EFEKTIVITAS IKLAN PADA JEJARING SOSIAL SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PEMASARAN BISNIS USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DENGAN MENGGUNAKAN METODE

Premita Lisawati
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas iklan melalui jejaring sosial yang diukur melalui metode EPIC. Produsen UKM dituntut untuk lebih kreatif dalam menetapkan strategi yang tepat bagi perusahaan sehingga dapat menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi produk mereka. Salah satu alternatif strategi yang dapat digunakan produsen UKM untuk mempertahankan eksistensinya di dunia bisnis dalam memasarkan produknya adalah iklan . Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, banyak produsen UKM yang mempromosikan produknya melalui iklan melalui media sosial. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi di beberapa Universitas seperti Universitas Gunadarma, BSI, IISIP, Universitas Jayabaya, LP3I dan Universitas Pancasila. Sampel yang diambil dalam  penelitan ini sebanyak 169 responden. Variabel yang diteliti untuk mengukur efektivitas adalah empati, persuasi, dampak dan komunikasi. Pengujian instrument meliputi uji validitas dan reliabilitas. Skala EPIC digunakan sebagai skala pengukuran. Alat analisis yang digunakan adalah analisis tabulasi sederhana dan skor rataan. Dari skor rataan pendapat responden atas pernyataan yang mengukur dimensi empati didapat hasil sebesar 3.73, dimensi persuasi sebesar 3.60, dimensi dampak sebesar 3.60, dan dari dimensi komunikasi sebesar 3.48 sehingga diperoleh nilai EPICrate sebesar 3.60. Nilai EPICrate 3.60 tersebut menunjukkan bahwa iklan produk melalui jejaring sosial dinilai sangat efektif.

 

Kata Kunci : efektifitas iklan, EPIC, jejaring sosial, UKM.

Information
PDF Tweet
2405 times PDF : 2636 times