STRES AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA YANG BEKERJA SAMBIL KULIAH

Suri Indriyani
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia
Nita Sri Handayani
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara stres akademik dan motivasi berprestasi pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Kemudian sampel dan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang bekerja sambil kuliah berjumlah 120 orang responden, dengan karakteristik usia 19-28 tahun, dan merupakan mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Kemudian alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi dari McClelland (1987), yang mengacu pada karakteristik motivasi berprestasi. Sedangkan alat ukur stres akademik menggunakan skala dari Gadzella (1991) yang disusun berdasarkan dinamika strees akademik yang terdiri dari stressor akademik dan reaksi stressor akademik. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa hipotesis diterima dengan nilai korelasi sebesar r = -0.545 dengan nilai signifikansi 0.000, yang berarti terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara stres akademik dan motivasi berprestasi pada mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin rendah stres akademik maka semakin tinggi motivasi berprestasi pada mahasiswa yang bekerja sambil kuliah.

Keywords
Stres Akademik, Motivasi Berprestasi, Mahasiswa, Bekerja
References

Abdul, K. (2015). Hubungan antara stres pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dengan motivasi belajar di mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta: Universitas Bhayangkara.

Ahmadi, A., & Sholeh. M. (2005). Psikologi perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial, jilid 2 edisi 10. Jakarta: Erlangga.

Cherniss, C., & Goleman, D. (2001). The emotionally intelligent workplace. San Fransisco: Jossey-Bass.

Davidoff, L. L (1987). Introduction to psychology. New York: McGraw-Hill Book.

Fadillah, A.,E.,R. (2013). Hubungan stres dan motivasi belajar pada mahasiswa psikologi Universitas Mulawarman yang sedang menyusun skripsi. Ejournal Psychology, 1(3), 254-267.

Gadzella, B. M., & Masten, W. G. (2005). An analysis of the categories in the student-life stress inventory. American Journal of Psychological Research, 1(1), 1-10.

Hall, C., & Lindsey, G. (1985) Introduction to theories of personality. New York: John Wiley & Sons.

Hartaji, R. D. A (2009). Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orang tua. Skripsi (tidak diterbitkan). Depok: Universitas Gunadarma.

Hidayah, K. (2016). Pengaruh kuliah sambil bekerja dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim.

Haryani, R., & Tairas, M. M. W (2014). Motivasi berprestasi pada mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Ejournal of Psychology, 3(1), 30-36.

Luthans, F. (2006). Perilaku organisasi (edisi sepuluh). Alih bahasa oleh V. A. Yuwono. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mayangsari, M. D. (2013). Motivasi berprestasi mahasiswa ditinjau dari penerimaan orang tua. Skripsi (tidak diterbitkan). Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

McClelland, D. C. (1987). Human motivation. New York: Cambridge University Press.

Mulya, H. A & Indrawati., E., S (2016). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Ejournal Psychology, 5(2), 296-302.

Norkasioni & Tamher, S. (2009). Kesehatan usia lanjut dengan pendekatan asuhan keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Perdani, R., T. (2015). Hubungan antara motivasi berprestasi akademik dan prokastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Prayascitta, P. (2010). Hubungan antara coping stress dan dukungan sosial dengan motivasi belajar remaja yang orangtuanya bercerai. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Purwanti, S. (2012). Tingkat stres akademik pada mahasiswa regular angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta: Universitas Indonesia.

Rumiani. (2006). Prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan stres mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 3(2), 37-48.

Timbang, K. U. S. (2014). Perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa yang bekerja dan yang tidak bekerja. Skripsi (tidak diterbitkan). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Information
PDF
22575 times PDF : 10756 times