PENGARUH PERSEPSI TEMA IKLAN DAN BINTANG IKLAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE

Sri Hermawati, Hernama Hernama

Abstract

Iklan sebagai media komunikasi memegang peran penting dalam penyampaian pesan kepada konsumen dan lebih jauh lagi sebagai upaya untuk mempengaruhi konsumen. Iklan tidak saja digunakan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, melainkan juga memberikan informasi keberadaan produk dan kemampuan produk untuk memuaskan konsumen. Tema pesan yang disampaikan menjadi penting diperhatikan untuk memastikan konsumen memahami maksud informasi yang disampiakan. Penelitisn ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kesan yang diterima konsumen atas penampilan dan citra yang dibawa oleh bintang iklan, serta tema iklan yang dipilih produsen terhadap minat membeli produk lewat situs belanja online. Data diambil melalui penyebaran kuesioner dikalangan masyarakat Bekasi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan kriteria masyarakat kota Bekasi yang pernah melakukan pembelanjaan secara online selama masa pandemi ini. Dihipotesiskan persepsi tema iklan dan bintang iklan mempengaruhi minat beli masyarakat untuk berbelanja melalui situs belanja online Bukalapak. Partial Least Square digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan baik persepsi atas tema iklan maupun bintang iklan secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen berbelanja melalu situs belanja online.

Full Text:

PDF