ANALISIS KONTEN PADA MEDIA SOSIAL VIDEO YOUTUBE UNTUK MENDUKUNG STRATEGI KAMPANYE POLITIK
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
YouTube menyediakan mekanisme interaksi social untuk mendapatkan opini dan tontonan dari pengunjung melalui komentar, pemilihan, pemeringkatan, pemilihan favorit, pembagian rujukan, perujukan tayangan serta komentar positif dan negative yang diberikan oleh pengguna. Informasi ini penting dan berguna dalam mempelajari perlakuan pengguna dan masyarakat atas video dan tayangan yang ada pada media social seperti YouTube. Mekanisme Interaksi sosial dapat dikelompokkan menjadi struktur analisis sentiment pada video YouTube. Berdasarkan struktur ini, dapat dilakukan analisis terhadap popularitas level dari video dan kanal pada YouTube termasuk pula sentiment analisisnya. Tidak hanya dapat menganalisa komentar yang diberikan pada video, tapi juga termasuk semua aspek interaksi yang ada pada YouTube yang didapat melalui tayangan videonya. Karenanya, sentiment public terhadap informasi baik positif ataupun negative, dapat dikumpukan melalui analisa video atas kajian tema tertentu. Bahkan dari analisa ini, kita dapat menyimpulkan dampak negative ataupun positif yang dapat diakibatkan oleh tayangan video itu. Baik itu sentimen publik ataupun dampaknya baik positif ataupun negative, dapat digunakan untuk mendukung perencanaan strategi yang akan dilakukan pada pelaksanaan kampanye politik. Popularitas model dari calon yang diusung oleh partai politik tertentu, dapat dibentuk melalui pengamatan terhadap komentar yang diberikan, pilihan, pemeringkatan, jumlah share serta opini public atas aksi ataupun pernyataan yang dipublikasi oleh calon pada kampanye melalui video pada YouTube.
Kata kunci: analisis sentiment, YouTube, model popularitas, kampanye politik