KAJIAN TIPOLOGI LAYOUT DISPLAY DAN SIRKULASI PADA FUNGSI PAMERAN ZONA MAIN LOBBY DI JAKARTA CONVENTION CENTER

Sahrul Daniel Syafana
orcid
http://orcid.org/0000-0002-1825-0097
Gunadarma University
Indonesia
Pracista Dhira Prameswari
orcid
http://orcid.org/0000-0002-1825-0097
Gunadarma University
Indonesia
Made Widyatantri Merati
orcid
http://orcid.org/0000-0002-1825-0097
Gunadarma University
Indonesia

Abstract
UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 merupakan pameran industri yang menampilkan karya para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbaik Indonesia yang telah terlaksana sejak tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Bank BRI, berlokasi di Jakarta Convention Center, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Indonesia. Pada pameran tahun ini Bank BRI menghadirkan lebih dari 500 UMKM pilihan sehingga cara display dan tata letak produk pada booth dengan berbagai aktivitas yang ditawarkan bagi pengunjung sangat beragam. Layout display dan sirkulasi pada fungsi pameran zona main lobby UMKM Expo(RT) BRILIANPRENEUR 2023 perlu diperhatikan untuk kemudahan dan kenyamanan pengunjung dalam mengakses pameran. Metode penelitian yang penulis lakukan adalah pengumpulan data yang didapatkan dari hasil perancangan kerja praktik dan studi literatur melalui buku atau sumber internet yang mendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan tipologi tata display pada pameran banyak menggunakan display In Show Case dan pola sirkulasi yang diterapkan adalah open plan
Keywords
display; UMKM; tipologi; sirkulasi
References

Admin. (2021). Indonesian Contemporary Art and Design. https://www.arturaicad.com/ [diakses 27/03/2024].

Admin. (2023). UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023. https://brilianpreneur.com/participants [diakses 27/03/2024].

Aditya, W. S., and Jatra, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Pengalaman Belanja Online, dan Akses Informasi Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Pada Pernbelian Online Sepatu Sepak Bola Merek Specs Di Kota Denpasar). E Jurnal Manajemen, Volume 8, Hal 2524. Bali: Universitas Udayana.

Alma, Buchari. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan kedelapan. Bandung: Alfabeta.

Fatmawati, N. I., Zaini, A. (2023). Pengaruh Visual Merchandising dan Display Produk Terhadap Impulse Buying Konsumen Pada Miniso Mall Olympic Garden Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, Volume:9 Nomor:1, Juni 2023. Malang: Politeknik Negeri Malang.

Fitriyani, E. W. (2021). Pengaruh Display Terhadap Minat Beli Pada Minimarket Alfamart SPBU Ukui, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan. Skripsi, Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Gardner, J., Caroline, H. (1960). Exhibition and Display. London: Hold, Renehart dan Winston.

Irfanty, E. 1. (2001). Yogyakarta Gala Event Center: Pencapaian Fleksibilitas Ruang Melalui Pendekatan Kenyamanan Pandang yang Mendukung Fungsi Bangunan. Tugas Akhir, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Jurusan Arsitektur. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Mclean, K. (1993). Planning for People in Museum Exhibitions. Washington: Association of Science - Technology Center.

Musaffa, R. P. A. (2018). Desain Interior Galeri Sentra UMKM Madiun dengan Konsep Memfasilitasi UMKM Daerah dan Ramah Pengunjung Bernuansa Modern Etnik Lokal. Tugas Akhir Fakultas Arsitektur, Desain dan Perencanaan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Ngadiman. (2008). Marketing. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Oldyputra. (2019). Jenis Booth atau Stand Pameran. http://www.partisi-pameran.com/2019/11/jenis-booth-atau-stand-pameran.html [diakses 27/03/2024].

Panjaitan, S. W., Ramadhani, I., Arini, R. (2023). Perancangan Desain Booth Malaysia Healthcare EXPO Medan 2022. Jurnal Brikolase, Volume 15 No. 2 Desember 2023. Surakarta: Institut Seni Indonesia Surakarta.

Prananda, A. R., Astuti, D., Rakhmanita. (2022). Dampak Tata Ruang Area Pameran Terhadap Pola Sirkulasi Pada Museum Seni Rupa dan Keramik - Jakarta. UG Jurnal, VOL.16 Edisi 08 Agustus 2022. Depok: Universitas Gunadarma.

Sopiah, Syihabudhin. (2017). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi Ofsset.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R and D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, F., Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: ANDI. Weitzl, W. (2014).

Tutt, P., Adler, D. (1979). New Metric Handbook. London: Architectural Press.

Vazira, N. (2020). Pengaruh Display dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Bata di MTC Giant Panam. Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Khasim Riau.

Yulianti, S. (2008). Pengaruh Pelaksanaan Display (Penataan) Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Flashy Liquid Shop Bandung. Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Information
PDF
134 times PDF : 62 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)