ANALISIS PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA SHOPEE MALL INDONESIA

Mohammad Sofyan
orcid
Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
Indonesia
Novianita Rulandari
Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
Indonesia
Yunita Sari
Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses keputusan pembelian online pada Shopee Mall di Indonesia selama Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dari 262 customer dan seller. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi perubahan proses keputusan pembelian online dari pengenalan kebutuhan sebagai proses pertama menjadi kedua. Hal ini disebabkan karena dimasa pandemi covid-19 dengan diberlakukannya work from home, learning from home, customer dan seller memiliki banyak waktu luang mencari sebanyak mungkin informasi dalam pemenuhan kebutuhannya. Pencarian informasi dalam memutuskan membeli suatu produk, melibatkan upaya dan waktu yang tidak terlalu besar, lebih mengandalkan pengetahuan pribadi dibandingkan dengan informasi dari luar. Peningkatan belanja online oleh customer Wanita yang didominasi mahasiswi yang berada di Provinsi DKI Jakarta untuk pembelian kosmetik, pakaian, dan sepatu. Dengan kemudahan pencarian informasi, perlu adanya edukasi cara berbelanja online yang baik, benar dan aman dari penipuan online shop, serta pemahaman hak-hak dan kewajiban mereka sebagai konsumen.

Keywords
Evaluasi Alternatif; Keputusan Pembelian; Pencarian Informasi; Pengenalan Kebutuhan; Perilaku Setelah Pembelian
References

Arikunto, S. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Astutik, Y. (2021, Maret 29). Begini perubahan pola belanja di toko online selama pandemi. Retrived from: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210329124334-37-233619/begini-perubahan-pola-belanja-di-toko-online-selama-pandemi

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Forsythe, S., Liu, C., Shannon, D., & Gardner, L. C. (2006). Development of a scale to measure the perceived benefits and risks of online shopping. Journal of Interactive Marketing, 20(2), 55-75. doi:10.1002/dir.20061

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2020, November 24). Dampak pandemi, transaksi belanja online produk kosmetik naik 80%. Retrieved from https://kemenperin.go.id/artikel/22137/Dampak-Pandemi,-Transaksi-Belanja-Online-Produk-Kosmetik-Naik-80

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran (Vol. 2). (B. Molan, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of marketing (12th ed.), (B. Sabran, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (12th ed., Vol. 1 & 2). Jakarta: PT Indeks.

Ma'ruf, H. (2006). Pemasaran ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Neuman, W. L. (2015). Metodologi penelitian sosial: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jakarta: PT. Indeks.

Nurhayati. (2017). Belanja “Online” sebagai cara belanja di kalangan mahasiswa (Studi kajian budaya di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh). Aceh Anthropological Journal, 1(2), 1-22. Retrieved from https://ojs.unimal.ac.id/index.php/AAJ/article/download/1140/673

Octaviani, L., & Sudrajat, A. (2016). Fenomena perilaku belanja online sebagai alternatif pilihan konsumsi di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Paradigma, 4(3), 1-6. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/252448-fenomena-perilaku-belanja-online-sebagai-4013462c.pdf

Kontan. (2020, Desember 15). J&T express pecahkan rekor pengiriman tertinggi hingga 20 juta paket pada harbolnas 12.12. Retrieved from https://pressrelease.kontan.co.id/release/jt-express-pecahkan-rekor-pengiriman-tertinggi-hingga-20-juta-paket-pada-harbolnas-1212

Rahmiyati. (2021, Mei 6). Periode belanja online, J&T Express: Transaksi bisa naik 40 persen. Retrieved from

https://ekonomi.bisnis.com/read/20210506/98/1391369/periode-belanja-online-jt-express-transaksi-bisa-naik-40-persen

Rukmawati, D. R., & Dzulkarnain, I. (2015). Konstruksi kecantikan di kalangan wanita karier (Di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan). Dimensi, Journal of Sociology, 8(1), 1-16. Retrieved from

http://journal.trunojoyo.ac.id/dimensi/article/download/3722/2724

Sari, C. A. (2015). Perilaku berbelanja online di kalangan mahasiswi antropologi Universitas Airlangga. AntroUnairdotNet, IV(2), 205-216. Retrieved from http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-auna97cbdaabbfull.pdf

Sofyan, M. (2021, Mei 12). Perubahan proses keputusan belanja online di Indonesia. Retrieved from

https://www.kompasiana.com/mohammad49724/609a15998ede487ad158e5e2/perubahan-proses-keputusan-belanja-online-di-indonesia

Suharman. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui aplikasi online start-up di Kota Medan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 7(3), 259-280. Retrived from

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/23751/23406

Tawaf, T., & Alimin, K. (2012). Kebutuhan informasi manusia: Sebuah pendekatan kepustakaan. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 15(1), 50-59. Retrieved from

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/249/234

Uly, Y. A. (2020, November 25). Pandemi bikin transaksi belanja online produk kosmetik naik 80 persen. Retrieved from

https://money.kompas.com/read/2020/11/25/213300726/pandemi-bikin-transaksi-belanja-online-produk-kosmetik-naik-80-persen

Wiranata, A. T., & Hananto, A. (2020). Do website quality, fashion consciousness, and sales promotion increase impulse buying behavior of e-commerce buyers? Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 6(1), 74-85. doi:10.17358/ijbe.6.1.74

Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis pengaruh persepsi risiko, kualitas situs web, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce Shopee Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 1-11. Retrieved from

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/download/21024/19681

Information
Cover Image
PDF
4103 times PDF : 5235 times