JOB EMBEDDEDNESS DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN BANK

Fira Fudhla
Universitas Syiah Kuala
Indonesia
Eka Dian Aprilia
Universitas Syiah Kuala
Indonesia
Mirza Mirza
Universitas Syiah Kuala
Indonesia
Santi Julita
Universitas Syiah Kuala
Indonesia

Abstract

Organizational citizenship behavior (OCB) merupakan hal yang sangat penting dalam organisasi, khususnya bagi organisasi perbankan. OCB dapat muncul pada karyawan yang memiliki keinginan untuk terus bertahan dan menjadi bagian dari organisasi. Job embeddedness merupakan variabel yang menjelaskan keinginan karyawan untuk terus bertahan dalam suatu organisasi karena dipengaruhi oleh faktor-faktor penting, yaitu faktor organisasi dan faktor komunitas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan job embeddedness dengan OCB pada karyawan bank. Sebanyak 100 orang karyawan tetap sebuah bank menjadi sampel dalam penelitian ini dan diambil dengan menggunakan teknik quota sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala job embeddedness yang disusun oleh peneliti mengacu kepada teori Mitchell, Holtom, Lee, dan Erez (2001) dan Organizational Citizenship Behavior Scale yang disusun oleh Smith, Organ, dan Near (1983). Analisis data dilakukan dengan menggunakan pearson correlation. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara job embeddedness dengan OCB pada karyawan bank. Hasil ini mengindikasikan, bahwa semakin tinggi job embeddedness dengan semakin tinggi pula OCB pada karyawan bank.

 

Keywords
Organizational Citizenship Behavior (OCB); Job Embeddedness; Karyawan bank
References

Adityawarman, Y., Sanim, B., & Sinaga, B. (2015). Pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk Cabang Krekot. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 6(1), 34-44.

Ahmed, N., Rasheed, A., & Jehanzeb, K. (2012). An exploration of predictor of organizational citizenship behavior and its significant link to employee engagement. International Journal of Business, Humanities, and Technology, 2(4), 99-106.

Aldag, R, & Reschke, W. (1997). Employee value added: Measuring discretionary effort and its value to the organization. Center for Organization Effectiveness.

Amijarso, H. S., & Adriani, N. K. (2016). Corporate profil BRI. Diakses dari http://www.ir-bri.com/

Andriani, G., Djalali, M. A., & Sofiah, D. (2012). Organizational citizenship behavior dan kepuasan kerja pada karyawan. Jurnal Penelitian Psikologi, 3(01), 341-354.

Asgharian, R., Yusoff, R. M., & Mazhari, M. Y. (2013). Examining the effect of workplace friendships and job embeddedness on turnover intention (the case of Mashhad as a tourist destination in Iran). International Journal of Business and Management Invention, 2(71),17-25.

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan. (2016). Kajian penerapan budaya kerja pada Bank BRI: Khasanah memperkaya pengembangan budaya kerja pada birokrasi publik.

Berita Bisnis (2021). Gaji pegawai Bank BRI 2021, berikut daftar lengkapnya. Diakses dari https://kumparan.com/berita-bisnis/gaji-pegawai-bank-bri-2021-berikut-daftar-lengkapnya-1wZqCFjrwAb/full

Bolino, M. C., Turnley, W. H., & Bloodgood, J. M. (2002). Citizenship behavior and the creation of social capital in organizations. Academy of Management Review, 27(4), 505-522.

Cho, Y. B., & Ryu, J. R. (2009). Organizational citizenship behavior in relation to job embeddedness, organizational identification, job performance, voluntary turnover intention in Korea. International Business & Economics Research Journal, 8(7), 51-67.

Dash, S., & Pradhan, R. K. (2014). Determinant & consequences of organizational citizenship behavior: A theoretical framework for Indian manufacturing organisations. International Journal of Business and Management Invention, 3(1), 17-27.

Darto, M. (2014). Peran organization citizenship behavior (OCB) dalam peningkatan kinerja individu di sektor publik: Sebuah analisis teroris dan empiris. Jurnal Borneo Administrator, 10(1), 10-18.

Hafiyyan, H. (2021). Bank BRI (BBRI) raih laba 18,65 triliun pada 2020. Diakses dari https://finansial.bisnis.com/read/20210129/90/1349525/bank-bri-bbri-raih-laba-rp1865-triliun-pada-2020

Hapsari, S. F., Frieda, N. R. H, Mujiasih, E. (2013). The relationship between perceived of leader-member interaction quality and organizational citizenship behavior on contract employees of Bank Rakyat Indonesia (BRI) regional office Semarang. Empati, 2(3), 203-212.

Helen, D. (2014). Survei SDM perbankan: Turn over karyawan 15%, motif utamanya cari tunjangan lebih menjanjikan. E-Paper Bisnis Indonesia. Diakses dari finansial.bisnis.com/read/20140515/90/228134/survei-sdm-perbankan-turn-over-karyawan-15-motif-utamanya-cari-tunjangan-lebih-menjanjikan.

Jahangir, N., Akbar, M. M., & Haq, M. (2004). Organizational citizenship behavior: Its nature and antecedents. Brac University Journal, 1(2), 75-85.

Kusumajati, D. A. (2014). Organizational citizenship behavior (OCB) karyawan pada perusahaan. Humaniora, 5(1), 62-70.

Lee, T. W., Mitchell, T. R., Sablynski, C. J., Burton, J. P., & Holtom, B. C. (2004). The effect of job embeddedness on organizational citizenship, job performance, volitional absences, and voluntary turnover. Academy of Management Journal, 47(5), 711-722.

Maharani, V., Troena, E. A., & Noermijati, N. (2013). Organizational citizenship behavior role in mediating the effect of transformational leadership, job satisfaction on employee performance: Studies in PT Bank Syariah Mandiri Malang East Java. International Journal of Business and Management, 8(17), 1-12.

Mitchell, T. R., Holtom, B. C., Lee, T. W., & Erez, M. (2001). Why people stay: Using job embeddedness to predict voluntary turnover. Academy of Management Journal, 44(6), 1102-1121.

Nafei, W. (2015). The role of job embeddedness on quality of work life and organizational citizenship behavior: A study on Menoufia University Hospitals. International Journal of Business and Management, 10(4), 215-231.

Nawaser, K., Ahmadi, M., Ahmadi, Y., & Dorostkar, M. (2015). Organizational citizenship behavior and bank profitability: Examining relationships in an Iranian Bank. Asian Social Science, 11(12), 11-14.

Ngasuko, T. A. (2015) Daya saing sumber daya manusia Indonesia menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN. Jakarta: Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Ozcelik, G., & Cenkci, T. (2014). Moderating effects of job embeddedness on the relationship between paternalistic leadership and in-role job performance. Procedia-Social and Behavioral Science, 150, 872-880.

Pramadani, A. B., & Fajrianthi, F. (2012). Hubungan antara komitmen organisasi dengan kesiapan untuk berubah pada karyawan divisi enterprise service (DES) Telkom Ketintang Surabaya. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 1(2), 102-109.

Purba, D. E., & Seniati, A. N. (2004). Pengaruh kepribadian dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior. Makara, Sosial Humaniora, 8(3), 105-111.

Saragih, S., & Margaretha, M. (2013). Anteseden dan konsekuensi employee engagement: studi pada industri perbankan. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Smith, C. A., Organ, D. W., & Near, J. P. (1983). Organizational citizenship behavior: Its nature and antecedent. Journal of Applied Psychology, 68(4), 653-663.

Wijayanto, R. W., & Kismono, G. (2004). The effect of job embeddedness on organizational citizenship behavior: The mediating role of sense of responsibility. Gadjah Mada International Journal of Business, 6(3), 335-354.

Wuryani, E., & Tjiptohadi, T. (2009). Efektivitas peranan auditor internal dalam mewujudkan good corporate governance pada perbankan. Jurnal Akrual, 1(1), 1-11.

Yuniar, I. G., Nurtjahjanti, H., & Rusmawati, D. (2011). Hubungan antara kepuasan kerja dan resiliensi dengan organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan kantor pusat PT. BPD Bali. Jurnal Psikologi Undip, 9(1), 11-20.

Information
PDF
826 times PDF : 616 times