PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI KELOMPOK SADAR WISATA DAN ANAK-ANAK DI DESA WISATA DAN KONSERVASI PANTAI MINANG RUA, LAMPUNG SELATAN

Armaini Akhirson
Universitas Gunadarma
Indonesia
Fitri Rismiyati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Shinta Teviningrum
Universitas Gunadarma
Indonesia
Anieq Siti Zahroh
Universitas Gunadarma
Desy Nur Aini Al Fajri
Universitas Gunadarma
Indonesia
Mulya Sari Hadiati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Murni Setyawati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Patrick Silano
Universitas Gunadarma
Indonesia
Linda Ratnawiasih
Universitas Gunadarma

Abstract
Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kondisi sosial dan lingkungan masyarakat Desa Kelawi dalam rangka mendukung pengelolaan Desa Wisata dan Konservasi Pantai Minang Rua, Lampung Selatan. Desa ini memiliki potensi wisata alam dan budaya yang besar, akan tetapi belum diiringi dengan kesiapan sumber daya manusia, khususnya dalam keterampilan berbahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional. Dengan potensi yang ada, pembangunan desa wisata dapat membantu menumbuhkan ekonomi daerah dan memaksimalkan sumber daya manusia yang ada sebagai kelompok sadar wisata di Desa Wisata dan Konservasi Pantai Minang Rua Lampung Selatan. Melalui ketersediaan tenaga ahli yang kompeten dapat membantu membuka wawasan masyarakat sehingga dapat bersama sama membangun desa wisata yang lebih optimal. Selanjutnya, target luaran pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan pada perbaikan tata nilai dalam masyarakat, berupa teredukasinya masyarakat yang sebelumnya tidak memahami bahasa inggris untuk berkomunikasi, menjadi mengerti dan memahami bahasa inggris untuk berkomunikasi pada wisatawan. Sehingga masyarakat dapat lebih baik dalam berkomunikasi dengan wisatawan asing yang mengunjungi desa wisata sebagai nilai tambah bagi desa wisata itu sendiri.
Keywords
Bahasa Inggris, Minang Rua, Pariwisata
References

Mikkelsen, B. (2003). Metode Penelitian Partisipatoris dan upaya-upaya pemberdayaan: Sebuah Buku Pegangan Bagi Para Praktisi Lapangan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Nasibova, S. (2025). Importance of English Language in the Development of Tourism Management. Foundations and Trends in Modern Learning, 8(1), 45–58. Abgerufen am Wednesday. Mei 2025 von https://ojs.publisher.agency/index.php/FTML/article/view/5160

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. (2024). Selayang Pandang Kabupaten Lampung Selatan. Abgerufen am Januari 1 Januari 2025 von https://www.lampungselatankab.go.id/web/selayang-pandang/

Richards, J. (2015). Key Issues in Language Teaching. University Press.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Yuliana, S., & Hermagustiana, I. (2021). Participatory approaches in EFL learning: Enhancing students’ engagement through collaborative methods. Journal of Language and Literature Education, 10(2), 75-85.

Information
PDF
212 times PDF : 32 times
Article Tools