MENGHADAPI TANTANGAN: RITEL TRADISIONAL DI TENGAH DOMINASI RITEL MODERN

Apryanus Fallo
Widya Mandira Catholic University
Indonesia
Maria Augustin Lopes Amaral
Widya Mandira Catholic University
Indonesia
Engelbertus Gloria Christy Watu
Widya Mandira Catholic University
Indonesia

Abstract
Industri ritel di Indonesia terkelompok menjadi ritel modern dan tradisional yang memiliki perbedaan mencolok, baik dari segi fisik, sistem harga, modal, hingga metode pembayaran. Ritel modern berkembang pesat berkat kemajuan teknologi dan strategi pemasaran, sementara ritel tradisional mengalami penurunan akibat persaingan yang semakin ketat. Munculnya toko modern seperti Alfamart dan Indomaret di berbagai daerah, termasuk Kota Kupang, telah mengubah preferensi belanja masyarakat yang kini lebih memilih kenyamanan, pelayanan cepat, dan promo menarik dari ritel modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode kuantitatif dengan alat analisis SmartPLS, melibatkan 105 responden di Kota Kupang yang dipilih melalui teknik accidental sampling dan pengumpulan data dilakukan via Google Form dengan skala Likert 1–5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Experience dan Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli di ritel tradisional Kota Kupang, sementara Customer Knowledge berpengaruh positif namun tidak signifikan. Dengan mengembangkan pengetahuan yang lebih dalam tentang pelanggan, ritel dapat menciptakan pengalaman yang lebih relevan, meningkatkan loyalitas, dan pada akhirnya, mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Keywords
Pengalaman pelanggan; Kepuasan Pelanggan; Pengetahuan Pelanggan; Minat Beli
References

Aisyah, A. P., Nurhaepi, H. D., Khaerani, N., & Kusumadinata, A. A. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan e-commerce Tiktok Shop terhadap kepuasan konsumen. Karimah Tauhid, 1(6), 890–902.

Amaral, M. A. L., Klau, A. D., Ketmoen, A., Mau, I.T.B., & Taninhelon, D.D. (2024). Variasi kemasan Lontar, persepsi kemasan berkelanjutan, dan minat pembelian: Peran mediasi harga dalam pengambilan keputusan konsumen. Journal of Management and Digital Business, 4(3), 581–600. doi.org:10.53088/jmdb.v4i3.1219.

Ardani, S. S., Khairani, R., Alfaiz, D. N., & Nofirda, F. A. (2024). Analisis pengalaman konsumen, kepercayaan konsumen, kualitas produk terhadap perilaku konsumen pada TikTok Shop. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2913–2919.

Asmoro, I. P., & Tuti, M. (2023). Satisfaction with packaging and price to purchase decision and repurchase intention. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis, 6(1), 66–79. Retrieved from: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdmb

Bolton, R. N., McColl-Kennedy, J. R., Cheung, L., Gallan, A., Orsingher, C., Witell, L., & Zaki, M. (2018). Customer experience challenges: bringing together digital, physical and social realms. Journal of Service Management, 29(5), 776–808. doi.org:10.1108/JOSM-04-2018-0113

Colombo, S., & Hou, Z. (2021). Location-price equilibria when traditional retailers compete against an online retailer. Review of Industrial Organization, 59(3), 483–502. doi.org:10.1007/s11151-021-09814-1.

Dhingra, S., Gupta, S., & Bhatt, R. (2020). A study of relationship among service quality of E-Commerce websites, customer satisfaction, and purchase intention. International Journal of E-Business Research, 16(3), 42–59. doi.org:10.4018/IJEBR.2020070103.

Dwiyananda, O. M., & Mawardi, I. (2015). Pengaruh produk, harga, tempat, promosi ritel modern terhadap keberlangsungan usaha ritel tradisional di Gresik. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 2(9), 759-771. doi.org:10.20473/vol2iss20159pp759-771

Fallo, A., Amaral, M. A. L., Watu, E. G. C., & Goetha, S. (2025). Customer experience: Mediator utama dalam pembelian wifi Iconnet. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi (JASMIEN), 5(3), 2723–8121. Retrieved from: https://journal.cattleyadf.org/index.php/Jasmien/index

Felycia, N. L. P. M., & Genoveva, G. (2021). Analisis keputusan pembelian konsumen di toko tradisional dalam menghadapi pertumbuhan ritel modern. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 7(2), 141–152. doi.org:10.34203/jimfe.v7i2.3540.

Ferrinadewi, E. (2008). Pengaruh threat emotion konsumen dan brand trust pada keputusan pembelian produk susu Anlene di Surabaya. Peer-Reviewed Scientific e-Journal, 1(1), 23–34.

Hair, J.F, Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V.G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106-121.

Hastriana, A. Z., & Sari, F. (2025). Pengaruh brand awareness, brand image, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk baju Nibras. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 30(1), 68–84. doi.org:10.35760/eb.2025.v30i1.11946.

Heo, J., & Muralidharan, S. (2019). What triggers young millennials to purchase eco-friendly products?: The interrelationships among knowledge, perceived consumer effectiveness, and environmental concern. Journal of Marketing Communications, 25(4), 421–437. doi.org:10.1080/13527266.2017.1303623.

Indah, S., Soelistyo, A., & Suliswanto, M. S. W. (2019). Studi persaingan usaha toko ritel tradisional dan toko ritel modern di desa Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu KalSel. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 3(2), 285–292. doi.org:10.22219/jie.v3i2.8273.

Juliana, I., Safitri, N. L., & Fadillah, W. (2023). Konstruksi pedagang toko kelontong terhadap toko ritel modern Alfamart. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat dan Sosial, 1(1), 31-40.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of marketing (14th Ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew, T. H. (2010). The effects of shopping orientations, online trust and prior online purchase experience toward customers’ online purchase intention. International Business Research, 3(3), 63-76. doi.org:10.5539/ibr.v3n3p63.

Mardhiyah, A., & Safrin, F. A. (2021). Persaingan usaha warung tradisional dengan toko modern. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(1), 91-99. doi.org:10.26905/jbm.v8i1.5454.

Pebriani, W. V., Sumarwan, U., & Simanjuntak, M. (2018). The effect of lifestyle, perception, satisfaction, and preference on the online re-purchase intention. Independent Journal of Management & Production, 9(2), 545. doi.org:10.14807/ijmp.v9i2.690.

Raharjo, R. H. & Setiawan, A. H. (2015). Analisis pengaruh keberadaan minimarket modern terhadap kelangsungan usaha toko kelontong di sekitarnya (Studi kasus kawasan Semarang Barat, Banyumanik, Pedurungan Kota Semarang) (Undergraduate thesis). Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Rahmawati, K. N., & Sukaris. (2024). Pengaruh online customer review, customer experience dan trust terhadap keputusan beli ulang. Ekobistek, 13(4), 205-211.doi.org:10.35134/ekobistek.v13i4.856.

Sanusi, A., Kurnia, D., Hidayah, N., & Siringoringo, H. (2025). Faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan dompet digital Ovo untuk bertransaksi di Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 30(1), 1–11. doi.org/10.35760/eb.2025.v30i1.11298

Supriyanto, A., Wiyono, B. B., & Burhanuddin, B. (2021). Effects of service quality and customer satisfaction on loyalty of bank customers. Cogent Business and Management, 8(1), 1-17. doi.org:10.1080/23311975.2021.1937847.

Sya’diyah, L., & Handriana, T. (2024). Pengaruh brand trust pada perceived value dan perceived risk dampaknya terhadap purchase intention pada jasa ekspedisi JNE di marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 29(3), 519–533. doi.org:10.35760/eb.2024.v29i3.9780.

Utomo, T. J. (2011). Persaingan bisnis ritel: Tradisional vs modern (The competition of retail business : Traditional vs Modern). Fokus Ekonomi, 6(1), 122–133.

Wulandari, K.A., & Iriani, S.S. (2020). Store atmosphere dan gaya hidup hedonis sebagai penentu keputusan pembelian (Studi pada konsumen Rolag Kopi Kayoon Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 909-920.

Zane, C.K., & Lestari, I. (2024). Pengaruh product knowledge dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk Hanasui pada marketplace Shopee (Studi kasus pelanggan Hanasui di Kelurahan Tanjung Rejo Medan). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(1), 527-536. doi.org/10.30651/jms.v9i1.21978.

Zurani, I., & Amalia, W. E. (2022). Customer relationship management (CRM) strategy PT. Telkom the Riau Mainland telecommunication region in maintaining Indihome customer loyalty. Medium, 9(2), 306–320. doi.org:10.25299/medium.2021.vol9(2).10219

Management

Information
PDF
357 times PDF : 144 times