PERAN DARI STORE IMAGE DAN SERVICE QUALITY DALAM MENIMBULKAN MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA STUDIO PHOTO HARMONY CIANJUR

Muhamad Alvi Irpansyah
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran
Indonesia
Iwan Sukoco
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran
Indonesia
R. Anang Muftiadi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari citra merek dan kualitas pelayanan dalam meningkatkan minat beli ulang dari konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif. Probability sampling merupakan teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel dikumpulkan dari 186 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier berganda serta uji hipotesis dilakukan secara parsial dan simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh pengaruh antara store image terhadap minat beli ulang dan pengaruh antara service quality terhadap minat beli ulang. Pengaruh secara serentak antara citra merek dan kualitas pelayananan terhadap minat beli ulang sebesar 65,6 % dan dipengaruhi oleh variabel independen lainnya atau variabel yang tidak diteliti adalah sebesar 34,4%.

Keywords
Citra Toko; Kualitas Pelayanan; Minat Beli Ulang
References

Abbas, A., Afshan, G., Aslam, I. & Ewaz, L.(2018). The effect of celebrity endorsement on customer purchase intention : A comparative study. Current Economics and Management Research, 4(1), 1–10.

Almanda, M. I. (2015). Pengaruh brand personality sepatu Nike terhadap minat beli (Studi kasus pada mahasiswa fakultas komunikasi dan bisnis (Undergraduate's thesis). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat.

Amadea, C. (2017). Pengaruh e-service quality terhadap minat beli ulang konsumen online Zalora (Undergraduate's thesis). Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Jawa Barat.

Anastasia, A. R. (2018). Pengaruh store image terhadap minat beli konsumen pada Loka Supermarket Malang (Undergraduate's thesis). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.

Ferdinand, A. (2002). Kualitas strategi pemasaran: Sebuah studi pendahuluan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1(1), 107–119.

Fiona, D. R. (2019). Pengaruh promosi penjualan dan e-service quality terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan (Studi pada pelanggan Gopay di Jabodetabek). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 333–341.

Badan Pusat Statistik. (2016). Infografis ringkasan data statistik ekonomi kreatif Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Dharma, K.N.A. & Iskandar, D. (2017). Pengaruh celebrity endorser JKT48 terhadap minat beli konsumen IM3 play (Studi kasus pada pengunjung teater JKT48 periode 21 Februari 2016). e-Proceeding Management, 4(2), 1304-1311.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th Edition). England: Pearson Edition Limited.

Ma’ruf, H. (2005). Pemasaran ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mendika, S. G. (2017). Pengaruh brand image terhadap minat beli ulang oriflame studi kasus: Mahasiswi kampus 1 Universitas Sanata Dharma (Undergraduate's thesis). Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Pamungkas, A. (2014). Pengaruh kualitas produk, daya tarik iklan, dan celebrity endorser terhadap minat beli (Studi pada handphone merek Nokia)(Undergraduate's thesis). Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Prabowo, J. (2017). Pengaruh store image terhadap minat beli Rei outdoor gear Bandung: Survei pada komunitas pendaki Gunung Bandung (Undergraduate's thesis). Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Prabowo, Y. W. (2014). Pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli (Survei pada pengunjung 3second store di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 1–7.

Samad, A. (2014). Examining the impact of perceived service quality dimensions on repurchase intentions and word of mouth: A case from software industry of Pakistan. IOSR Journal of Business and Management, 16(I Ver. III), 37–41.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2006). Perilaku konsumen. Jakarta: Indeks.

Stephanie, E., Rumambi, L. J., & Kunto, S.Y. (2013). Analisa pengaruh Rio Dewanto dan Donita sebagai celebrity endorser terhadap minat beli produk Axe Anarchy dengan daya tarik iklan dan efek iklan sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–9.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan (kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa (Prinsip, penerapan, penelitian). Yogyakarta: Andi.

Wijayasari N., & Mahfudz. (2018). Pengaruh brand image, kualitas, persepsi harga dan variasi produk terhadap minat beli konsumen sarung Gajah Duduk di Kabupaten Pekalongan. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–9.

Vinda W., L. (2015). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli ulang (Studi pada Starbucks Semarang). Industrial Engineering Online Journal Diponegoro University, 4(4), 1-13.

Yusuf, I. N. Y. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli ulang di e-commerce Shopee (Undergraduate's thesis). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Information
Cover Image
PDF
388 times PDF : 353 times