IMPLEMENTASI INTERNET OF THING (IOT) SISTEM MONITORING KUALITAS AIR SHRIMP FARMING VANAME PADA APLIKASI BERBASIS ANDROID

Alwansyah Alwansyah
Gunadarma University
Indonesia
Achmad Fahrurozi
Gunadarma University
Indonesia

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem aplikasi berbasis mobile yang memungkinkan pemantauan kualitas air tambak udang vaname secara real-time. Dengan fokus pada parameter suhu, Total Dissolved Solid (TDS), dan pH air, sistem ini menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) untuk mengoptimalkan pengelolaan budidaya udang. Di Indonesia, sebagai negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, budidaya udang vaname menjadi komoditas ekspor utama dalam sektor perikanan. Kualitas air dalam tambak udang memiliki peranan krusial dalam produktivitas dan keberlangsungan hidup udang. Gangguan pada parameter kualitas air seperti suhu yang tidak tepat, TDS yang tidak terkontrol, atau pH yang tidak seimbang dapat menyebabkan penurunan pertumbuhan dan bahkan penyebaran penyakit. Keterbatasan penerapan teknologi di sektor budidaya perikanan di Indonesia telah menjadi hambatan dalam memantau dan mengontrol kualitas air secara efisien. Diharapkan bahwa implementasi sistem monitoring kualitas air tambak udang vaname ini dapat memberikan solusi untuk permasalahan kualitas air yang sering dihadapi dalam budidaya udang. Dengan penerapan teknologi IoT dengan keluaran pada aplikasi android, informasi yang diperoleh menjadi lebih akurat dan dapat diakses dengan cepat melalui perangkat smartphone. Selain itu, kemampuan untuk mengambil tindakan preventif atau korektif berdasarkan data yang tersedia diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas budidaya udang vaname di Indonesia.
Keywords
android studio; arduino IDE; firebase; realtime database; udang vaname
References

R. Lasabuda, “Regional Development In Coastal And Ocean In Archipelago Perspective of The Republic of Indonesia,” Jurnal Ilmiah Platax, vol. 1, no. 2, hal. 92–101, 2013.

A. A. Awanis, S. B. Prayitno, dan V. E. Herawati, “Kajian Kesesuaian Lahan Tambak Udang Vaname Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis Di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah,” Buletin Oseanografi Marina (Buloma), vol. 6, no. 2, Nov., hal. 102-109, 2017.

DJPB Perikanan, Kementrian Kelautan. Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) di Tambak Milenial Millenial Shrimp Farming (MSF), 2021.

Supriatna, M. Mahmudi, M. Musa, dan Kusriani, “Hubungan pH dengan parameter kualitas air pada tambak intensif udang vannamei (Litopenaeus vannamei),” Journal of Fisheries and Marine Research, vol. 4, no.3, hal. 368-374, 2020.

A. Sahrijanna dan Sahabuddin, “Kajian kualitas air pada budidaya udang vaname (Litopenaeus Vannamei) dengan sistem pergiliran pakan di tambak intensif,” Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur, 2014, hal. 329-336.

H. Muslim dan M. Nahar, “Sistem Pemantauan dan Pengendalian pH Air Berbasis IoT Menggunakan Platform Arduino,” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, vol. 7, no.1, hal. 65-70, 2020.

N. Agustian, S. Arif, dan R. Herfia, “Aplikasi Pendeteksi Kualitas Air Menggunakan Turbidity Sensor dan Arduino Berbasis Web Mobile,” JOUTICA, vol. 5, no.1, hal. 316-320, 2020.

F. Chuzaini dan Dzulkiflih, “IoT Monitoring Kualitas Air Dengan Menggunakan Sensor Suhu, pH, dan Total Dissolved Solids (TDS),” Jurnal Inovasi Fisika Indonesia (IFI),” vol. 11, no. 3, hal. 46-56, 2022.

T.K.Y. Yudhis dan Kusrini, “Sistem Monitoring Kualitas Air pada Budidaya Perikanan Berbasis IoT dan Manajemen Data,” Citec Journal, vol. 6, no. 2, hal. 153-164, 2019.

T. P. WWF Indonesia dan M. Idham, “BMP Budidaya Udang Vannamei Tambak Semi Intensif dengan Instalasi Pengolahan Air LImbah (IPAL).” Jurnal Akuakultur Indonesia, vol.22, hal. 1–22, 2014.

A. S. Lubis dan R. Elly, “Sistem Monitoring Jarak Jauh Pada Suhu Kolam Ikan Nila Bangkok Memanfaatkan Internet of Things (IOT) Berbasis NODEMCU ESP8266,” JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem

Informasi, vol. 1, no. 1, hal. 1-8, 2021.

S. A. Mohamad dan L. Ulinnuha, “Perancangan Aplikasi Monitoring Kualitas Air Pada Budidaya Ikan Nila Berbasis IoT Menggunakan Android Studio,” Jurnal POLEKTRO: Jurnal Power Elektronik, vol.11, no.2, hal. 175-183, 2022.

G. A. Pauzi, M. A. Syafira, A. Surtono, dan A. Supriyanto, “Aplikasi IoT sistem monitoring kualitas air tambak udang menggunakan aplikasi Blynk berbasis Arduino Uno,” Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, vol. 5, no. 2, hal. 1-8, 2017.

P. Kusrinia, G. Wirantob, I. Syamsub, dan L. Hasanah, “Sistem Monitoring Online Kualitas Air Akuakultur untuk Tambak Udang Menggunakan Aplikasi Berbasis Android,” Jurnal Elektronika dan Telekomunikasi, vol. 16, no.2, Des., hal. 25-32, 2016.

Information
PDF
21 times PDF : 16 times