ANALISIS MINAT BELI PRODUK FASHION MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (FREQUENT PATTEN GROWTH)

Tineka Handayani
STMIK IKMI CIREBON
Indonesia
Muhamad Aditya Sunaryo
STMIK IKMI CIREBON
Indonesia
Ade Rizki Rinaldi
STMIK IKMI CIREBON
Indonesia
Cep Lukman Rohmat
STMIK IKMI CIREBON
Indonesia

Abstract

Toko Sahabat Collection adalah toko pakaian yang menjual berbagai produk fashion dan memiliki data penjualan yang sangat besar. Penjualan produk fashion di toko ini sangat diminati oleh pelanggan. Penelitian mencakup informasi penjualan produk dari tahun 2021 hingga tahun 2022, termasuk tanggal transaksi, code produk, barcode, dan item produk. Langkah awal dalam penelitian ini melibatkan pemilihan data dengan memilih atribut yang relevan dan menghapus data yang tidak lengkap. Selanjutnya, data yang sudah divalidasi diubah menjadi format tabular. Proses selanjutnya melibatkan penerapan teknik data mining, seperti algoritma asosiasi rule, untuk meningkatkan target penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola minat beli produk yang diminati oleh pelanggan di toko sahabat collection yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti harga kualitas produk dan kebutuhan customer. Minat beli konsumen dianggap sebagai faktor kunci yang sangat penting dalam ruang lingkup bisnis, penelitian ini menerapkan metode data mining asosiasi, dengan fokus khusus pada algoritma FP-Growth, untuk menganalisis pola pembelian produk secara bersamaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 32 aturan dengan minimum support 0,1 dan confidence 0,8. Salah satu aturan terbaik yang dihasilkan adalah: jika pelanggan membeli Hijab Ar Rafi, Hijab Bergo Pita, dan Kaos Kaki Hitam Smp, maka kemungkinan besar mereka juga akan membeli Sepatu Nb K, support 0,105 (10%) dan Confidence 0,949 (94%).

Keywords
Association Rule; FP-Growth; E-commerce; Data Mining
References

A. A. Taufiq, U. Ungkawa, and N. Fitrianti, “PENERAPAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH,” FTI, 2022, [Online]. Available: https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fti/article/view/960

M. Fachry and F. R. Lubis, “PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APIORI UNTUK REKOMENDASI JENIS ROTI BAGI PELANGGAN,” Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi. scholar.archive.org, 2022. [Online]. Available: https://scholar.archive.org/work/xbslbndimvfhdefw7ujswg3k4m/access/wayback/https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/djtechno/article/download/2203/pdf

Erliyana, Odi nurdiawan, A. Irma Purnamasari, and I. Ali, “Analisa Penjualan Mobil Dengan Menggunakan Algoritma K-Means Di PT. Mulya Putra Kencana,” JDSI : Jurnal Data Science & Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 32–35, 2021.

Firmansyah and Odi Nurdiawan, “PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN-GROWTH UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PRODUK CHEMICALS,” 2023.

R. Amelia and D. P. Utomo, “ANALISA POLA PEMESANAN PRODUK MODERN TRADE INDEPENDENT DENGAN MENEREPAKAN ALGORITMA FP. GROWTH (STUDI KASUS: PT. ADAM DANI LESTARI),” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, Nov. 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1622.

S. Monalisa and A. S. Roza, “Penerapan Association Rules untuk Elemen Cross Selling Pada Sistem Informasi Customer Development,” Techno. Com, 2021, [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/technoc/article/view/4750

Syafi’i, Odi Nurdiawan, and Gifthera Dwilestari, “PENERAPAN MACHINE LEARNING UNTUK MENENTUKAN KELAYAKAN,” Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen , 2022.

M. Alvin et al., “Jurnal Restikom : Riset Teknik Informatika dan Komputer IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA,” vol. 2, no. 2, pp. 66–78, 2020, [Online]. Available: https://restikom.nusaputra.ac.id

M. Rizky, A. A. Ridha, and K. Prihandani, “Penentuan Paket Promosi Pakaian PT. D&C Production dengan Menggunakan Algoritma FP-Growth,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 177–186, Dec. 2021, doi: 10.29408/edumatic.v5i2.3714.

M. Walid and F. Halimiyah, “Klasifikasi Kemandirian Siswa SMA/MA Double Track Menggunakan Metode Naive Bayes,” Jurnal ICT : Information Communication & Technology, vol. 22, pp. 190–197, 2022.

S. Hasuna, W. Hastomo, E. Sestri, and ..., “Implementasi Association Rule & Frequent Pattern Growth Untuk Penentuan Sistem Rekomendasi Keputusan Pembelian,” Prosiding Seminar …. ejournal.jak-stik.ac.id, 2020. [Online]. Available: https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3283/541

B. Septia Pranata and D. Putro Utomo, “Bulletin of Information Technology (BIT) Penerapan Data Mining Algoritma FP-Growth Untuk Persediaan Sparepart Pada Bengkel Motor (Study Kasus Bengkel Sinar Service),” Bulletin of Information Technology (BIT), vol. 1, no. 2, pp. 83–91, 2020.

R. Fauzi, A. W. Aranski, N. Nopriadi, and E. Hutabri, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Pakaian dengan Algoritma FP-Growth,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 10, no. 2, p. 436, Apr. 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i2.5795.

Di. P. Mulya, “ANALISA DAN IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH DALAM SELEKSI PEMBELIAN TANAH LIAT (STUDI KASUS DI PT. ANVEVE ISMI BERJAYA),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 47–57, Jan. 2019, doi: 10.47233/jteksis.v1i1.6.

Washilaturrizqi and Odi Nurdiawan, “IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MENENTUKAN PENERIMA,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 2023

Information
PDF
133 times PDF : 78 times