IKLIM KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

Priyatna Hadinata
http://www.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji besarnya kontribusi iklim kelas terhadap
motivasi belajar siswa SMA. Sampel pada penelitian berasal dari populasi siswa SMA
Negeri 57 Kedoya Jakarta Barat. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling
berjenjang, di mana terdapat sampel pada setiap tingkatan atau strata. Setiap tingkatan
diwakili oleh satu kelas. Subjek penelitian berjumlah 121 siswa. Instrumen penelitian
adalah kuesioner. Kuesioner dikembangkan untuk mengukur motivasi belajar dan iklim
kelas. Konstribusi iklim kelas diukur menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa iklim kelas memberikan kontribusi yang signifikan terhadap
motivasi belajar siswa SMA. Kontribusi yang diberikan dinyatakan oleh nilai koefisien
determinasi sebesar 31.7%, sedangkan 68.3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Abstract
The aim of this research is to measure the contribution of class climate to learning
motivation in senior high school students. The participants of this research is 121
students from SMA 57 Kedoya, West Jakarta. The data is collected by questionairre
with stratified sampling. The questionairre is used to measure the class climate and
learning motivation. The contribution is measured by simple regression. The result
shows significant contribution of class climate to learning motivation in senior high
school students. The coeficient determinant of the contribution around 31.7%, and the
other 68.3% is affected by the other variables.

Information
Abstract Tweet
1097 times PDF : 1696 times