Logo Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Universitas Gunadarma

JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS

PENGARUH VARIABEL ROA, BOPO, NPL DAN SBI TERHADAP FUNGSI INTERMEDIASI BANK PEMERINTAH DAN BANK ASING

Rachi Titi Ramadhani Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh variable ROA, BOPO, NPL, dan SBI terhadap konsistensi bank pemerintah maupun bank asing dalam menjalankan fungsi intermediasi, serta apakah terdapat kemungkinan adanya indikator lain yang mempengaruhi konsistensi bank dalam menjalankan fungsi intermediasinya selain ROA, NPL, BOPO, dan SBI.  Metode yang digunakan adalah pengumpulan data sekunder. Penggunaan metode ini untuk memperoleh data-data yang berupa perhitungan rasio keuangan (ROA, BOPO, NPL, dan SBI) dan besarnya dana pihak ketiga  yang berhasil dihimpun oleh bank, serta besarnya penyaluran kredit bank.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pendapatan operasional bank sebagian besar berasal dari pendapatan fee based, baik pada bank asing maupun pada bank pemerintah. Apabila bank menerapkan fungsi intermediasi maka seharusnya sebagian besar pendapatan operasional bank berasal dari pendapatan bunga kredit.

Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa bank tidak konsisten dalam menjalankan fungsi intermesianya dikarenakan bank lebih mengutamakan aktivitas fee based yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar walaupun memiliki resiko yang besar.

 

Kata Kunci : ROA, BOPO, NPL, SBI, intermediasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Article view : 497 times
PDF : 501 times