PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN PENDIDIKAN TERHADAP PARTISIPASI ORANGTUA MURID DI SMA NEGERI 107 JAKARTA
Eli Solihat
Gunadarma University
Indonesia
Gunadarma University
Indonesia
Toto Sugiharto
gunadarma university
Indonesia
gunadarma university
Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh transparansi dan
akuntabilitas pengelolaan pendidikan terhadap tingkat partisipasi orangtua murid di
SMA Negeri 107 Jakarta, baik secara parsial maupun simultan. Metode survei
dikombinasikan dengan pendekatan hubungan kausal diterapkan dalam penelitian ini.
Penarikan sampel random terstratifikasi diterapkan dalam memilih 87 responden dari
populasi penelitian, yakni orangtua murid SMA Negeri 107 Jakarta yang berjumlah
693 orang. Data primer berupa persepsi responden tentang transparansi dan
akuntabilitas pengelolaan pendidikan serta kesediaan mereka untuk berpartisipasi
dalam mengelola pendidikan diukur dengan menggunakan kuesener yang telah diuji
tingkat kesahihan (validitas) dan kehandalannya (realibilitas). Analisis linier
berganda digunakan untuk menganalisis data. Kesimpulan yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah bahwa trasparansi dan akuntabilitas pengelolaan pendidikan
berpengaruh positif, baik secara simultan maupun parsial, terhadap tingkat
partisipasi orangtua murid di SMA Negeri 107 Jakarta.
akuntabilitas pengelolaan pendidikan terhadap tingkat partisipasi orangtua murid di
SMA Negeri 107 Jakarta, baik secara parsial maupun simultan. Metode survei
dikombinasikan dengan pendekatan hubungan kausal diterapkan dalam penelitian ini.
Penarikan sampel random terstratifikasi diterapkan dalam memilih 87 responden dari
populasi penelitian, yakni orangtua murid SMA Negeri 107 Jakarta yang berjumlah
693 orang. Data primer berupa persepsi responden tentang transparansi dan
akuntabilitas pengelolaan pendidikan serta kesediaan mereka untuk berpartisipasi
dalam mengelola pendidikan diukur dengan menggunakan kuesener yang telah diuji
tingkat kesahihan (validitas) dan kehandalannya (realibilitas). Analisis linier
berganda digunakan untuk menganalisis data. Kesimpulan yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah bahwa trasparansi dan akuntabilitas pengelolaan pendidikan
berpengaruh positif, baik secara simultan maupun parsial, terhadap tingkat
partisipasi orangtua murid di SMA Negeri 107 Jakarta.