OPTIMALISASI MARKET ORIENTATION TERHADAP DAYA SAING YANG BERKELANJUTAN PADA UMKM TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN MELALUI ORIENTASI TEKNOLOGI
Universitas Borneo Tarakan
Indonesia
Abstract
Kabupaten Bulungan di Kalimantan Utara merespon era pasar bebas dan ekonomi digital melalui Kampung UKM Digital Tanjung Selor, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi tantangan teknologi dan persaingan global. Penelitian ini fokus mengenai pengaruh market orientation terhadap daya saing berkelanjutan UMKM Tanjung Selor, dengan menyoroti dampak positif langsung orientasi pasar dan orientasi teknologi. Temuan tersebut menguatkan konsep bahwa peningkatan orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan adopsi teknologi dapat signifikan meningkatkan keunggulan bersaing UMKM, termasuk pengaruh positif dan dominan orientasi pasar terhadap daya saing. Orientasi pelanggan dalam variabel orientasi pasar juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, menegaskan pentingnya memuaskan kebutuhan pelanggan. Selain itu, orientasi pasar juga memiliki dampak positif tidak langsung terhadap daya saing melalui orientasi teknologi, memperkuat peran inovasi teknologi dalam meningkatkan daya saing UMKM. Oleh karena itu, disarankan untuk terus meningkatkan orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan adopsi teknologi guna memperkuat daya saing dan keberlanjutan UMKM di masa depan.
Keywords
References
Astuti, I. Y., & Munir, M. (2022). Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan dalam mempengaruhi kinerja pemasaran di masa recovery pandemi COVID-19. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 15(2), 249–269. doi.org: 10.35508/jom.v15i2.6504.
BPS Kabupaten Bulungan. (2022). Kabupaten Bulungan dalam Angka Tahun 2022. Retrieved from: https://bulungankab.bps.go.id/id/publication/2022/02/25/2875da4f9d8b53b60289e98c/kabupaten-bulungan-dalam-angka-2022.html.
D’Attoma, I., & Ieva, M. (2020). Determinants of technological innovation success and failure: Does marketing innovation matter? Industrial Marketing Management, 91, 64–81. doi.org: 10.1016/j.indmarman.2020.08.015
Dana, L.-P., Salamzadeh, A., Mortazavi, S., & Hadizadeh, M. (2022). Investigating the impact of international markets and new digital technologies on business innovation in emerging markets. Sustainability, 14(2), 983-998. doi.org: 10.3390/su14020983.
Das, T. K., & Teng, B. (2000). A resource-based theory of strategic alliances. Journal of Management, 26(1), 31–61. doi.org: 10.1177/014920630002600105.
Dewi, M. U. (2022). Peran UMKM dalam e-commerce. Retrieved from: http://sistem-informasi-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/PERAN-UMKM-DALAM-E-COMMERCE/86ff54804ee5e573d8453180b5356500b00abbad
Fahrunsyah (2021) Peta Potensi dan Peluang Usaha Kabupaten. Retrived from: https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/26979/all_peta%20potensi%20bulungan.pdf?sequence=2.
Hafni, R., & Rozali, A. (2015). Analisis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 15(2), 77–96. doi.org:10.30596/ekonomikawan.v15i2.1034
Hair, J. F., Hollingsworth, C. L., Randolph, A. B., & Chong, A. Y. L. (2017). An updated and expanded assessment of PLS-SEM in information systems research. Industrial Management & Data Systems, 117(3), 442–458. doi.org:10.1108/IMDS-04-2016-0130.
Horvathová, J., & Mokrisova, M. (2020). Business competitiveness, its financial and economic parameters. Montenegrin Journal of Economics, 16(1), 139–153. doi.org:10.14254/1800-5845/2020.16-1.9
Fuadi, D. K., & Padmantyo, S. (2024). Pengaruh brand credibility, influencer credibility dan brand experience terhadap keputusan membeli dengan mediasi brand attitude. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(2), 976-993. doi.org: 10.31955/mea.v8i2.4102.
Mastang, A. (2018). Penerapan akuntansi pada Kantor Desa Sappa Kecamatan Belawa (Undergraduate Thesis). Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia. Retrived from: http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10.
Matsuno, K., & Mentzer, J. (2015). Market orientation: Reconciliation of two conceptualizations. Proceedings of the Academy of Marketing Science Annual Conference, 49-55. doi.org:10.1007/978-3-319-13147-4_17.
Min, S., & Kim, N. (2021). Competitive imitation strategy for new product-market success. Australasian Marketing Journal, 31(2), 112-123. doi.org:10.1177/18393349211047929.
Nurjanah, N., & Nugroho, E. (2022). Dorong pertumbuhan UMKM di Bulungan. Retrieved from: https://korankaltara.com/dorong-pertumbuhan-umkm-di-bulungan
Nurpratama, M., Sonjaya, N. S., Yudianto, A., & Agung, I. (2024). Studi orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Indramayu. Journal for the Economics, Management and Technology, 8(3), 822–831. doi.org: 10.35870/emt.v8i3.2406.
Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada UKM di jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis Analisis, Prediksi, dan Informasi, 21(2), 178-188. doi.org:10.30736/je.v21i2.510.
Ritonga, M. S. (2022). Analisis pengaruh orientasi teknologi dan inovasi terhadap kinerja perusahaan PT. Telkom Indonesia Tbk. (Master Thesis). Universitas Gadjah Mada, Indonesia. Retrieved from: https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/209117
Silalahi, A.P.B., & Tresani, N. (2021). Peran kinerja terknologi informasi dan inovasi teknologi terhadap keunggulan daya saing berkelanjutan (Studi kasus PT Total Bangun Persada,Tbk). Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan 5(2), 195-200. doi.org: 10.24912/jmbk.v5i2.11231.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, S., Kuraesin, A. D., Siminto, S., Irawansyah, I., & Ausat, A. M. A. (2023). The role of information technology in driving innovation and entrepreneurial business growth. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 586-597. doi.org: 10.33395/jmp.v12i1.12463
Usai, A., Fiano, F., Petruzzelli, A., Paoloni, P., Briamonte, M., & Orlando, B. (2021). Unveiling the impact of the adoption of digital technologies on firms’ innovation performance. Journal of Business Research, 133, 327-336. doi.org:10.1016/j.jbusres.2021.04.035
Yaqub, M. Z., Yaqub, R.M.S., Alsabban, A., Baig, F. J., & Bajaba, S. (2024). Market-orientation, entrepreneurial-orientation and SMEs’ performance: the mediating roles of marketing capabilities and competitive strategies. Journal of Organizational Effectiveness: People and Performance. doi.org: 10.1108/joepp-05-2024-0206.
Yolanda, C., & Hasanah, U. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(3), 170-186. doi.org: 10.36490/jmdb.v2i3.1147.