PENGUJIAN WAHANA UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) AMPHI-FLY EVO 1.0 UNTUK MISI PENCARIAN DAN PENYELAMATAN

Mustafa Dwi Prasetyo
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia
Mohamad Yamin
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
UAV (Unmanned Aerial Vehicle) merupakan sebuah wahana udara jenis fixed-wing, rotary-wing, ataupun pesawat yang mampu mengudara pada jalur yang ditentukan tanpa kendali langsung oleh pilot. UAV dapat digunakan untuk membantu kinerja dari BASARNAS, BNPPD dalam proses pencarian dan penyelamatan korban bencana. Untuk menunjang kegiatan tersebut, UAV harus melewati pengujian terlabih dahulu. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap wahana UAV AMPHI-FLY Evo 1.0  yang meliputi pengujian terhadap frame, propeller udara, kamera, transmitter, GPS, baterai dan sensor accelerometer. Pengujian dilakukan meliputi frame, propeller, kamera, transmitter dan uji gerak. Disamping itu dilakukan juga pengujian GPS, menggunakan software mission planner, pengujian baterai pada trottle 0%, 25% dan 50%. Pengujian sensor accelerometer pada posisi wahana secara datar, bergerak kekanan dan kekiri, bergerak maju dan juga mundur pada ketinggian sekitar 6.40 meter. Seluruh pengujian memberikan hasil yang baik dan memuaskan.Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas frame cukup aman digunakan dan  propeller udara dapat menopang bobot wahana secara keseluruhan. Jarak pandang ideal kamera baru mencapai 10 meter meskipun jarak maksimal 30 meter. Tuas pada transmitter dapat berfungsi dengan baik. GPS yang digunakan juga akurat dalam menunjukkan posisi wahana. Baterai dengan arus 5A yang digunakan juga memenuhi kebutuhan. Sensor accelerometer cukup responsif terhadap perubahan pergerakan wahana.
Keywords
ArduPilot, Mission Planner, Simulasi dan Pengujian, UAV
References

E.A. Euteneur dan G. Papageorgiou, “ UAS insertion into commercial airspace: Europe and US standars perspective,” dalam seminar IEEE/AIAA 30th Digital Avionics Systems Conference, 2011, hal. 5C5-1 - 5C5-12

T.K. Priyambodo, A. Dharmawan, O. A. Dhewa dan N.A.S. Putro, “Optimizing control based on fine tune PID using ant colony logic for vertical moving control of UAV sysytem,” dalam seminar Conf.Proc., 2016, hal.170011-1 - 170011-6.

M. R. W. Utama, M. Komarudin dan A. Trisanto, “Sistem Kendali Holding Position Pada Quadcopter Berbasis Mikrokontroler Atmega 328p, “ ELECTRICIAN – Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, vol. 7, no. 1, hal.35 - 46, 2013.

M. Abdulla, J.V. Svoboda, dan L. Rodrigues, Avionics Made Simple, Montreal, Quebec, Canada : M. Abdullah, 2005

A. M. Handayani dan B. Sumanto, “Sistem ground control station untuk pengamatan dan pengendalian unmanned aerial vehicle, “ dalam Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT), 2016, hal. 1000 - 1003.

R. Hidayat, “Pengembangan sistem navigasi otomatis pada UAV (Unmanned Aerial Vehicle) dengan GPS (Global Positioning System) waypoint,” Jurnal Teknik ITS , vol. 5, no. 2, hal. A898 – A903, 2016.

Information
PDF
789 times PDF : 683 times