HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN DETEKSI DINI PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK PRA SEKOLAH DI TK ASYIYAH BUSTANUL ATHFAL BALUNG

Meyla Eka Putri Maulida
Universitas dr. Soebandi
Indonesia
Asri Iman Sari
Universitas dr. Soebandi
Indonesia

Abstract

Penggunaan gadget pada anak usia pra sekolah selama lebih dari satu jam setiap hari dapat menyebabkan ketergantungan dan berdampak pada perkembangan emosional mereka. Kemampuan anak dalam mengenali dan mengelola emosi sangat penting ketika mereka mulai berinteraksi dengan lingkungan, yang akan memengaruhi perilaku mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan signifikan antara penggunaan gadget dan deteksi dini perkembangan emosional anak pra sekolah di TK ABA Balung. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain korelasional dan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian terdiri dari 36 wali murid, dengan sampel sebanyak 33 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Analisis univariat dilakukan dengan distribusi frekuensi dan persentase, sedangkan analisis bivariat menggunakan koefisien kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget terbagi secara merata dalam kategori baik, sedang, dan buruk (masing-masing 33,3%). Sementara itu, mayoritas anak (54,5%) terdeteksi mengalami gangguan emosional. Analisis chi-square menunjukkan nilai p (0,000) < α (0,05), yang berarti terdapat hubungan signifikan, dengan koefisien kontingensi sebesar 0,564 yang menunjukkan hubungan yang kuat. Kesimpulannya, terdapat korelasi yang kuat antara penggunaan gadget dan perkembangan emosional anak pra sekolah. Oleh karena itu, disarankan kepada orang tua untuk membatasi dan mengawasi penggunaan gadget pada anak guna mendukung perkembangan emosional yang sehat.

Keywords
Gadget; Deteksi Dini Perkembangan Emosional; Pra Sekolah
References

Wulandari D, Hermiati D. Deteksi Dini Gangguan Mental Dan Emosional Pada Anak Yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari. 2019 Nov 16;3(1):382–92.

Rachmaniah Ra, Adiningsih Bsu, Putri Th. Hubungan Gadget Addiction Dengan Mental Emosional Anak Usia Prasekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas Ii Pontianak. Mahesa : Malahayati Health Student Journal. 2023 Apr 29;3(3):662–78.

Deotama H, Lestari Gd. Hubungan Antara Tingkat Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Pg/Tk Asa Cendekia Pepe, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo. J+Plus Unesa. 2021;10:408–18.

Pardede R, Watini S. Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Di Tk Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai . 2021;5:4728–35.

Marta Dmm. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Bahasa Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Kabupaten Jember. 2019;

Agustin Rp, Saidah Q, Anggoro Sd, Huda N, Widayanti M, Priyantini D, Et Al. The Relationship Between The Use Of Gadget And Emotional Development Of Preschool Children. The Malaysian Journal Of Nursing. 2019;97–102.

Wulandari1 D, Lestari2 T. Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosi Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2021;5:1689–95.

Aryati T. Kontrol Sosial Orang Tua Kepada Anak Balita Dalam Penggunaan Gadget Di Desa Wukirsari Imogiri Bantul. 2017.

Mulyantari Ai, Romadhona N, Nuripah G, 10.Susanti Y, Respati T. Hubungan Kebiasaan Penggunaan Gadget Dengan Status Mental Emosional Pada Anak Usia Prasekolah [Internet]. Available From:Http://Ejournal.Unisba.Ac.Id/Index.Php/Jiks

Sapardi S. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Paud/Tk Islam Budi Mulia. Xii Jilid Ii. 2018;80.

American Academy Of Pediatrics. Announces New Recommendations For Children’s Media Use. J Pediatr. 2016;

Sukatin S, Chofifah N, Turiyana T, Paradise Mr, Azkia M, Ummah Sn. Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 2020 Jun 30;5(2):77–90.

Mashar R. Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya [Internet]. Cetakan Ke-3. Jakarta: Penerbit Kencana ; 2015 [Cited 2023 Oct 29]. Available From: Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Nt6Dwaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pp1&Dq=Karakteristik+Emosi&Ots=Hgzvw36pmc&Sig=Bkzeosqrjik0rufrk7ahuqhVeu&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Karakteristik%20emosi&F=False

Fitriahadi E, Priskila Y. Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Tinggede, Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah Indonesia. Jurnal Kesehatan 13 (2). 2020;183–91.

Iswidharmanjaya D, Agency B. Bila Si Kecil Bermain Gadget : Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Jakarta: Bisakimia; 2014. 7 P.

Rohmayani Ma. Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5tahun. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education. 2022 Jul 28;2(2).

Rahmadani E, Sutrisna M, Ramlis R, Studi P, Keperawatan I, Tri S, Et Al. Dampak Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Prasekolah. 2022;1(4):448–54. Available From: Https://Journal.Yp3a.Org/Index.Php/Sehatrakyat

Haruna Sr, Haerani H, Senggo’ Palayukan S, Ponseng Na, Rahmadani S. Factors Associated With Gadget Addiction In Children At Inpres Iii Elementary School Perumnas Antang Makassar City. Vol. 9, Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2022.

Information
PDF
469 times PDF : 193 times
Article Tools