Logo Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Universitas Gunadarma

JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS

Pengukuran Kinerja Layanan Perguruan Tinggi di Era Informasi: Analisis Konten dan Atribut Mutu Website Perguruan Tinggi

Noversyah Noversyah

Abstract

Perguruan Tinggi sudah mengalami tranformasi di era informasi melalui pemanfaatan internet sebagai media informasi dan moda pembelajaran dengan pendekatan baru. Internet telah menjadi salah satu media penting yang dapat membantu peningkatan popularitas perguruan tinggi dan alat diseminasi ilmu pengetahuan ke masyarakat. Popularitas tersebut berhubungan dengan kuantitas dan kualitas konten yang tersedia pada website perguruan tinggi. Ukuran yang digunakan untuk mengukur mutu pembuatan website tersebut meliputi jumlah halaman web, kekayaan fitur layanan, dan muara akhirnya adalah jumlah tautan dan jumlah kunjungan sebagai ukuran popularitas. Berbagai ukuran tersebut juga digunakan oleh pemeringkatan website perguruan tinggi di dunia seperti yang dilakukan  oleh Webometrics dan 4icu. Jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan Webometrics Edisi Juli 2011 sebanyak 149, dan peringkat atas di tingkat nasional didominasi oleh Perguruan Tinggi Negeri. Perguruan tinggi di Indonesia juga masih tertinggal di lingkungan ASEAN yang sepuluh besarnya dikuasai oleh Singapura, Malaysia, dan Thailand.

 

Kata kunci: webmetrics, webometric, 4icu, rich files, kualitas web

Full Text:

PDF

Article Metrics

Article view : 528 times
PDF : 512 times