SISTEM INFORMASI LAYANAN KOMPLAIN (HELPDESK) MAHASISWA TERHADAP DOSEN BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : UNIVERSITAS BINA DARMA)

Widya Cholil
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma
Indonesia
Ria Andryani
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma
Indonesia
Eva Yupika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma
Indonesia

DOI: http://dx.doi.org/10.35760/ik.2018.v23i2.2354

Article Submitted: 04 February 2020

Article Published: 05 February 2020

Abstract

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka proses belajar-mengajar di Universitas Bina Darma kini semakin cangih, proses pembelajaran telah didukung dengan sistem e-learning sebagai salah satu sistem penunjang atau proses pembelajaran, dan ada sesi belajar seperti ruangan kelas yang bergatian, mahasiswa yang datang dan menunggu di depan kelas jika dosen nya datang mahasiswa baru bisa masuk kelas,dan jika dosen tidak hadir tampa informasi terlebih dahulu ke mahasiswa dari situ lah mahasiswa sering komplain  kepada dosen, dosen yang datang terlambat, dosean yang jarang hadir, komplain mengenai nilai pada KHS mahasiswa nilainnya kosong ketika di cetak, KHS nilai yang salah, oleh karena itu perlu di rancang sistem informasi layanan komplain (helpdesk) mahasiswa terhadap dosen berbasis android yang nanti nya akan menyampaikan komplain dari mahasiswa kepada program studi sistem informasi.sistem ini juga akan memberikan notifikasi kepada mahasiswa dan pemerima komplain. Perancangan sistem ini menggunakan metode Rapid application Deveploment (RAD) dan Unifed Modeling Language (UML).

Keywords
Android, Komplain Mahasiswa, Metode RAD, Sistem layanan
References

S. Haag dan P. Keen, Information Technology, Tomorrow’s Advantage Today, McGraw-Hill, 1996.

M. S. Ferdiansyah., Mohammad Jasri, Widjianto, “Aplikasi Quick Response dalam Melayani Pengaduan Kerusakan Sarana STT Nurul Jadid Berbasis Android dan Web,” dalam Prosiding Sentia Politeknik Negeri Malang Volume 8, ISSN: 2085-2347, 2016.

Y. Aprilinda., 2016. “Pusat Penyampaian dan Pengaduan Civitas Akademika Berbasis SMS Gateway pada Universitas Bandar Lampung (UBL) dengan Konsep Service Oriented Architechture (SOA)”, Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, 2013.

O. Fajarianto, “Prototype Pelayanan Akademik Terhadap Komplain Mahasiswa berbasis Mobile,” Jurnal Lentera ICT Politeknik LP3I Jakarta Vol 3, No 1, 2016.

E. Kendall, Rapid Application Development (RAD), PT Indeks, Klaten, 2008.

S. Awati. M. Ramadhan, A. Firmansyah, dan K. Anwar, “Studi Analisis Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Matrik, 2017. DOI: 16. 20. 10.30812/matrik.v16i2.10.

Information
PDF
1137 times PDF : 696 times