ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMENGARUHI NIAT PENGGUNAAN APLIKASI PENGIRIMAN MAKANAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Kirana Novana
orcid
Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang
Indonesia
Aulia Fashanah Hadining
Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang
Indonesia
Rianita Puspa Sari
Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang
Indonesia

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menarik perhatian masyarakat karena dapat memudahkan aktivitas, salah satunya yaitu usaha food delivery yang kini dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone, atau dikenal dengan Aplikasi Pengiriman Makanan (APM). Namun, berbagai motif dibalik penggunaan APM (GrabFood dan Go-Food) belum diketahui secara pasti. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor eksternal yang mempengaruhi niat penggunaan APM. Selain itu hubungan antara external motivation variable dengan intention to use juga diselidiki. Terdapat empat variabel motivasi eksternal yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: quality control, convenience, listing dan search of restaurants. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 390 mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) yang menggunakan GrabFood maupun Go-Food. Berdasarkan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan IBM SPSS 25 menunjukkan terdapat dua variabel secara positif dan signifikan mempengaruhi niat penggunaan APM di Karawang, yaitu variabel convenience dan search of restaurants.

Keywords
Aplikasi Pengiriman Makanan (APM), Model Kegunaan dan Kepuasan, Niat Penggunaan; Regresi Linier
References

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 127-133.

Chang, C. C., & Chin, Y. C. (2011). Comparing consumer complaint responses to online and offline environment. Internet Research, 21(2), 124-137.

Cho, M., Bonn, M. A., & Li, J. (2019). Differences in perceptions about food delivery apps between single-person and multi-person households. International Journal of Hospitality Management, 77 (January), 108-116.

Correa, J. C., Garzón, W., Brooker, P., Sakarkar, G., Carranza, S. A., Yunado, L., & Rincón, A. (2019). Evaluation of collaborative consumption of food delivery services through web mining techniques. Journal of Retailing and Consumer Services, 46 (January), 45-50.

Dina, H. R. a. (2017). Analisis motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa calon guru fisika. Jurnal Kependidikan, 1(2), 335-348.

Ha, Y. W., Kim, J., Libaque-Saenz, C. F., Chang, Y., & Park, M.-C. (2015). Use and gratifications of mobile SNSs: Facebook and KakaoTalk in Korea. Journal of Telematics and Informatics, 32(3), 425-438.

Hadining, A. F. (2018). Determine the influenced factors of Facebook Ads Adoption by SMEs. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 304-307

Haryanto, A. T. (2018, 12 Maret 2018). 130 Juta Orang Indonesia Tercatat Aktif di Medsos. detik.com. Retrieved from https://inet.detik.com/cyberlife/d-3912429/130-juta-orang-indonesiatercatat-aktif-di-medsos

Hasanuddin, A. (2019). Perilaku dan preferensi konsumen millennial Indonesia terhadap Aplikasi E-Commerce 2019. Retrieved from Jakarta: file: PRESS-CON-BAHASA-E-COMMERCE-REPORT.pdf

Hicks, A., Comp, S., Horovitz, J., Hovarter, M., Miki, M., & Bevan, J. L. (2012). Why people use Yelp. com: An exploration of uses and gratifications. Computers in Human Behavior, 28(6), 2274-2279.

Hidayatullah, S., Devianti, R. C., & Wibowo, I. A. (2018). Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 6(2), 240-249.

Jatmiko, W., Santoso, H., Purbarani, S., Syulistyo, A., & Purnomo, D. (2015). Panduan penulisan artikel ilmiah. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kemenperin. (2019). Industri makanan dan minuman jadi sektor kampiun. kemenperin. Retrieved from https://kemenperin.go.id/artikel/20298/Industri-Makanan-dan-Minuman-Jadi-Sektor-Kampiun-

Lee, H., Lee, Y., & Yoo, D. (2000). The determinant of perceived quality and its relationship with satisfaction. Journal of Services Marketing, 14(3), 217-231.

Mundy, S. (2018). Competition heats up in India’s online food delivery market. Financial Times. Retrieved from https://www.ft.com/content/365617e6-f239-11e8-ae55-df4bf40f9d0d

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33-47.

Pigatto, G., Machado, J. G. d. C. F., Negreti, A. d S., & Machado, L. M. (2017). Have you chosen your request? Analysis of online food delivery companies in Brazil. British Food Journal, 119(3), 639-657.

Prayitno, P. (2018). Potret pengguna internet di Cirebon. liputan6.com. Retrieved from https://www.liputan6.com/regional/read/3398522/potret-pengguna-internet-di-cirebon

Ray, A., Dhir, A., Bala, P. K., & Kaur, P. (2019). Why do people use food delivery apps (FDA)? A uses and gratification theory perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 51(November), 221-230.

Sjahroeddin, F. (2018). The role of ES-Qual and food quality on customer satisfaction in online food delivery service. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 9, 551-558.

Sukarno, P. A. (2019). GoFood Rajai 75 persen pangsa pasar layanan pesan-antar makanan. ekonomi.bisnis.com. Retrieved from https://ekonomi.bisnis.com/read/20190921/12/1150954/gofood-rajai-75-persen-pangsa-pasar-layanan-pesan-antar-makanan

Suyitno, P. P. W., & Herlawati. (2015). Metode regresi linier berganda kualitas super member Supermall terhadap peningkatan jumlah pengunjung pada Supermall Karawang. Bina Insani ICT Journal, 2(2), 101-116.

Taufiqullah. (2020). Pengertian list. Retrieved from https://www.tneutron.net/mikro/pengertian-list/

Tumimbang, J. D.F., Lengkong, V. P., & Uhing, Y. (2016). Analisis servicescape, interaction quality, service convenience terhadap service quality pada beberapa minimarket di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1), 945-955. doi.org: 10.35794/emba.v4i1.11840

Utomo, D. A. (2013). Motif pengguna jejaring sosial Google+ di Indonesia. Jurnal e-komunikasi, 1(3), 147-156.

Wardoyo, & Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa Universitas Gunadarma. DAYA SAING: Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19(1), 12-26.

Zhang, Y., Fang, Y., Wei, K.-K., Ramsey, E., McCole, P., & Chen, H.(2011). Repurchase intention in B2C e-commerce—A relationship quality perspective. Information and Management, 48(6), 192-200.

Information
Cover Image
PDF
619 times PDF : 717 times