PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KERELASIAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH
Nandan Limakrisna
Gunadarma University
Indonesia
Gunadarma University
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh parsial dan simultan komunikasi
pemasaran dan relasi pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Objek penelitian
adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di bank Jabar Banten. Suatu survey
dilakukan untuk mengumpulkan data di kantor cabang Padalarang, dengan responden
adalah pengusaha UKM yang merupakan nasabah bank. Kuesioner menjadi
instrumen penelitian dan disebarkan kepada responden. Data yang terkumpul
dianalisis menggunakan uji statistik F dan t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
komunikasi pemasaran dan relasi pelanggan secara simultan mempengaruhi loyalitas
pelanggan. Relasi pelanggan memiliki pengaruh parsial yang paling dominan
terhadap loyalitas pelanggan.
pemasaran dan relasi pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Objek penelitian
adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di bank Jabar Banten. Suatu survey
dilakukan untuk mengumpulkan data di kantor cabang Padalarang, dengan responden
adalah pengusaha UKM yang merupakan nasabah bank. Kuesioner menjadi
instrumen penelitian dan disebarkan kepada responden. Data yang terkumpul
dianalisis menggunakan uji statistik F dan t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
komunikasi pemasaran dan relasi pelanggan secara simultan mempengaruhi loyalitas
pelanggan. Relasi pelanggan memiliki pengaruh parsial yang paling dominan
terhadap loyalitas pelanggan.