Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Anggota Koperasi KPRI Amanah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (X1), kepercayaan (X2), dan kepuasan (X3) terhadap loyalitas (Y) simpan pinjam anggota. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner kepada 160 responden anggota koperasi KPRI Amanah yang berdomisili di Kabupaten Bogor. Studi ini menggunakan metode regresi berganda sehingga data yang telah dikumpulkan melalui rangkaian tahapan regresi berganda. Uji tersebut yaitu uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), yang kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis di mana seluruh uji tersebut menggunakan perangkat lunak Eviews versi 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel kepuasan yang berpengaruh terhadap loyalitas simpan pinjam anggota, sedangkan kualitas pelayanan dan kepercayaan tidak berpengaruh. Menariknya, secara simultan seluruh variabel X tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas simpan pinjam anggota. Hal ini mengindikasikan perlunya menjaga aspek kepuasan anggota sebagai faktor krusial yang menjaga loyalitas mereka terhadap koperasi KPRI Amanah Kemenag.
Keywords
References
April, D., Simangunsong, Y., Lathief, M., & Nasution, I. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Sumut Syariah KCP Lubuk Pakam). Journal of Islamic Economics and Finance, 1(4), 153–173.
Ariyanti, Y., & Mar’ah, S. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing dan Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 89–103. https://doi.org/10.31942/akses.v17i2.7468
Astuti, Y. W., Agriyanto, R., & Turmudzi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Layanan Mobile Banking Syariah. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 19(3), 134–158. https://doi.org/10.14710/jspi.v19i3.134-158
Aulia, F. P. A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Jatim Kantor Cabang Bojonegoro). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1–16.
Desri & et al. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan JNE Di Kota Payakumbuh. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 342–348.
Dui April Yani Simangunsong, Annio Indah Lestari Nasution, & Muhammad Lathief Ilhamy Nasution. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah. Journal of Islamic Economics and Finance, 1(4), 153–173. https://doi.org/10.59841/jureksi.v1i4.435
Efendi, B., & Kholunnafiah, U. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Merek Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Paket Data Internet Kartu Xl Prabayar. DFAME Digital Financial Accounting Management Economics Journal, 1(2), 61–69. https://doi.org/10.61434/dfame.v1i2.116
Fathullah, F., Yulianto, A., Ikhwan, S., & Khojin, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah Koperasi Tama dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus di Koperasi Tama). JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(3), 106–123.
Febsri Susanti, & Dea Edgina. (2021). Pengaruh Pelayanan Keluhan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui ACPI PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Padang. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.31961/ijaaf.v1i1.1167
Kesuma Suryawa, T. G. A. W., Triadhi, N. A., & Nindia Putri, C. I. A. V. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Anggota Pada Ksp Sari Sedana Nadi Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 8(1), 74–89. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v8i1.842
Lutfiani, A. N., & Musfiroh, M. fFS. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2(3), 50–64.
Pebrianti, N., & Asrida, P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Tingkat Kepercayaan , dan Kepuasan Anggota Terhadap Loyalitas Anggota di KSU Desa Peguyangan Kangin Tahun 2021-2022. Arthaniti Studies, 3(2), 97–103. https://doi.org/10.5281/zenodo.7122456
Purnama, R., & Hidayah, A. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Tirtayasa Ekonomika, 14(2), 187. https://doi.org/10.35448/jte.v14i2.6529
Sungkawa, I. (2015). Penerapan Regresi Linier Ganda untuk Mengukur Efisiensi Pola Penggunaan Air Tanah System Rice Intensification (SRI) di Kabupaten Bandung, Subang, dan Karawang. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(2), 259. https://doi.org/10.21512/comtech.v6i2.2270
Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi