PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA: ANALISIS DATA PANEL

Henny Medyawati
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Astri Sri Dayanti
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Salah satu parameter penting dalam mengukur kinerja manajemen adalah laba. Untuk menunjukan prestasi perusahaan dalam menghasilkan laba, manajemen cenderung mengelola laba secara oportunis dan melakukan manipulasi laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh asimetri informasi, ukuran perusahaan, earnings power (EP) terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Manajemen laba yang diproksi dengan discreationary accruals dihitung menggunakan model Jones. Asimetri informasi diproksi menggunakan relatif bid-ask spread. Ukuran perusahaan dihitung menggunakan total aset dan earnings power diproksi menggunakan net profit margin (NPM). Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan sektor properti dan real estate dari tahun 2010 sampai dengan 2014. Hasil analisis menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan, berpengaruh terhadap Manajemen Laba.

 

Kata kunci: Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Earnings Power, Manajemen Laba

Information
PDF Tweet
8369 times PDF : 9897 times