KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMANDIRIAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI KEDINASAN X

Bayu Kurniawan, Anita Zulkaida

Abstract


Perguruan tinggi kedinasan  biasanya  menggunakan  konsep asrama (boarding school)
dengan  berbagai beban dalam pelaksanaan,  antara lain peraturan kehidupan
mahasiswa, kewajiban sebagai mahasiswa, beban akademik dan keragaman latar
belakang budaya. Untuk mengatasi berbagai kondisi tersebut dibutuhkan adanya
kemandirian, dan untuk dapat mandiri diperlukan adanya kecerdasan emosional yang
baik. Penelitian ini bertujuan untuk  menguji  secara empirik kontribusi kecerdasan
emosional terhadap kemandirian  pada  mahasiswa  Perguruan Tinggi Kedinasan X.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan responden  adalah
keseluruhan mahasiswa  di  Perguruan Tinggi Kedinasan X,  yaitu sebanyak 156 orang.
Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan
ada kontribusi kecerdasan emosional secara signifikan terhadap kemandirian
mahasiswa  Perguruan Tinggi Kedinasan X. Adapun kontribusi kecerdasan emosional
terhadap kemandirian mahasiswa  Perguruan Tinggi Kedinasan X  sebesar 47,5 %.
Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kemandirian responden termasuk dalam
kategori tinggi dimana dimensi kemandirian nilai memiliki  skor  tertinggi, diikuti
dengan kemandirian emosi dan terakhir kemandirian perilaku. Kecerdasan emosional
responden juga termasuk dalam kategori tinggi dan aspek kesadaran sosial memiliki
skor  tertinggi, diikuti dengan pengaturan diri, keterampilan sosial dan terakhir
kesadaran diri.

Full Text:

FULL PAPER