PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Herry Sussanto
Gunadarma University
Indonesia
Wido Damayanti
gunadarma university
Indonesia

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan dan
kualitas produk baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap loyalitas
konsumen. Penelitian mengambil studi kasus “Kebunku Nursery.” Metode analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Regresi Linear Berganda dengan
bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 16.0 dan
metode pengumpulan data berupa kuesioner dengan responden sebanyak 100 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan secara
parsial kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen, tetapi ada pengaruh yang
signifikan secara parsial kualitas produk terhadap loyalitas konsumen. Hasil juga
menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan secara bersama-sama kualitas
pelayanan dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen.

Information
PDF Tweet
1418 times PDF : 4970 times