PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE FASHION E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Ike Putri Kusumawijaya
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Cut Maisyarah Karyati
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Analisis kualitas website dibutuhkan untuk pengembangan kualitas website fashion e-commerce di masa mendatang dan sebagai feedback agar mengetahui kekurangan dan kelebihan dari masing-masing website dari perspektif pengguna akhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis website fashion e-commerce menggunakan metode WebQual 4.0. Objek penelitian ini adalah satu website perusahaan fashion e-commerce di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah daftar pertanyaan dengan pendekatan WebQual 4.0. Hasil analisis deskriptif untuk data penilaian kualitas terhadap setiap item pertanyaan. Kelompok pertanyaan paling tinggi meliputi reputasi yang baik, tampilan yang menarik, meningkatkan kompetensi atau persaingan, dan desain website sesuai dengan tipe website. Sebaliknya, kelompok pertanyaan yang memiliki nilai rendah meliputi nuansa komunitas, menciptakan rasa personal, informasi yang akurat, dan komunikasi dengan perusahaan.

 

Kata kunci: Analisis Deskriptif, Fashion E-Commerce, Kualitas Website, Kuesioner, WebQual 4.0

Information
PDF Tweet
1234 times PDF : 2063 times