PUSH BUTTON SISTEM KEAMANAN PINTU RUMAH MENGGUNAKAN RASPBERRY PI BERBASIS IOT

Ilham Tejana Putra
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Wahyu Kusuma Raharja
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Mochamad Karjadi
Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pemanfaatan sensor semakin meluas pada berbagai bidang termasuk keamanan.  Salah satu permasalahan keamanan dalam kehidupan sehari-hari adalah keamanan pintu rumah. Selama ini sistem keamanan pintu rumah masih menggunakan kunci biasa yang dapat dengan mudah dibobol sehingga diperlukan sistem keamanan tambahan. Pada penelitian ini dibuat suatu alat guna memudahkan dalam memantau dan menjaga keamanan pintu rumah dengan menggunakan sistem keamanan berbasis IOT. Penelitian ini berhasil membuat push button  sitem keamanan pintu rumah menggunakan Raspberry Pi berbasis IoT dengan sensor RFID dan kamera. Raspberry Pi sebagai pengontrol utama keseluruhan alat dan sebagai penghubung antara alat dengan web database. Setelah itu, relay dan solenoid loockdoor sebagai output  mengunci pintu dan LCD 16x2 sebagai penampil tulisan informasi. Pada  sensor RFID mendeteksi adanya kartu yang di tap dan kamera mengambil gambar, lalu Raspberry Pi memproses sinyal tersebut untuk mengirimkan data ke web database dan membuka kunci solenoid lockdoor, dan LCD menampilkan teks. Apabila sensor RFID tidak mendeteksi adanya kartu yang di tap, kamera tidak akan mengambil gambar dan solenoid tidak akan membuka kunci, dan LCD menampilkan teks. Alat ini bisa dipantau melalui handphone, laptop ataupun personal komputer dengan membuka solenoid. Alat ini juga mencatatkan data secara real time di solenoid.

Keywords
LCD, Raspberry Pi, RFID, Solenoid Lockdoor
References

S. Winardi, Firmansyah, dan W. A. Kristiana, “Rancang bangun sistem pengaman pintu rumah menggunakan android berbasis Arduino Uno,” e-Jurnal NARODROID, vol. 2, no.1, hal. 98 – 104, 2016.

A. Iskandar, Muhajirin dan Lisah, “Sistem keamanan pintu berbasis Arduino Mega,” Jurnal Informatika UPGRIS, vol. 3, no. 2, hal. 99 – 104, 2017.

B. M. Susanto, “Sistem keamanan pintu berbasis pengenalan wajah menggunakan metode Fisherface,” Jurnal Ilmiah INOVASI, vol. 17, no. 1, hal. 44 – 47, 2017.

M. Sirait dan K. Tanjung, “Perancangan sistem keamanan akses buka pintu menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) dan pengiriman informasi ke ponsel,” Jurnal SINGUDA ENSIKOM , vol.13, no.37, hal.129 – 133, 2015.

E. Rakhman, F. Candrasyah, dan F. D. Sutera, Raspberry Pi–mikrokontroler mungil yang serba bisa. Yogyakarta: Andi, 2014.

Information
PDF
3240 times PDF : 2046 times