NEUROTICISM TRAIT PERSONALITY, SOCIAL SUPPORT, DAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Ratriana Yuliastuti Endang Kusumiati
https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=5e8Pbk4AAAAJ
Universitas Kristen Satya Wacana
Indonesia
Arthur Huwae
https://scholar.google.com/citations?user=LIILY5IAAAAJ&hl=en&oi=ao
Universitas Kristen Satya Wacana
Indonesia

Abstract

Perkembangan pendidikan di era digital yang juga beriringan dengan hadirnya wabah COVID-19, menyebabkan terjadinya pergeseran pembelajaran melalui sistem luring ke daring dengan begitu cepat tanpa adanya persiapan yang kuat. Keadaan ini menghasilkan gejolak mental bagi mahasiswa, sehingga mengalami ketidakberdayaan untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh neuroticism trait personality dan social support terhadap resiliensi akademik mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah kuantitatif regresi berganda. Partisipan yang dilibatkan sebanyak 427 mahasiswa, dengan menggunakan teknik convenience sampling. Skala yang digunakan terdiri dari skala resiliensi akademik, skala neuroticism trait personality, dan skala social support. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh neuroticism trait personality dan social support terhadap resiliensi akademik mahasiswa. Untuk tetap memiliki mental yang sehat dalam menempuh studi, maka individu mampu untuk bangkit dan beradaptasi terhadap situasi pandemi COVID-19 yang sangat krusial, dengan terus melatih dan membentuk kepribadian yang sehat lewat stabilitas emosi, dan selalu mencari serta mendapatkan dukungan yang penuh dari lingkungan keluarga, teman, dan orang-orang terdekat yang berharga bagi individu.

Keywords
Neuroticism Trait Personality; Social Support; Resiliensi Akademik, Mahasiswa; COVID-19
References

Allan, J. F., McKenna, J., & Dominey, S. (2013). Degrees of resilience: Profiling psychological resilience and prospective academic achievement in university inductees. British Journal of Guidance and Counselling, 42(1), 9-25. doi: 10.1080/03069885.2013.793784

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214-225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.vl3i2.3572

Aristovnik, A., Kerzic, D., Ravselj, D., Tomazevic, N., & Umek, L. (2020). Impact of the covid-19 pandemic on life of higher education students: A global perspective. Sustainability, 12(20), 8438. doi: 10.3390/su12208438

Aqeel, M., Shuja, K. H., Abbas, J., Rehna, T., Ziapour, A. (2020). The influence of illness perception, anxiety, and depression disorders on students’ mental health during covid-19 outbreak in Pakistan: A web-based cross-sectional survey. Research Square, 1-18. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-30128/v1

Bahasoan, A. N., Ayuandini, W., Mukhram, M., & Rahmat, A. (2020). Effectiveness of online learning in pandemic COVID-19. International Journal of Science Technology & Management, 1(2), 100-106. https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i2.30

Cervone, D., & Pervin, L. A. (2015). Personality: Theory and research (13th edition). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. (2020). Gambaran resiliensi akademik mahasiswa pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(2), 240-246.

Hardiansyah, Putri, A. P., Wibisono, A. D., Utami, D. S., & Diana. (2020). Penyusunan alat ukur resiliensi akademik. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(3), 185-194. doi: 10.30872/psikostudia.

Hendriani, W. (2017). Adaptasi positif pada resiliensi akademik mahasiswa doktoral. Humanitas, 14(2), 139-149. http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v14i1.5696

Huwae, A., & Rugebregt, J. M. (2020). Regulasi emosi sebagai pembentukan ketahanan mental untuk meningkatkan mutu produktivitas kerja fungsionaris lembaga kemahasiswaan. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 116-123. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i2.1476

Jena P. K. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on education in India. International Journal of Current Research, 12(7), 12582-12586. https://doi.org/10.24941/ijcr.39209.07.2020

John, O. P. (1990). The big five factor taxonomy: Dimensions of personality in the natural languange and questionnaires. In Pervin, L. A., & John, O. P. (Eds.), Handbook of personality: Theory and research (2nd edition) (pp. 66-100). New York: Guilford Press.

John, O. P., & Srivastava, S. (1999). The big-five trait taxonomy: History, measurement, and theoritical perspectives. In Pervin, L. A., & John, O. P. (Eds.), Handbook of personality: Theory and research (2nd edition) (pp. 102-138). New York: Guilford Press.

Jowkar, B., Kojuri, J., Kohoulat, N., & Hayat, A. A. (2014). Academic resilience in education: The role of achievement goal orientations. Journal of Avances in Medical Education and Professionalism, 2(1), 33-38.

Karim, B. A. (2020). Pendidikan perguruan tinggi era 4.0 dalam pandemi COVID-19: Refleksi sosiologis. Educational and Learning Journal, 1(2), 102-112.

LaBrenz, C., Baiden, P., Findley, E., Tennant, P. S., & Chakravarty, S. (2020). Parental history of trauma and resilience during COVID-19. Researh Square 1, 1-23. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-59182/v1

Latif, S., & Amirullah, M. (2020). Students academic resilience profiles based on gender and cohort. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 5(4), 175-182. doi: 10.17977/um001v5i42020p175

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2),113-123.

Mathew, R. (2020). Psychological correlates of a pandemic (COVID-19). International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 6944-6949.

Mufidah, A. C. (2017). Hubungan antara dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa bidikmisi dengan mediasi efikasi diri. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 68-74.

Norrish, J. M., Williams, P., O’Connor, M., & Robinson, J. (2013). An applied framework for positive education. International Journal of Wellbeing, 3(2), 147-161. doi: 10.5502/ijw.v3i2.2

Oktavia, W. K., & Muhopilah, P. (2021). Model konseptual resiliensi di masa pandemi COVID-19: Pengaruh religiusitas, dukungan sosial dan spiritualitas. Psikologika, 26(1), 1-18. doi: 10.20885/psikologika.vol26.iss1.art1

Raboca, H. M., & Cotoranu, D. (2020). The efficiency of the online academic teaching process during the pandemic COVID -19. Educatia 21 Journal, 19, 119-126. doi:10.24193/ed21.2020.19.15

Ryerson, N. C. (2020). Behavioral and psychological correlates of well-being during COVID-19. Psychological Reports. https://doi.org/10.1177/0033294120978160

Saiful Mujani Research and Consulting. (2020, Agustus 18). Kesenjangan akses internet dipengaruhi kualitas pendidikan warga. SMRC Online. Diakses dari https://saifulmujani.com/kesenjangan-akses-internet-pengaruhi-kualitas-pendidikan-warga/.

Samlani, Z., Lemfadli, Y., Errami, A. A., Oubaha, S., & Krati, K. (2020). The impact of the COVID-19 pandemic on quality of life and well-being in Morocco. Archives Community Medical Public Health, 6(2), 130-134. doi: 10.17352/2455-5479.000091

Sidik, E. H., & Listiyandini, R. A. (2017). Peran kepribadian big five terhadap resiliensi pada mahasiswa kedokteran. Prosiding Konferensi Nasional III Psikologi Kesehatan, 184-197.

Siedlecki, K. L., Salthouse, T. A., Oishi, S., & Jeswani, S. (2014). The relationship between social support and subjective well-being across age. Social Indicators Research, 117, 561-576. https://doi.org/10.1007/s11205-013-0361-4

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizational. (2020). Building back resilient : How can education systems prevent, prepare for and respond to health emergencies and Pandemics. UNESCO: Programme and Meeting Document Online, 7. Diakses dari https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000375278

U-Report Indonesia Matters. (2020, Juni 05). Rencana kembali ke sekolah di masa covid-19. Ureport Online. Diakses dari https://indonesia.ureport.in/opinion/4283/

Wardhana, Y. W., & Kurniawan, A. (2018). Pengaruh sense of humor terhadap resiliensi akademik mahasiswa akhir masa studi sarjana di Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 7(4), 84-96.

Yadav, B. (2020). Psychological and social effect of pandemic COVID -19 on education system. Globus Journal of Pregressive Education: A Refereed Research Journal, 11(2), 28-39. doi:10.46360/globus.xxxxxxxxx

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1998). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52, 30-41. doi: 10.1207/s15327752jpa5201_2

Zimmermann, M., Bledsoe, C., & Papa, A. (2020). The impact of the COVID-19 pandemic on college student mental health: A longitudinal examination of risk and protective factors. PsyArXiv, 1-30. https://doi.org/10.31234/osf.io/2y7hu

Information
PDF
2718 times PDF : 1213 times