PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERSAING PRODUK UMKM DALAM MEMASUKI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Kartawan Kartawan
Indonesia
Lucky Radi Rinandiyana
Indonesia
Dian Kurniawan
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris pemahaman para pengusaha akan persaingan usaha di era Masyarakat ekonomi Asean (MEA), pentingnya pengendalian kualitas dan pengemasan, mengetahui  pengaruh  pengendalian kualitas dan pengemasan produk terhadap kemampuan bersaing. serta memperoleh  solusi untuk meningkatkan kemampuan bersaing produk UMKM  di era MEA. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data melaluiwawancarara dengan para pimpinan perusahaan dan pimpinan Inopak Institute serta pihak-pihak terkait, penyebaran kuesioner dan melakukan observasi langsung ke objek penelitian. Populasi penelitian adalah para pengusaha UMKM mitra kerja Inopak Institute, dengan sampel pengusaha UMKM yang berdomisili di Priangan Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian UMKM belum memahami bagaimana persaingan di era MEA, para UMKM telah menyadari pentingnya pengendalian kualuitas dan pengemasan produk, sehingga mereka telah menjalankannya walaupun belum optimal. Pengendalian kualitas dan pengemasan berpengaruh terhadap kemampuan bersaing.

 

Kata kunci: Kemampuan Bersaing, Pengendalian Kualitas, Pengemasan 

Information
PDF Tweet
1290 times PDF : 1225 times