PENGARUH HARGA DIRI DAN ADIKSI SOSIAL MEDIA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA YANG MENGGUNAKAN TIKTOK

Kadek Anggita Darma Putri
Universitas Ciputra Surabaya
Stefani Virlia
Universitas Ciputra Surabaya
Indonesia

Abstract

Pertumbuhan media sosial sangat cepat di Indonesia. Media Sosial sudah menjadi hal yang penting di kehidupan remaja. Tiktok merupakan media sosial yang akhir - akhir ini populer di kehidupan remaja. Tidak hanya berdampak baik, penggunaan media sosial juga mampu berdampak buruk bagi remaja seperti meningkatnya kasus kecemasan sosial yang dialami remaja. Peneliti menduga jika kecemasan sosial yang dialami remaja bisa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu adiksi media sosial dan harga diri. Peneliti menggunakan pendekatan secara kuantitatif desain korelasi dengan teknik analisis regresi linier berganda. Penelitian ini berfokus kepada remaja berusia 18-21 tahun yang menggunakan aplikasi Tiktok lebih dari 2 jam setiap harinya. Sampel akan dilaksanakan secara online dengan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Pengambilan data menggunakan skala kecemasan sosial, harga diri dan adiksi media sosial. Hasil penelitian menunjukan adiksi sosial media memiliki pengaruh signifikan terhadap kecemasan sosial dengan nilai (F= 34,8; p <.0001). Hal tersebut dikarenakan remaja dengan tingkat adiksi tinggi lebih sering terpapar konten yang disajikan di Tiktok. Konten tiktok tidak hanya menimbulkan perasaan tidak nyaman namun beberapa konten menyebabkan remaja mulai membandingkan dirinya dengan apa yang dimiliki orang lain. Hal ini menyebabkan remaja mengalami kecemasan sosial. 

Keywords
Kecemasan sosial; Harga diri; Adiksi media sosial; Pengguna TikTok
References

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat kecanduan media sosial pada remaja. Journal of Nursing Care, 3(1), 41-53. https://doi.org/10.24198/jnc.v3i1.26928

Amoda, M. A., Domingo, N., Gasgonia, L. T., & Relleve, C. C. O. (2022). Self-esteem and social appearance anxiety of TikTok users: Appraising social support as probable moderator. Int. J. Sci. Res. in Multidisciplinary Studies Vol, 8(4), 47-51.

Anna. L. K. (2019). Remaja di era media sosial dihantui kecemasan. https://lifestyle.kompas.com /read/2019/08/06/120000420/remaja- di-era-media-sosial-dihantui-kecemasan

Azanella. L. A. (2019). Fenomena artis pamer kekayaan di media sosial, kok netizen menikmati? https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/21/074516865/fenomena-artis-pamer-kekayaan-di-media-sosial-kok-netizen-menikmati?page=all#page3

Azka. F., Firdaus. D. F., & Kurniadewi. E. (2018). Kecemasan sosial dan ketergantungan media sosial pada mahasiswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 201-210. https://doi.org/10. 15575/psy.v5i2.3315

Bohang, B. (2018). Tiktok punya 10 juta pengguna aktif di Indonesia. https://tekno.kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-juta-pengguna-aktif-di-indonesia

Budury, S., Fitriasari, A., & Khamida, K. (2019). Use of social media on events of depresion, anxiety and stress among university student: Penggunaan media sosial terhadap kejadian depresi, kecemasan dan stres pada mahasiswa. Bali Medika Jurnal, 6(2), 205-208. https://doi.org/10.36376/bmj.v6i2.87

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: Complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(2), 652-661. doi: 10.1177/1744987120927206

Cheng, G., Zhang, D., & Ding, F. (2015). Self-esteem and fear of negative evaluation as mediators between family socioeconomic status and social anxiety in Chinese emerging adults. International Journal of Social Psychiatry, 61(6), 569- 576. doi: 10.1177/ 0020764014565405

Dinata, R. I., & Pratama, M. (2022). Hubungan antara social comparison dengan body image dewasa awal pengguna media sosial tiktok. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 68-76. https://doi.org/10.31933/rrj.v4i3.477

Ekajaya, D. S., & Jufriadi, J. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan sosial pada narapidana menjelang bebas di lembaga pemayarakatan kelas IIA Muaro Padang. Psyche, 12(1), 93-102.

Elwani, R. S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran sosial bagi remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1), 64-80. https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.6654

Erliksson, O. J., Lindner, P., & Mörtberg, E. (2020). Measuring associations between social anxiety and use of different types of social media using the Swedish Social Anxiety Scale for Social Media Users: A psychometric evaluation and cross‐sectional study. Scandinavian Journal of Psychology, 61(6), 819-826.

Fabrian. L. J. R. (2021) Standar kecantikan ala TikTok. https://www.kompas.com/tren/ read/2019/11/21/074516865/fenomena-artis-pamer-kekayaan-di-media-sosial-kok-netizen-menikmati?page=all#page3

Fadlah. N. N. (2021). Privasi rentan terganggu, waspadai dampak media sosial terhadap mental remaja. https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/mental/privasi-rentan-terganggu-waspadai-dampak-media-sosial-terhadap- mental-remaja/

Fatimah, S., Arna, Y. D., & Wilda, Y. (2014). Penerapan terapi aktivitas kelompok (TAK) terhadap perubahan konsep diri remaja dengan harga diri rendah. Jurnal Penelitian Kesehatan, 12(2), 91-96.

Hidayat, H. (2020). Orang Indonesia kedua paling banyak unduh TikTok per Juli 2020. https://www.liputan6.com/tekno/read/4324103/orang-indonesia-kedua-paling-banyak-unduh-tiktok-per-juli-2020

Hidayati, N. W. (2016). Hubungan harga diri dan konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 31-36.

Hudanto. A. (2017). Remaja menghabiskan waktu 9 jam sehari di media sosial, duh jangan sampai terkena 5 dampak negatif ini. http://www.teen.co.id/read/3589/remaja-menghabiskan-waktu-9-jam-sehari-di- media-sosial-duh-jangan-sampai-terkena-5-dampak-negatif-ini

Ismail, N. S., Rustham, A. T. P., & Ibrahim, A. (2022). The relationship between the intensity of using TikTok social media and stress level among teenagers in Makassar city during the pandemic. Proceeding. Interdisciplinary Conference of Psychology, Health, and Social Science (ICPHS 2021), pp. 265- 268.

Jati. A. S. (2020). TikTok makin disukai anak muda, ini alasannya. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5133039/tiktok-makin-disukai- anak-muda-ini-alasannya

Jiang, S., & Annabel, N. (2020). The effects of Instagram use, social comparison, and self-esteem on social anxiety: A survey study in Singapore. Social Media and Society. https://doi.org/10. 1177/2056305120912488

Kellerman, J., Zeltzer, L., Ellenberg, L., Dash, J., & Rigler, D. (1980). Psychological effects of illness in adolescence: Anxiety, self-esteem, and perception of control. The Journal of Pediatrics, 97(1), 126-131.

Lee. A. & Hankin. B. L. (2009). Insecure attachment, dysfunctional attitudes, and low self-esteem predicting prospective symptoms of depression and anxiety during adolescence. Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology, 38(2), 219-231. doi: 10.1080/ 15374410802698396

Ludwianto. B. (2020). Berapa lama orang Indonesia pakai internet setiap hari? https://kumparan.com/kumparantech/berapa-lama-orang-indonesia-pakai-internet-setiap-hari-1sm18OYziOQ/1

Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Interdisiplin: Pembelajaran seni tari melalui aplikasi TikTok untuk meningkatkan kreativitas anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175-180. doi: 10. 15294/JST.V9I2.42085

Mahmudah, N., & Purnamasari, D. (2023). Pengaruh konten TikTok terhadap tingkat stres pada remaja akhir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 778-786.

Marianti. Y. (2020). Remaja alami syndrome TikTok, begini kata psikolog. https://www. indozone.id/health/r8smz60/remaja-alami-syndrome-tiktok-begini-kata-psikolog/read-all

Mim, F. N., Islam, M. A., & Kumar, G. (2018). Impact of the use of social media on students’ academic performance and behavior change. International Journal of Statistics and Applied Mathematics, 3(1), 299-302.

Murad, O. S. (2020). Social anxiety in relation to self-esteem among university students in Jordan. International Education Studies, 13(2), 96-103. https://doi.org/10.5539/ies. v13n2p96

Najah. D. H., Putra. A. A., & Aiyuda, N. ( 2021). Kecenderungan narsistik dengan intensitas pengguna aplikasi TikTok pada mahasiswa. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.36341/PSI.V5I1.1914

Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). Analisis regresi linier berganda dalam estimasi produktivitas tanaman padi di Kabupaten Karawang. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 117-128.

Pertiwi. S. T., Moeliono. M. F., & Kendhawati. L. (2021). Depresi, kecemasan, dan stres remaja selama pandemi COVID-19. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 6(2), 72-77. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v6i2.497

Pratiwi, D., Mirza, R., & Akmal, M. E. (2019). Kecemasan sosial ditinjau dari harga diri pada remaja status sosial ekonomi rendah. Al-Irsyad, 9(1), 21-34.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial Instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51-65. http://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Putri, L. H., & Isrofins, B. (2021). Perilaku narsisme dan harga diri terhadap penggunaan media sosial TikTok pada siswa SMA. Empati: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 49-73. doi: 73.10.26877/empati.v8i1.7806

Rahmawati, A., Fitriana, D. M., & Pradany, R. N. (2019). A systematic review of excessive social media use: Has it really affected our mental health? Jurnal Ners, 14(3), 213-216.

Rizal. A. (2021) Rata-rata orang Indonesia habiskan 3 jam untuk main media sosial. https://infokomputer.grid.id/read/122572616/rata-rata-orang-indonesia-habiskan-3-jam-untuk-main-media-sosial

Rosenberg, M. (1965). Rosenberg self-esteem scale (RSE). Acceptance and commitment therapy. Measures Package, 61(52), 18.

Sahin, C. (2018). Social media addiction scale-student form: The reliability and validity study. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1), 169-182.

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan media sosial Instagram dalam pembentukan identitas diri remaja. Interaksi Online, 6(4), 490-501.

Santoso, B. K., Noviekayati, I. G. A. A., & Rina, A. P. (2022). Kecemasan sosial pada remaja akhir: Bagaimana peranan adiksi media sosial? Inner: Journal of Psychological Research, 2(3), 373-384.

Saputra, V. R., Dhuatu, C. H., & Giyato, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai mood Indonesian Fun Science Award, 2(1) 216-226. https://proceedings.sgu.ac.id/ifsj/index.php/ ifsj/article/view/53

Savira, R., Rifai, M., & Wahyunengsih, W. (2022). Correlation between TikTok use and teenagers’ self-esteem. Indonesian Journal of Learning Studies, 2(1), 19-24.

Silmi, Z. K., Rachmawati, W. R., Sugiarto, A., & Hastuti, T. P. (2020). Correlation of intensity of use of social media with the level of social anxiety in adolescents. Midwifery and Nursing Research, 2(2), 60-64

Simsek, A., Elciyar, K., & Kizilhan, T. (2019). A comparative study on social media addiction of high school and university students. Contemporary Educational Technology, 10(2), 106-119. https://doi.org/10.30935/cet.554452

Soliha. S. V ( 2015). Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.14710/interaksi.4.1.1-10

Swasti, I. K., & Martani, W. (2013). Menurunkan kecemasan sosial melalui pemaknaan kisah hidup. Jurnal Psikologi, 40(1), 39-58. doi: 10.22146/jpsi.7065

Tajuddin, A., & Haenidar, H. (2019). Hubungan antara harga diri dengan kecemasan sosial pada remaja akhir. Jurnal Psikologi SKIsO (Sosial Klinis Industri Organisasi), 1(1), 56-65.

Trikandini, A., & Kurniasari, L. (2021). Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan tingkat kecemasan pada mahasisswa UMKT. Borneo Student Research, 3(1), 614-615.

Untari, R. T., Bahri, S., & Fajriani, F. (2017). Pengaruh harga diri terhadap kecemasan sosial remaja pada siswa di SMA Negeri Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(2), 1-10.

Vermillion, M., & Dodder, R. A. (2007). An examination of the Rosenberg Self-Esteem Scale using collegiate wheelchair basketball student athletes. Perceptual and Motor Skills, 104(2), 416- 418. https://doi.org/10.2466/pms.104.2.416-418

Vogel, E. A., Rose, J. P., Roberts, L. R., & Eckles, K. (2014). Social comparison, social media, and self-esteem. Psychology of Popular Media Culture, 3(4), 206-222. https://doi.org/10.1037/ ppm0000047

Vriends, N., Pfaltz, M. C., Novianti, P., & Hadiyono, J. (2013). Taijin kyofusho and social anxiety and their clinical rRelevance in Indonesia and Switzerland. Frontiers in Psychology, 4, 1-9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00003

Widodo, A. S., & Pratitis, N. T. (2013). Harga diri dan interaksi sosial ditinjau dari status sosial ekonomi orang tua. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 131-138. https://doi.org/ 10.30996/persona.v2i2.100

Wigati, D. G., & Nurhayati, S. R. (2021). Pengaruh kecemasan komunikasi terhadap intensitas penggunaan media sosial pada individu di usia emerging adulthood. Acta Psychologia, 3(1), 254-259. doi: 10.21831/ap.v3i1.40038

Zurafa, Z., & Dewi, F. I. R. (2021). Social media addiction among late adolescents: Self-esteem and narcissism as predictor. Proceeding. International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities,1444-1449. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.227

Information
PDF
1011 times PDF : 644 times