HARGA DIRI SEBAGAI MODERATOR PADA HUBUNGAN KESEPIAN DAN ADIKSI INTERNET PADA REMAJA

Bonar Hutapea
http://www.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk memberi penjelasan terhadap adiksi internet pada
remaja. Umumnya penelitian terkait berfokus pada anteseden maupun konsekuensi dari
perilaku adiktif tersebut, namun masih jarang dilakukan kajian untuk menguji faktor yang
memoderasi hubungan adiksi internet dengan variabel independen. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menguji efek harga diri sebagai moderator dalam hubungan kesepian dengan
adiksi internet pada remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang menjadi
pelanggan pada sejumlah warung internet di Jakarta Pusat berjumlah 121 orang dengan
sampling aksidental. Guna mengukur ketiga variabel dalam penelitian ini digunakan skala
model likert yang terdiri dari skala kecanduan internet, skala kesepian, dan skala harga diri
yang valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara
statistik tidak ditemukan bahwa harga diri adalah variabel moderator dalam hubungan
kesepian dengan adiksi internet. Namun, terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel
kesepian terhadap adiksi internet. Selain itu, harga diri memiliki kontribusi yang unik
terhadap adiksi internet.

Abstract
Many researches have been conducted in evaluating internet addiction on adolescents.
Generally previous researches focus on internet addiction antecedents or the impact of the
addiction. So far it can be noted that very few attention given to identify moderating variable
in creating internet addiction. Given the fruitfull of studies on the relationship between
internet addiction and relating variables, it is important to understand the moderating factor,
especially in term of causal relation. The aim of the the study was to investigate the
moderating impact of self-esteem on the relationship between loneliness and internet
addiction among adolescents. The sample of the study consisted of 121 adolescents selected
from several internet cafes in Central Jakarta. Three valid and reliable questionnaires titled
Internet Addiction Scale, Loneliness Scale, and Self-esteem Scale were used for this study. The
results revealed that self-esteem did not significantly moderate the relationship between
loneliness and internet addiction among respondents. However, self-esteem exhibited a
significant unique relationship with internet addiction.

Information
Abstract Tweet
717 times PDF : 560 times