ANALISIS PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA SHOPEE MALL INDONESIA
Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
Indonesia
Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses keputusan pembelian online pada Shopee Mall di Indonesia selama Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dari 262 customer dan seller. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi perubahan proses keputusan pembelian online dari pengenalan kebutuhan sebagai proses pertama menjadi kedua. Hal ini disebabkan karena dimasa pandemi covid-19 dengan diberlakukannya work from home, learning from home, customer dan seller memiliki banyak waktu luang mencari sebanyak mungkin informasi dalam pemenuhan kebutuhannya. Pencarian informasi dalam memutuskan membeli suatu produk, melibatkan upaya dan waktu yang tidak terlalu besar, lebih mengandalkan pengetahuan pribadi dibandingkan dengan informasi dari luar. Peningkatan belanja online oleh customer Wanita yang didominasi mahasiswi yang berada di Provinsi DKI Jakarta untuk pembelian kosmetik, pakaian, dan sepatu. Dengan kemudahan pencarian informasi, perlu adanya edukasi cara berbelanja online yang baik, benar dan aman dari penipuan online shop, serta pemahaman hak-hak dan kewajiban mereka sebagai konsumen.
Keywords
References
Arikunto, S. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Astutik, Y. (2021, Maret 29). Begini perubahan pola belanja di toko online selama pandemi. Retrived from: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210329124334-37-233619/begini-perubahan-pola-belanja-di-toko-online-selama-pandemi
Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Forsythe, S., Liu, C., Shannon, D., & Gardner, L. C. (2006). Development of a scale to measure the perceived benefits and risks of online shopping. Journal of Interactive Marketing, 20(2), 55-75. doi:10.1002/dir.20061
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2020, November 24). Dampak pandemi, transaksi belanja online produk kosmetik naik 80%. Retrieved from https://kemenperin.go.id/artikel/22137/Dampak-Pandemi,-Transaksi-Belanja-Online-Produk-Kosmetik-Naik-80
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran (Vol. 2). (B. Molan, Penerj.) Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of marketing (12th ed.), (B. Sabran, Penerj.) Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (12th ed., Vol. 1 & 2). Jakarta: PT Indeks.
Ma'ruf, H. (2006). Pemasaran ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Neuman, W. L. (2015). Metodologi penelitian sosial: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jakarta: PT. Indeks.
Nurhayati. (2017). Belanja “Online” sebagai cara belanja di kalangan mahasiswa (Studi kajian budaya di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh). Aceh Anthropological Journal, 1(2), 1-22. Retrieved from https://ojs.unimal.ac.id/index.php/AAJ/article/download/1140/673
Octaviani, L., & Sudrajat, A. (2016). Fenomena perilaku belanja online sebagai alternatif pilihan konsumsi di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Paradigma, 4(3), 1-6. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/252448-fenomena-perilaku-belanja-online-sebagai-4013462c.pdf
Kontan. (2020, Desember 15). J&T express pecahkan rekor pengiriman tertinggi hingga 20 juta paket pada harbolnas 12.12. Retrieved from https://pressrelease.kontan.co.id/release/jt-express-pecahkan-rekor-pengiriman-tertinggi-hingga-20-juta-paket-pada-harbolnas-1212
Rahmiyati. (2021, Mei 6). Periode belanja online, J&T Express: Transaksi bisa naik 40 persen. Retrieved from
https://ekonomi.bisnis.com/read/20210506/98/1391369/periode-belanja-online-jt-express-transaksi-bisa-naik-40-persen
Rukmawati, D. R., & Dzulkarnain, I. (2015). Konstruksi kecantikan di kalangan wanita karier (Di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan). Dimensi, Journal of Sociology, 8(1), 1-16. Retrieved from
http://journal.trunojoyo.ac.id/dimensi/article/download/3722/2724
Sari, C. A. (2015). Perilaku berbelanja online di kalangan mahasiswi antropologi Universitas Airlangga. AntroUnairdotNet, IV(2), 205-216. Retrieved from http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-auna97cbdaabbfull.pdf
Sofyan, M. (2021, Mei 12). Perubahan proses keputusan belanja online di Indonesia. Retrieved from
https://www.kompasiana.com/mohammad49724/609a15998ede487ad158e5e2/perubahan-proses-keputusan-belanja-online-di-indonesia
Suharman. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui aplikasi online start-up di Kota Medan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 7(3), 259-280. Retrived from
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/23751/23406
Tawaf, T., & Alimin, K. (2012). Kebutuhan informasi manusia: Sebuah pendekatan kepustakaan. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 15(1), 50-59. Retrieved from
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/249/234
Uly, Y. A. (2020, November 25). Pandemi bikin transaksi belanja online produk kosmetik naik 80 persen. Retrieved from
https://money.kompas.com/read/2020/11/25/213300726/pandemi-bikin-transaksi-belanja-online-produk-kosmetik-naik-80-persen
Wiranata, A. T., & Hananto, A. (2020). Do website quality, fashion consciousness, and sales promotion increase impulse buying behavior of e-commerce buyers? Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 6(1), 74-85. doi:10.17358/ijbe.6.1.74
Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis pengaruh persepsi risiko, kualitas situs web, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce Shopee Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 1-11. Retrieved from
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/download/21024/19681