ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH MOTOR MERK HONDA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA)

Lies Handrijaningsih, Christera Kuswahyu Indira, Anisah Anisah

Abstract


Setiap orang mempunyai sikap yang berbeda-beda terhadap suatu objek yang sama.
Perusahaan berusaha untuk memuaskan selera konsumen dengan cara memenuhi
kenyataan sesuai dengan yang diharapkan.Keanekaragaman konsumen dalam
memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang
berasal dari diri konsumen maupun luar konsumen .Semakin banyaknya produk sepeda
motor yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk
memilih merk yang sesuai dengan keinginannya.Oleh karena itu perlu bagi perusahaan
untuk menganalisis perilaku konsumensepeda motor untuk mengetahui pola
pembeliannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalahuntuk menganalisis pengaruh
dari variabel budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap pemilihan motor merk
Honda Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Gunadarma yang menggunakan
motor dengan merk Honda. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling
(non probability sampling), sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode
penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan cara membagikan kuesioner
kepada responden yang berisi pertanyaan tentang budaya, sosial, pribadi dan
psikologis pada produk Honda yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS.
Alat analisis yang digunakan adalah uji validasi, reliabilitas dan uji regresi berganda.
Hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa budaya, sosial, pribadi dan psikologis
mempengaruhi pemilihan produk Honda baik secara parsial maupun bersama-sama.


Full Text:

FULL PAPER