HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KUALITAS PERSAHABATAN PADA REMAJA AKHIR

Elza Diantika

Abstract


Persahabatan dapat berlangsung secara mulus sementara yang lainnya mungkin diwarnai oleh konflik. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa pengalaman konflik dengan sahabat dalam suatu hubungan persahabatan membuat kualitas persahabatan menjadi rendah. Salah satu hal yang diperlukan untuk membantu meningkatkan kualitas persahabatan adalah kecerdasan emosional. Individu yang memiliki kecerdasan emosional akan mudah untuk berhubungan dengan orang lain karena memiliki kemampuan berempati, mengelola emosi dan memotivasi diri. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosional dan kualitas persahabatan pada remaja akhir. Subjek penelitian adalah remaja akhir berusia 18-21 tahun yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan dua alat ukur, yaitu skala kualitas persahabatan dan skala kecerdasan emosional. Metode yang digunakan merupakan metode kuantitatif dimana pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan remaja akhir sebanyak 100 orang. Berdasarkan perhitungan korelasi Product Moment Pearson, hasil yang diperoleh sebesar r = 0,279 dengan nilai signifikansi 0,005 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dan kualitas persahabatan pada remaja akhir.

 

Kata Kunci : kecerdasan emosional, kualitas persahabatan, remaja akhir

 


Full Text:

PDF


Copyright ©2009 Universitas Gunadarma