PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK BAJU NIBRAS

Anna Zakiyah Hastriana
Universitas Annuqayah
Indonesia
Fatima Sari
Universitas Annuqayah
Indonesia

Abstract

Perubahan signifikan telah terjadi dalam mode busana muslim, khususnya penduduk muslim Indonesia. Dengan konsumen barang busana muslimah sebagai obyek penelitian, penelitian ini berupaya menguji dampak kesadaran merek (X1), citra merek (X2), dan harga (X3) terhadap variabel independen yaitu keputusan pembelian konsumen produk Nibras. Penelitian kuantitatif merupakan pendekatan yang dipakai dalam desain penelitian ini. Pengambilan sampel secara purposif, atau pendekatan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Seratus responden dijadikan sebagai ukuran sampel untuk penelitian ini. Dengan bantuan SPSS versi 26, teknik analisis data studi ini memanfaatkan teknik analisis regresi linier berganda. Temuan riset ini memaparkan, meskipun citra merek dan harga secara signifikan memengaruhi keputusan pelanggan untuk mengonsumsi barang - barang dari produk Nibras, kesadaran merek tidak memiliki dampak yang nyata pada pembelian tersebut. Kesimpulan studi ini menyiratkan bahwa Nibras harus memberikan prioritas utama untuk meningkatkan reputasinya dengan meningkatkan dukungan pelanggan, kualitas produk, dan inisiatif pemasaran. Rencana harga yang baik juga penting untuk menarik pelanggan. Penting untuk menilai kembali rencana kesadaran merek saat ini.

Keywords
Kesadaran merek; citra merek; harga; keputusan pembelian
References

Aaker, D. & Keller, K.L. (1990). Consumer evaluations of brand extrentions. Journal of Marketing, 54(1), 27-41.

Adriana, N.C., & Ngatno, N. (2020). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen Sariayu Martha Tilaar di kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 198-208.

Adriyanto, H., & Subakti, A.G. (2023). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian (Studi kasus di Restoran Casa de Peri, Jakarta Selatan). JITHOR: Journal of Indonesian Tourism, Hospitally and Recreation, 6(1), 51-60. https://doi.org/10.17509/jithor.v6i 1.55476.

Amalia, N. (2019). Pengaruh citra merek, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada konsumen Mie Endess di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 6(2), 96-104.

Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2021). Pengaruh brand awareness, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(6), 473-482.

Amron, A. (2018). Effect of product quality, price, and brand image on the buying decision of city car product. Archieves of Business Research, 6(4), 1-8.

Astuti, N.L.G.S.D., Widhyadanta, I.G.D.S.A., & Sari R.J. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness Lazada terhadap keputusan pembelian online. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(10), 897- 910.

Asnain, K., & Widiartanto (2021). Pengaruh brand image, brand awareness dan product quality terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus (Studi pada konsumen laptop Asus di Plasa Simpang Lima Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 813-821.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50. doi.org:10.30596/maneggio.v4i1.6766.

Cahyani, K.I., & Sutraswati, R.E. (2016). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. Management Analysis Journal, 5(4), 281-288. doi.org:10.15294/maj.v5i4.8350.

Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand image and product price; Its impact for Samsung smartphone purchasing decision. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 219, 221-227. doi.org:10.1016/j.sbspro.2016.05.009.

Dairina, L., & Sanjaya. V.F. (2022). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian produk. At-tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VII(1), 118-134.

Faruqi, R. (2023). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian berulang pada produk KFC. Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif, 8(2), 66-75.

Fera, F. & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi, citra merek terhadap keputusan pembelian handphone Xiaomi di kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1-13.

Firdausy, C. M & Idawati, R. (2017). Effects of service quality, price and promotion on customers purchase decision of Traveloka Online Airline Tickets in Jakarta, Indonesia. International Journal of Management Science and Business Administration, 3(2), 42-29.

Firmansyah, M.A. (2019). Pemasaran produk dan merek (Planning & strategi). Pasuruan: Qiara Medika.

Gracia, B.A., Dipayanti, K., & Nufzatutsaniah. (2024). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 7(3), 275-292.

Gunarsih, C.M., Kalangi, J.A., & Tamengkel, L.F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69-72.

Hasian, A.G., & Pramudhita, K.A. (2022). Pengaruh brand ambassador, brand awareness, brand image, dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Palembang (Studi kasus pada masyarakat Kota Palembang). PRMM: Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(2), 115-121. doi.org:10.35957/prmm.v3i2.2313.

Handayani, R., & Kamilla, T. (2023). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Tehbotol Sosro di Kota Cimahi. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 1(3), 89-98. doi.org:10.59841/xcellence.v2i3.296.

Haris, R., Kurniawan, B. & Zia, K. (2016). Analisis pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian busana muslim merek Rabbani di Kota Jambi. Journal Innovatio, 16(2), 75-90. doi.org:10.30631/innovatio.v16i2.18.

Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh kelengkapan produk dan harga terhadap pembelian ulang konsumen (Studi kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27-34.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing global edition, (17th Edition). London: Pearson Education.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Marketing management. Boston: Pearson Education.

Laki, D.A.S., Haikal, R., & Fitriyadi, Y.A. (2024). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1115-1122.

Limpo, L., Rahim, A., & Hamzah, H. (2018). Effect Of Product Quality, Price, And Promotion To Purchase Decision. IJoASER: International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 1(1), 9-22. https://doi.org/10.33648/ijoaser.v1i1.2

Mandagi, V.A.L., Kalangi, J.A.F., & Mukuan D.D.S. (2018). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(4), 54-61.

Marcelina, P.S., Teyseran, Y.J., & Hellyani, C.A. (2023). Pengaruh brand image, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk fashion pada konsumen Indonesia. JIMEK: Jurnal Ilmu Manajamen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 3(2), 252-262. doi.org:10.55606/jimek.v3i2.1805.

Mokoagouw, A.J.H., Mangantar, M., & Lintong, D.C.A. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian dalam Menggunakan Jasa Grab (Studi Kasus Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(02), 290–300. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.46276

Mulyadi, M.N. (2022). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian Lapis Talas Kujang Bogor untuk keperluan usaha waralaba. JIMKES: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 511-518. doi.org:10.37641/jimkes.v10i3.1539.

Ningsih, S., & Pradanawati, S.L. (2021). The Influence of brand image, price and promotion on purchase decision (Case study on Gea Geo Store). International Journal Of Economics, Business And Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 1-12.

Nugroho, I.D, & Sarah, S. (2021). Pengaruh brand image dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen busana muslim merek MaliQa). Jurnal Indonesia Membangun, 20(2), 1-14.

Putri, S.L., & Deniza, M.P. (2018). Pengaruh brand awareness dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian produk chicken nugget Fiesta di Kota Padang. Jurnal Agrica, 11(2), 70-78.

Pratamasari, V.F., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. Forum Ekonomi: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 24(2), 422-432. doi.org:10.30872/jfor.v24i2.10837.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16-23. doi.org:10.29264/jkin.v14i1.2445.

Ramadayanti, F. (2019). Peran brand awereness terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 78-83.

Rachmawati, D., Shukri, S., Azam, S., & Khatibi, A. (2019). Factors Influencing Customers’ Purchase Decision of Residential Property in Selangor, Malaysia. Management Science Letters, 9(9), 1341–1348.

Setiadi, N.J. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Setyaningsih & Darmawan, D. (2004). Pengaruh citra merek terhadap efektifitas iklan. Media Mahardika Ekonomi dan Manajemen, 2(3), 41-49.

Simamora, H. (2002). Akuntansi: Basis pengambilan keputusan bisnis (Jilid 1). Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Sucipto, C.D. (2014). Keselamatan dan kesehatan kerja. Gosyen Publishing: Yogyakarta.

Sudirman, A., Ratih, S.D., Manggabarani, A.S., Soegoto, A. S., Ratnasari, K., Burhanudin, J., …Utami, M.M. (2022). Manajemen pemasaran kontemporer. Bandung: Widina Bhakti Perdana.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Swastha, B. (2010). Manajemen pemasaran: Analisa dan perilaku konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Syamsiah, S.N., Muttaqien, F., & Ato’illah, M. (2018). Analisis pengaruh brand image, brand awareness dan word of mouth terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah pada toko SJ Tempeh Lumajang. Journal of Organization and Business Management, 1(1), 73-81.

Tambunan, D., & Hendarsih, I. (2022). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian pada bisnis busana muslim merk Zoya di Rawamangun Jakarta. Jurnal Usaha (Kewirausahaan Pendidikan & Non Pendidikan), 3(2), 1-14. doi.org/10.30998/juuk.v3i2.1361.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: prinsip, penerapan, penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tumangger, Y., Daulay, A., & Surbakti, S.B. (2022). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk Nibras House Mini Johor di Kota Medan. Jurnal Bonanza, 2(1), 61-66.

Vranesevic, T. & Stancec, R. (2003). The effect of brand on perceived quality of food products. British Food Journal, 105(11), 811-825.

Wangsa, I. N. W., Rahanatha, G.B., Yasa, N. N. K., & Dana, I. M. (2022). Promosi penjualan untuk membangun electronic word of mouth dan mendorong pengambilan keputusan pembelian. Klaten: Lakeisha.

Wilujeng, S. R., & Edwar, M. (2014). Pengaruh brand awareness dan brand trust terhadap keputusan pembelian produk Oriflame. JPTN: Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(2), 1-14. doi.org:10.26740/jptn.v2n2.p%p.

Wibowo, S. F., Sari, E. P., & Saidani, B. (2017). The effect of trust and brand image on purchase decision (Toyota car survey in Jakarta region). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains, 8(2), 317-337. doi.org:10.21009/jrmsi.008.2.08

Yuliani, M.P., & Suarmanayasa, S.N. (2021). Pengaruh harga dan online consumer review terhadap keputusan pembelian produk pada marketplace Tokopedia. Prospek: Jurnal manajemen dan Bisnis, 3(2), 146-154. doi.org:10.23887/pjmb.v3i2.31539.

Yet, S. (2011). Star marketing for everyone’s business. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Information
Cover Image
PDF
964 times PDF : 751 times