EFEKTIVITAS STRATEGI CITRA MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP WORD OF MOUTH DAN MINAT MAHASISWA BARU PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Indonesia
Abstract
Berkurangnya minat mahasiswa memasuki sebuah program studi telah menyebabkan 30% perguruan tinggi swasta dinyatakan tidak sehat. Ada faktor internal dan eksternal yang menjadi penyebabnya. Berbagai strategi telah dilakukan untuk menyelesaikan problem ini. Penelitian ini mengkaji efektifitas membangun brand image dan kualitas layanan sebagai strategi marketing untuk meningkatkan minat mahasiswa memilih Program Studi Teknologi Industri Pertanian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuisioner berbasis skala Likert. Indikator citra merek meliputi lingkungan pembelajaran, praktikular dan legalitas. Indikator kualitas layanan meliputi keandalan, tangibles, daya tanggap, jaminan dan empathy. Indikator word of mouth meliputi tools, talkers, tracking, topik dan taking apart. Indikator minat mahasiswa baru meliputi attention, interest, desire dan action. Dari 100 responden mahasiswa aktif didapatkan hasil bahwa mean total seluruh indikator masuk kategori tinggi. Uji factor loading memberikan hasil valid. Uji goodness of fit menyatakan seluruhnya masuk kategori fit. Ada dua hasil uji hipotesis menyatakan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa, yaitu citra merek dan kualitas layanan. Hipotesis ini bisa diterima jika melalui variabel intervening word of mouth. Temuan ini memberikan saran praktis bahwa minat calon mahasiswa baru akan terpengaruh dan terbentuk jika kualitas layanan dan citra merek ini tersampaikan melalui word of mouth, baik secara konvensional ataupun secara digital.
Keywords
References
Anonym. (2023). Perguruan Tinggi Swasta Berjibaku Menarik Calon Mahasiswa Baru, kompas online, 2 Okt 2023.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2020). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE.
Chandra, T., Chandra, S., dan Hafni, L. (2020), Service Quality, Consumer Satisfactio dan Consumer Loyalty: Tinjauan Teoritis. International Research and Development for Human Being (IRDH), Malang.
Dunja, M. (2017). Service Quality, Students Satisfaction and Behavioral Intentions in STEM and IC Higher Education Institutions. Journal INDECS, Vol 15 No 1, p 66-77.
Fitriani, N. (2018). The Effect of Service Quality and Customer Satisfaction Towards Establisment on Higher Education Student Word of Mouth in Private College Jakarta. Jurnal Manajemen Indonesia, Vol 18 No 1, p 40-51.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Granovetter, Wenlin Liu. (2017). Social Network Theory. John Wiley, Singapore.
Has, D. F. S., Ariestiningsih, E. S., & Cahyadi, N. (2020). Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan dan Kinerja Dosen Dalam Peningkatan Mutu Terhadap Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Bahasa Indonesia:4(1), 98-105.
Hasanah, N. (2020). Penerapan 7P sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi Islam. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 4(2), 235-252.
Hendrayana, Sucitra, A., Maesaroh, I., dan Taryana, D. (2015) Pengaruh Experiental Marketing dan Citra Universitas Terbuka Terhadap Word of Mouth Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 12 No 2, p 215-226.
Irawan & handy. (2020). Riset Pemasaran, Marketing & Survey One.
Joesiyana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee di Pekanbaru. Jurnal Valuta, Vol 4 No 1, p 71-85.
Kelman, Davlembayeva, D. & Papagiannidis, S. (2024). Social Influence Theory: A review. In S. Papagiannidis (Ed), Theory Hub Book. Available at https://open.ncl.ac.uk / ISBN: 9781739604400.
Lagautu, J., Soegoto, A. S., dan Sepang, J. L. (2019) Influence of Company Images, Quality of Services and Consumer Perceptions on Purchase Decisions in PT. Department Store Mantos, Jurnal Emba, Vol.7 No.1 Januari 2019, Hal. 751-760.
Latief, R. (2018). Word of Mouth Communication: Penjualan Produk. Media Sahabat Cendekia, Surabaya.
Lubis dan Hidayat. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada STIM Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 5 No 1, p 15-24.
Mahardika, I M. N. O. (2020). Kualitas Layanan dan Citra Lembaga Terhadap Word of Mouth Mahasiswa STAHN Gde Puja Mataram, Busines Management Analysis Journal (BMAJ), Vol 3 No 1, p 46-57.
Masduki, Prihartini, E., dan Abdullah, D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 4 Nomor 1 Tahun 2023.
Novianti, Azizatun, R., Arifin, R., dan Hufron, M. (2019) Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Membeli Secara Online Pada Situs Zalora. (Studi Mahasiswa Kos Perumahan Griya Shanta Eksekutif Malang). Jurnal JRM, Vol 8 No 17, p 60-76.
Oliver, R. L. (1999). Whence Consumer Loyalty? Journal of Marketing, Vol 63 No 1 p 33-44.
Priansa, D. J. (2016) Pengaruh E-Worm dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Konsumen untuk Berbelanja Online di Lazada, Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, Vol 4 No 1, p 117-124.
Rogers, E. (2003). Diffusion of Innovations. 5th edition, Free Pres, Singapore.
Ruhamak dan Husniati. (2018) Pengaruh Word of Mouth, Minat Konsumen dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen. Studi Kasus pada Lembaga Kursus di Area Kampung Inggris Kediri. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri (Ekonika), Vol 3 No 2, p 118-135.
Sawaji, J. (2019) Dampak Citra Perguruan Tinggi Guna Meningkatkan Motivasi, Sikap, dan Pengembangan Keputusan Mahasiswa Memilih PTS di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), Vol 6 No 2, p 69-76.
Semaun, S. (2019). Penentu Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Negeri. BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Bahasa Indonesia, 1(1), 110-132.
Sudirman, A. (editor). (2020). Brand Marketing: The Art of Branding. Media Sains Indonesia, Bandung.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Tamba, Imelda, Dabur, F., dan Ester. (2020). Kualitas Pelayanan dan Promosi Mempengaruhi Keputusan Mahasiwa Kuliah di STIE Bentara Persada Batam, Jurnal Ensiklopedia Social Review (ESR), Vol 2, No. 1, p 94-98.
Tjiptono dan Chandra. (2016). Service, Quality dan Satisfaction, edisi keempat, Andi Offset, Yogyakarta.
Wono, H.Y. & Aji, I.D.K. (2020). Preferensi Komunikasi Pemasaran Terpadu Perguruan Tinggi di Surabaya Pada Era Posmoderen. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi Bahasa Indonesia, 6(02), 171-186.
Informatics, Engineering Faculty, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya