STRATEGI BAURAN PROMOSI PAMERAN FRANCHISE DI JAKARTA
Program Studi Pariwisata Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Pameran merupakan salah satu bidang MICE yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dalam industri pariwisata. Keberlanjutan suatu pameran setiap tahun dengan jumlah kunjungan yang terus meningkat merupakan salah satu hal yang penting di perhatikan. Bauran promosi merupakan salah satu cara untuk dapat menarik tingkat kunjungan yang dapat dilakukan melalui iklan, promosi penjualan, penjualan langsung, penjualan personal dan public relations. Tujuan penelitian ini di harapakan dapat mengetahui strategi bauran promosi yang dapat membuat pameran dapat diselenggarakan berulang kali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara mendalam sehingga dapat memberikan gambaran strategi manajemen apa yang dilakukan pihak penyelenggara dalam melakukan bauran promosi yang telah terselenggara selama 14 kali khususnya di kota Jakarta. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bauran promosi yang paling efektif adalah iklan di koran dengan penayangan pada pekan penyelenggaraan.
Kata kunci : Strategi, Bauran Promosi, Pameran