PERAN USAHA MAJU SUKSES BERSAMA (MSB) DALAM MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI INKLUSIF

Berliana Anggun Septiani
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
Indonesia
Dwike Chandraderia
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
Indonesia
Triska Andri Arini
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
Indonesia
Yulius Pratomo
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
Indonesia

Abstract

UMKM memiliki peranan penting dalam perkembangan perekonomian nasional  dan penyerapan tenaga kerja.  Proporsinya sebesar 99.99% dari keseluruhan pelaku  usaha yang ada di Indonesia, hal tersebut menjadikan UMKM sebagai tulang punggung  perekonomian, sehingga berperan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi inklusif di Indonesia (Bank Indonesia, 2015). Di era digital saat ini UMKM dituntut untuk bisa memanfaatkan peluang ekonomi dan meningkatkan daya saing.  Penelitian  ini menganalisis bagaimana peran sebuah UMKM berbasis digital yang bernama Maju Sukses Bersama (MSB)  dalam mencapai pertumbuhan ekonomi inklusif.  Pendekatan yang digunakan yaitu konsep Sustainable Development Goals  (SDGs), dari tujuh belas tujuan SDGs, hanya empat yang menjadi konsep penelitian ini. Metode yang  digunakan yaitu  analisis deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data diperoleh  melalui wawancara di Toko MSB, Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan MSB berpotensi  untuk dikembangkan dan dapat berperan dalam pertumbuhan ekonomi inklusif di Kota Salatiga. Meskipun belum sepenuhnya tercapai, namun MSB sudah mampu mengarah pada pertumbuhan ekonomi inklusif. MSB mampu berinovasi, meningkatkan peran industri dan pemanfaatan teknologi digital, menciptakan lapangan kerja yang layak. Namun banyak stakeholder  yang terlibat hanya dari dalam Kota Salatiga dan  peran perempuan  masih terlalu rendah. Sehingga MSB belum mampu mengentaskan kesenjangan antar wilayah, dibutuhkan pengembangan ke luar Salatiga, agar dampak positif MSB juga dapat dirasakan wilayah lain. 

Keywords
pertumbuhan ekonomi inklusif; teknologi digital; UMKM
References

Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani. (2017). E-Umkm: Aplikasi pemasaran produk UMKM berbasis Android sebagai strategi meningkatkan perekonomian Indonesia. Prosiding SNATIF Ke-4, 1, 11–16. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/1238/857

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui fasilitas pihak eksternal dan potensi internal. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295. Retrieved from http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/195

Balai Statistik Daerah (BAPPEDA DIY) dan Badan Pusat Statistik Provinsi DIY. (2016). Analisis pertumbuhan ekonomi inklusif Daerah Istimewa Yogyakarta 2011-2015. In E. N. Afifah & Y. S. Susilo (Eds.), Laporan Akhir BAPPEDA DIY (2011th–2025th ed.). Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwivhMHlu93pAhWMA3IKHf4nACEQFjAGegQIBxAB&url=http%3A%2F%2Fbappeda.jogjaprov.go.id%2Fdataku%2Fpublikasi%2Fdownload%2F20&usg=AOvVaw3tcrKAo38reKYKYa9LQd7K

Bank Indonesia. (2011). UMKM sehat bikin ekonomi kuat. Bank Indonesia, pp. 1–8. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&ved=2ahUKEwiA7dT-r_XjAhVGSX0KHZxvDkAQFjAGegQIBRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.bi.go.id%2Fid%2Fpublikasi%2Fgerai-info%2FDocuments%2F2817f2a2ea1d430483e14bff0a3b1134GIed13_apr2011_low.pdf&usg=AOvVaw0

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76. Retrieved from https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/article/viewFile/175/128

Fitriono, R. A. (2008). Kebijakan formulasi hukum pidana dalam melindungi transaksi e-commerce di Indonesia. Jurnal Law Reform, 6 No 1. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=17&ved=2ahUKEwj80-Kat_XjAhViH7cAHQUhDGUQFjAQegQIAxAC&url=https%3A%2F%2Fmedia.neliti.com%2Fmedia%2Fpublications%2F108424-ID-none.pdf&usg=AOvVaw2jL3E8esZBkinhQETtIgF9

Ishartono, & Raharjo, S. T. (2015). Sustainable Development Goals (SDGs) dan pengentasan kemiskinan. Social Work Jurnal, 6, 154–272. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=2ahUKEwjP0YDD48XnAhV4_XMBHdVGAVUQFjAAegQIAhAB&url=http%3A%2F%2Fjurnal.unpad.ac.id%2Fshare%2Farticle%2Fdownload%2F13198%2F6032&usg=AOvVaw0CIz-NwX3TvW8815z5r25o

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (2017). Data UMKM. Retrieved from http://www.depkop.go.id/data-umkm

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2015). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 (Vol. 1). Retrieved from https://www.bappenas.go.id/id/data-dan-informasi-utama/dokumen-perencanaan-dan-pelaksanaan/dokumen-rencana-pembangunan-nasional/rpjp-2005-2025/rpjmn-2015-2019/

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2018). Jumlah penduduk Indonesia mencapai 265 juta jiwa. Databoks, 1. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/05/18/2018-jumlah-penduduk-indonesia-mencapai-265-juta-jiwa

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2019). IDF 2019: Modernisasi UMKM atasi permasalahan masyarakat, bantu perekonomian Nasional. Kementerian PPN/Bappenas, 1. Retrieved from https://www.bappenas.go.id/id/berita-dan-siaran-pers/idf-2019-modernisasi-umkm-atasi-permasalahan-masyarakat-bantu-perekonomian-nasional/

Krisnawati, D. (2018). Peran perkembangan teknologi digital pada strategi pemasaran dan jalur distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1). Retrieved from http://ojs.ekonomiunkris.ac.id/index.php/JMBK/article/view/175/pdf

Lie, L., & Kis, I. (2008). Mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan program  program berbasis Knowledge Management. Dinamika Ekonomi, 1(1), 11–13. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/24484-ID-mendorong-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-dengan-program-program-berb.pdf

Ling, A. (2013). Pengelolaan dan pengembangan usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi deskriptif pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). AGORA, 1(1), 1-8.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, & Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2018). Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Koordinasi, Perencanaan, Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Retrieved from http://sdgs.bappenas.go.id/kerangka-hukum-koordinasi-pemantauan-evaluasi-dan-pelaporan-pelaksanaan-tujuan-pembangunan-berkelanjutan-tpbsdgs-permen-ppnkepala-bappenas-no-72018/

Publikasi dan Media Kementerian Pemberdayaan Perempuan, & dan Perlindungan Anak. (2019, October). Papua New Guinea belajar pemberdayaan ekonomi perempuan dari Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 1–2. Retrieved from https://kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2377/papua-new-guinea-belajar-pemberdayaan-ekonomi-perempuan-dari-indonesia

Putriana. (2012). Strategi penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol 15(2). Retrieved from http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/235

Saleh, B & Hadiyat, Y. D. (2016). Penggunaan teknologi informasi di kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di daerah perbatasan (Studi di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur). Pekommas, 1(2), 141–152. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/222344-none-bcda91dc.pdf

Sasana, H. (2009). Analisis dampak pertumbuhan ekonomi, kesenjangan antar daerah dan tenaga kerja terserap terhadap kesejahteraan di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 16(1), 50- 69.

Sekretariat Negara Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pub. L. No. 20, Otoritas Jasa Keuangan (2008). Retrieved from https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Pages/Undang-Undang-Republik-Indonesia-Nomor-20-Tahun-2008-Tentang-Usaha-Mikro,-Kecil,-dan-Menengah.aspx

Soleh, A., & Darwanto. (2012). Kontribusi dan daya saing ekspor sektor unggulan dalam perekonomian Jawa Tengah. Diponegoro Journal of Economics, 1(1), 1–13. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jme/article/view/145

Syamsulbahri, D. (2018). UMKM dalam perspektif pembiayaan inklusif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 26(1), 59–76. https://doi.org/10.14203/jep.26.1.2018.59-76

Wulansari, N., Wahyu, & Kurniawan, Y. (2017). Akselerasi pertumbuhan ekonomi melalui sinergi UMKM dan good governance di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis, 262–268. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/download/6719/4875/

Information
PDF
2599 times PDF : 1187 times