PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN

Ati Harmoni
Gunadarma University
Indonesia
Ade Andriyani
gunadarma university
Indonesia

Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji informasi yang terjadi dalam laman
resmi perusahaan terkait CSR dan mengetahui penilaian konsumen mengenai bentuk
nyata CSR perusahaan. Sebagai contoh kasus dipilih PT. Unilever Indonesia Tbk.
Data primer dan sekunder digunakan dalam penelitian ini. Data primer diperoleh
melalui penyebaran kuesioner kepada 50 orang responden yang tinggal di kelurahan
Pasir Gunung Selatan, Cimanggis-Depok, yang menggunakan produk-produk
Unilever yang dipilih secara acak. Data sekunder berupa Sustainability Report
Unilever yang disajikan pada laman resmi perusahaan (http://www.unilever.co.id).
Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Penilaian konsumen terhadap CSR perusahaan akan dilihat dari tiga hal
utama yaitu hak konsumen, penetapan harga, dan etika perusahaan dalam beriklan.
Dari hasil analisis, disimpulkan bahwa dari 3 (tiga) variabel yaitu hak konsumen,
penetapan harga, dan etika dalam beriklan yang diukur, dengan 7 (tujuh) indikator
yang ada, sudah sepenuhnya sesuai dengan penilaian dari konsumen.

Information
PDF Tweet
703 times PDF : 2221 times