ANALISIS USER EXPERIENCE PADA APLIKASI GET CONTACT MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION

Fhinka Hanifah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Lulu Mawaddah Wisudawati
Universitas Gunadarma
Indonesia

DOI: http://dx.doi.org/10.35760/ik.2023.v28i3.9192

Article Submitted: 26 August 2023

Article Published: 04 December 2023

Abstract
Pada bidang teknologi komunikasi penggunaan telepon atau SMS membantu dalam proses pengiriman pesan secara online. Get Contact merupakan sebuah aplikasi "Penyekat Spam" dan "Maklumat Pemanggil" untuk pengguna. Get Contact menapis panggilan yang mengganggu dan hanya membenarkan orang yang pengguna pilih untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Pengguna dapat mengenal panggilan diterima daripada nomor-nomor yang tidak didaftarkan dalam kenalan. Get Contact memberitahu dengan segera jika pengguna mendapat panggilan yang tidak diinginkan. Supaya pengguna mendapat perlindungan dari panggilan-panggilan robot, jurujual telefon dan panggilan-panggilan scam.. Pada penelitian ini, penulis melakukan analisis user experience pada aplikasi Get Contact dengan memperhatikan dari segi desain antarmuka dan segi pengalaman pengguna atau bisa juga disebut user interface dan user experience. Metode yang digunakan untuk analisis ini adalah Metode Heuristic Evaluation berdasarkan 10 prinsip milik Jacob Nielsen. Penelitian ini mengumpulkan data responden yang terdiri dari 20 pernyataan dan telah dibagikan kepada 100 responden yang menggunakan aplikasi Get Contact. Dalam pengolahan data penulis menggunakan Software IBM SPSS untuk melakukan pengujian validitas dan reliabilitas dari data responden. Hasil perhitungan mengunakan rumus deskriptif persentase menunjukan usability aplikasi Get Contact berdasarkan 10 prinsip Heuristic milik Jacob Nielsen masuk dalam kategori sangat baik mendapatkan nilai persentase usability sebesar 86.9% . Terdapat beberapa rekomendasi perbaikan salah satunya perbaikan tampilan pada halaman utama dengan menerapkan dua warna pada menu yang memiliki maksud dan kegunaan berbeda, dan terdapat perbaikan lainnya, dimana perubahan icon serta tata letak pada halaman profile dan halaman utama.
Keywords
Analisis; User Experience; Get Contact; Heuristic; Usability
References

Aziza Rahma, Ashari, Muhammad Habib. Android Dan Masa Depan : Analisis Dampak Terhadap Pengguna. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan 64 Pengabdian Masyarakat. Vol 1, No. 1, Agustus (2021).https://pusdikrapublishing.com/index.php/jesst/article/view/235

Novia Kurnia et al,. Penipuan Digital Di Indonesia Modus, Medium, dan Rekomendasi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada. (2022)

D. DARWIS, A. F. APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN PUSKESMAS DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. J. KOMPUTER DAN INFORMASI, (2020)159-170. https://journal.untar.ac.id/index.php/JKI/article/view/7198

Mendiola B. Wiryawan. User Experience (UX) sebagai bagian dari pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual, Humaniora, Vol. 2(No, 2), (2011). 1159,doi:https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3166

Quiñones, D., & Rusu, C. How To Develop Usability Heuristics: A Systematic Literature Review. Computer Standards And Interfaces, 53(March), 89–122. (2017). https://Doi.Org/10.1016/J.Csi.2017.03.009

U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 65–74. (2019)doi:https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2725

Siti Auliaddina, Adiva Arini Puteri, Iedam Fardian Anshori. PERBANDINGAN ANALISA USABILITY DESAIN USER INTERFACE PADA WEBSITE SHOPEE DAN BUKALAPAK MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. Technologia., Vol 12, No.3, Juli (2021).

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Amalia Putri, Aries Dwi Indriyanti. Evaluasi Usability Aplikasi BTN Mobile dengan Metode User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation. JEISI., Vol 3 No.2, (2022) ISSN 2774-3993

Iunike Kartika Dewi, Yusi Tyroni Mursityo, Rekyan Regasi Mardi Putri. Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taksi Perdana Menggunakan Metode Webuse dan Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Infomasi dan Ilmu Komputer. Vol. 2, No. 8, Agustus (2018). E-ISSN 2548-964X.

Aditya Kurniawan, Retno Indah R, Aditya Rachmadi. Evaluasi User Experience dengan Metode Heuristic Evaluation dan Persona (Studi pada : Situs Web Dalang Ki Purbo Asmoro). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 2, No. 8, Agustus (2018). http://j-ptiik.ub.ac.id

Hasyim, M., & Listiawan, T. “Penerapan Aplikasi IBM SPSS Untuk Analisis Data Bagi Pengajar Pondok Hidayatul Mubtadi’in Ngunut

Tulungagung Demi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kreativitas Karya Ilmiah Guru.” J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Msyarakat), Vol. 2(No. 1), 33. (2014).

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS. Edisi Keempat. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Kaplan, R.S. and Norton, D.P. (2001) Transforming the Balanced Scorecard from Performance Measurement to Strategic Management: Part I. Accounting Horizons, 15, 87-104.

http://dx.doi.org/10.2308/acch.2001.15.1.87

Information
PDF
968 times PDF : 753 times