FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK
Universitas Gunadarma
Indonesia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Untuk mendapatkan sebuah barang masyarakat harus menggunakan sistem barter sebagai salah satu sistem transaksi dalam proses jual beli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, literasi digital, persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan keamanan terhadap keputusan generasi Z dalam menggunakan uang elektronik. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang sudah menggunakan uang elektronik lebih dari satu kali. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 112 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability dengan accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan, literasi digital, persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan keamanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan penggunaan. Variabel literasi digital, persepsi manfaat dan keamanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan penggunaan sedangkan variabel literasi keuangan dan persepsi kemudahan tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan generasi Z dalam menggunakan uang elektronik. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan uang elektronik pada generasi Z adalah variabel persepsi manfaat.
Keywords
References
Annisa, A., Syarifuddin, & Rura, Y. (2023). Analisis pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, dan risiko terhadap keputusan penggunaan uang elektronik berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Akrual: Jurnal Bisnis dan Akuntansi Kontemporer, 16(2), 133-144.
Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh kemudahan, fitur layanan, dan promosi terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 399-409.
Ardiansyah, I. (2022). Keputusan penggunaan OVO dalam transaksi pembayaran pada aplikasi Grab. UG JURNAL, 16(4), 12-13.
Astari, A.A.E., Yasa, N.N.K., Giantri, I.G.A.K., Sukaatmadja, I.P.G. (2023). Technology accepted model theory of planned behavior, dan fear of covid-19: Niat konsumen melanjutkan penggunaan dompet digital. Bali: CV. Intelektual Manifes Media.
Astuti, D. Y., & Mahmud, M. (2023). Pengaruh kemudahan penggunaan, manfaat, keamanan dan promosi terhadap keputusan penggunaan e-wallet OVO. Jurnal Mirai Management, 8(2), 414-430.
Azis, P. M. W., & Erna, S. (2024). Determinan penggunaan e-money pada mahasiswa program studi akuntansi. Economic Reviews Journal, 3(3), 2192-2199.
Bank Indonesia. (2020). Apa itu uang elektronik. Jakarta: Departemen Komunikasi Bank Indonesia.
Bank Indonesia. (2024). Sistem pembayaran dan infrastruktur pasar keuangan indonesia. Jakarta: Departemen Statistik Bank Indonesia.
Choerudin, A. (2023). Literasi keuangan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Efrianto, G., & Tresnawaty, N. (2021). Pengaruh privasi, keamanan, kepercayaan dan pengalaman terhadap penggunaan fintech di kalangan masyarakat Kabupaten Tangerang Banten. Jurnal Liabilitas, 6(1), 53-72.
Fadhilla, M. U., & Purwanto, E. N. (2022). The effect of digital literacy and perceptions of personal data security on the decision to use e-wallet as a payment system in msmes in the Jakarta area. Journal of Management and Energy Business, 2(2), 1-19.
Ferdiansyah, M. R., & Nur, D. I. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan e-wallet DANA pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN" Veteran" Jawa Timur. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7970-7978.
Handayani, Y., Hidayah, N., Kurnia, D., & Siringoringo, H. (2024). Pengaruh persepsi kemanfaatan, kemudahan dan faktor keamanan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik pada generasi Z. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 29(1), 164-174.
Iliyin, A., & Widiartanto, W. (2020). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi keamanan terhadap keputusan penggunaan OVO PT Visionet Data Internasional (Studi pada pengguna OVO di Kota Surakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 85-92.
Ismanto, H., Widiastuti, A., Muharam, H., Pangestuti, I. R. D., & Rofiq, F. (2019). Perbankan dan literasi keuangan. Yogyakarta: Deepublish.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. (Global Edition, 17th Edition). London: Pearson Education.
Lusiana, A., & Ichsanuddin, D. (2022). Analisis keputusan penggunaan ShopeePay mahasiswa manajemen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 8(3), 391-397.
Megaranto, A., & Madi, R. A. (2025). Persepsi manfaat, risiko, dan kepercayaan sebagai determinan keputusan penggunaan financial technology. HOMANIS: Jurnal Halu Oleo Manajemen dan Bisnis, 2(1), 18-29.
Munari, S. A., & Susanti, S. (2021). The effect of ease of transaction, digital literacy, and financial literacy on the use of e-banking. Economic Education Analysis Journal, 10(2), 298-309. doi.org:10.15294/eeaj.v10i2.39335.
Octaviola, R. A., & Digdowiseiso, K. (2023). The influence of online service quality, sales promotion, and perception of easy on the decision to use OVO e-wallet in National University FEB Students. Jurnal Syntax Admiration, 4(3), 431-445.
Pirdayanti, S. M. N., & Wiagustini, P. L. N. (2021). The influence of perceived risk, perceived of usefulness, and perceived ease of use on the use of financial technology. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(5), 428-436.
Populix. (2023). Gen Z & millennial report. Jakarta: PT Populix Informasi Teknologi.
Pradini, K. T., & Susanti, S. (2021). Pengaruh literasi keuangan, literasi digital, dan kemudahan penggunaan terhadap penggunaan mobile banking BCA, BNI, BRI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10(10), 859-872.
Putri, N. M. Y. N., Dewi, P. P. R. A., Kusuma, P. S. A. J., & Laksmi P, K. W. (2025). Pengaruh persepsi kemudahan, kemanfaatan, keamanan dan minat terhadap keputusan penggunaan QRIS pada generasi z di kota Denpasar. Jurnal Revenue: Jurnal Akuntansi, 5(2), 1843-1852. doi.org:10.46306/rev.v5i2.737.
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet pada mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157–168.
Rizal, C., Rosyidah, U.A., Yusnanto, T., Akbar, Muh. R., Hidayat, L….Asari, A. (2022). Literasi digital. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Rokhilawati, Y. (2025). Pengaruh daya tarik promosi cashback dan kemudahan transaksi terhadap keputusan menggunakan dompet digital Shopeepay sebagai digital payment. Jurnal Istiqro, 11(1), 80-95.
Sada, Y. M. V. K. (2022). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup dan lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan mahasiswa: pengaruh literasi keuangan, gaya hidup dan lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jurnal Literasi Akuntansi, 2(2), 86-99.
Safira, M. E., & Susanti. (2020). Pengaruh literasi keuangan, promosi uang elektronik, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan penggunaan uang elektronik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 4(2), 97-112.
Sawlani, D. K. (2021). Keputusan pembelian online: Kualitas website, keamanan dan kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Sugiarti, R., Suherman, E., & Khalida, L. R. (2024). Pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan BNI tapcash di penggemar NCTZEN pada grup Facebook. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 6073-6086.
Visual Kemenkeu. (n.d). Sejarah Oeang Republik Indonesia (ORI). Retrieved from https://visual.kemenkeu.go.id/sejarah-oeang.