AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ATAS IMPLEMENTASI ANGGARAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SLEMAN YOGYAKARTA

Ana Andriyana
STIE SBI Yogyakarta
Indonesia
Sukatni Sukatni
STIE SBI Yogyakarta
Indonesia
Aulia Rizky Rachmadina
STIE SBI Yogyakarta
Indonesia
Bagas Ilham Wibiyanto
STIE SBI Yogyakarta
Indonesia
Taufan Adi Kurniawan
STIE SBI Yogyakarta
Indonesia

Abstract

Pemerintah Indonesia memberikan dana bantuan pendidikan pada sekolah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 dengan turunan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah negeri dan swasta. Data menunjukkan adanya peningkatan sebanyak 4% per tahun dari 2017-2022, hingga September 2021 terdapat 52 kasus korupsi dana BOS. Pada tahun 2022 terungkap di Yogyakarta terdapat kasus dana BOS yang menunjukkan penggunaan dana BOS tidak sepenuhnya untuk keperluan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kompetensi SDM, teknologi informasi dan sistem pengendalian intern terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja Dana BOS, dan menguji secara empiris pengaruh implementasi anggaran berbasis kinerja Dana BOS terhadap akuntabilitas kinerja dan transparansi pengelolaan dana BOS. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan stratified purposive sample method, sampel 37 responden dari 21 sekolah yang kemudian diolah menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi SDM, teknologi informasi dan sistem pengendalian intern tidak berpengaruh secara positif terhadap anggaran berbasis kinerja. Anggaran berbasis kinerja berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja dan transparansi.

Keywords
Dana BOS; Implementasi Anggaran; Akuntabilitas Kinerja; Transparansi
References

Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta :Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2023). Angka partisipasi sekolah (APS) menurut provinsi 2021-2023. Retrieved from: https://www.bps.go.id/id/statisticstable/2/MzAxIzI=/angka-partisipasi-sekolah---a-p-s--.html.

Binawati, E. (2015). Implementasi anggaran berbasis kinerja dan akuntabilitas sektor publik studi pada Pemerintah DIY. Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akutansi, 18(1), 1-19. doi.org: 10.35591/wahana.v18i1.98

Choiriah, S. (2019). Effectiveness of internal control, good governance, and ethics on budgetary discipline. Scholars Bulletin, 05(12), 815–822. doi.org:10.36348/sb.2019.v05i12.017

Danila, O., Ibrahim, R., & Abdullah, S. (2019). Analisis determinan implementasi anggaran berbasis kinerja dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Satuan Kerja Perangkat Kabupeten (SKPK) di Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(1), 82–94. doi.org: 10.24815/jped.v4i1.10925

Dewi, M. W., & Pratiwi, D. N. (2024). Pengaruh akuntabilitas, pengawasan dan transparansi terhadap efektivitas pengelolaan Dana Bantuan Operasioanal Sekolah (BOS) pada SMK Negeri 1 Mojosongo. Jurnal Ilmiah Keuangan Akuntansi Bisnis, 3(1), 456-463. doi.org: 10.53088/jikab.v3i1.93

Gowasa, L., Subhilhar, S., & Suriadi, A. (2021). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap implementasi anggaran yang berbasis kinerja. Governance: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan, 7(2), 54-60. doi.org: 10.56015/governance.v7i2.25

Hamid, R. S. (2019). Structural equational modeling (SEM) berbasis varian. Jakarta Pusat: PT Inkubator Penulis Indonesia.

Hartono, J. & Abdillah, W. (2015). Konsep dan aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk penelitian empiris. Yogyakarta: BPFE.

Indonesia Corruption Watch. (2021). Tren penindakan korupsi sektor pendidika: Pendidikan di tengah kepungan korupsi. Retrieved from https://antikorupsi.org/id/article/tren-penindakan-korupsi-sektor-pendidikan-pendidikan-di-tengah-kepungan-korupsi.

Kusnandar, V. B. (2021). Anggaran BOS, BOP PAUD, dan BOP pendidikan kesetaraan (2016-2022). Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/pendidikan/statistik/5937661729afa8f/dana-bos-meningkat-08-menjadi-rp-5391-triliun-pada-2022.

Mantiri, R., Rumate, V. A., & Kawung, G. M. V. (2019). Pengaruh perencanaan anggaran, kompetensi pegawai dan teknologi informasi terhadap kinerja anggaran pada Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(7), 67–85. doi.org: 10.35794/jpekd.19899.19.7.2018

Nurhayati, Arifuddin, Akib, M., Suriadi, L. O., Natsir, M., & Indrijawati, A. (2023). Akuntabilitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah pada sekolah menengah pertama di Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan (JPEP), 8(22), 38–51.

Pebriani, NN, Kepramareni, P., & Yuliastuti, IAN (2021). Pengaruh tekanan eksternal ketidakpastian lingkungan komitmen manajemen dan pelaksanaan anggaran berbasis kinerja terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1 (6), 2131-2140.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk teknis pengelolaan dana bantuan operasional sekolah reguler

Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 tentang wajib belajar

Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2005 pada Pasal 10 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP)

Ratmono, D., & Suryani, R. (2016). Anteseden dan konsekuensi keberhasilan implementasi performance-based budgeting pada pemerintah daerah. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 20(1), 14-26. doi.org: 10.20885/jaai.vol20.iss1.art2

Safitri, F. R., & Binawati, E. (2024). Good School Governance (GSG) on the management of School Operational Assistance (SOA) funds at Bhaktikarya State Elementary School, Sleman, Yogyakarta. International Students’ Conference on Accounting & Business, 3(19), 1–12.

Sekretariat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. (2024). Laporan penyaluran. Retrieved from: https://bos.kemdikbud.go.id/rekap/penyaluran.

Solihantara, R. (2021). Kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, dan pemanfaatan teknologi informasi pengaruhnya terhadap kualitas laporan keuangan (Undergraduate thesis). STIE Malangkucecwara. Retrieved from https://repository.stie-mce.ac.id/1344/

Subarkah, L. (2022). 4 tahun korupsi BOS nyaris Rp300 Juta, kepala sekolah dan bendahara SMK di Sleman Ditahan. Retrieved from https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2022/10/07/512/1114008/4-tahun-korupsi-bos-nyaris-rp300-juta-kepala-sekolah-dan-bendahara-smk-di-sleman

Undang-undang No 20 Tahun 2003 pasal 48 tentang pengelolaan dana pendidikan.

UU RI No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Wahyulina, S., & Inapty, B. A. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan dan sistem pengendalian intern terhadap anggaran berbasis kinerja pada BLU Universitas Mataram. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 1(2), 165-189. doi.org: 10.26486/jramb.v1i2.203

Wardani, N. D., & Silvia, D. (2021). Pengaruh anggaran berbasis kinerja dan kejelasan sasaran anggaran terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Lampung. Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 6(1), 47–56. doi.org:10.35968/jbau.v6i1.625

Yulyanti, Y., Rakib, M., & Rahman, N. (2022). Pengaruh aplikasi rencana kerja anggaran sekolah terhadap akuntabilitas dan transparansi dana BOS. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6 (1), 251-259. doi.org: 10.33578/pjr.v6i1.8673

Information
Cover Image
PDF
520 times PDF : 170 times