Profil dan Perilaku Pengguna Internet di Jabodetabek
Abstract
Internet mempunyai potensi besar sebagai media pemasaran dan perdagangan. Dalam bidang perdagangan, perdagangan elektronik berkembang semakin cepat sebagai suatu bisnis dengan berbagai kemungkinan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji profil dan perilaku para pengguna internet dengan menggunakan sampel penelitian di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Jumlah responden penelitian adalah sebanyak 340 orang yang dipilih secara acak. Pengukuran profil dan perilaku pengguna Internet dilakukan dengan menggunakan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pengguna Internet di Jabodetabek yang mayoritas berada di Jakarta didominasi oleh pria pada usia produktif, berpendidikan tinggi, berstatus sebagai karyawan serta berpenghasilan menengah ke atas. Dilihat dari perilaku para pengguna Internet bahwa sebagian besar telah cukup berpengalaman menggunakan Internet, namun belum menjadi bagian pokok dari pekerjaan mereka. Akses internet yang mayoritas di kantor, terutama dilakukan untuk keperluan mencari (browsing) dengan tujuan utama membaca berita serta mencari informasi produk.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.