/hjs.v1i1.6930

Hastrida, A., & Hendriyani. (2023). PENGARUH KOMUNIKASI DIALOGIS TERHADAP KEPERCAYAAN PADA PEMERINTAH. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 27(2), 141–160. https://doi.org/10.17933/jskm.2023.5144

Iskandar, D. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya (1st ed.). Maghza Pustaka.

James, I. W. (2022). Desain Sepatu Alas Tempuh. In Instagram. https://www.instagram.com/isser.whitey.james?igsh=MXJ3c2NqMmdiYzZnbg==

Kriyantono, R. (2014). TEORI-TEORI PUBLIC RELATIONS PERSPEKTIF BARAT & LOKAL: APLIKASI PENELITIAN DAN PRAKTIK. Kencana.

Kriyantono, R. (2017). Teori-teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik (2nd ed.). Kencana.

Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2017). THEORIES OF HUMAN COMMUNICATION Eleventh Edition (11th ed.). Waveland Press, Inc.

Manners Club. (2022, October 4). Alas tempuh 1000 sepatu, Eps 1. Jakarta “city of God” (ft.Tuan 13). YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=jM2xYAu-0pc

Pratiwi, M. A., Komariah, N., & Anwar, R. K. (2021). Strategi pemilihan komunikator dalam diseminasi informasi kesehatan melalui program “Waktu Belajar II” di TPST Bantar Gebang Bekasi. Informatio: Journal of Library and Information Science, 1(3), 295. https://doi.org/10.24198/inf.v1i3.35833

Sugiyono, S. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Information
PDF
460 times PDF : 286 times