MANIFESTASI REALITAS SIMBOLIK PADA KOMUNITAS BERCADAR (ANALISIS NETNOGRAFI PADA KOMUNITAS WHATSAPP BERCADAR DI WILAYAH JABODETABEK)

Virgia Aida Handini
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses konstruksi, interaksi dan identitas simbolik Komunitas Muslimah Bercadar dalam grup WhatsApp Kajian 2 KMB, KMB Jabodetabek dan KMB 24 Jam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan strategi penelitian netnografi disertai teori konstruksi realitas sosial dan teori Interaksionalisme simbolik. Pada penelitian ini, data-data didapatkan melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu terdapat tiga proses penting dalam melihat konstruksi, interaksi dan identitas simbolik pada Komunitas Muslimah Bercadar diantaranya, proses eksternalisasi, obyektivasi dan internalisasi. Pada proses eksternalisasi dalam diri member KMB didasarkan pada tiga hal: Adanya pemahaman atas keterbukaan yang terdapat dalam KMB. Tidak adanya larangan terhadap perbedaan latar belakang member. Adanya rasa senasib dan sepenanggungan sebagai pengguna cadar sehingga setiap informasi, ilmu maupun kajian yang terdapat dalam grup WhatsApp tersebut berusaha untuk diterima dengan baik dan penuh kerelaan. Obyektivasi member KMB didasarkan pada penyadaran atas nilai-nilai agama untuk menjadi hamba yang taat kepada Allah SWT. Dalam konteks internalisasi, member KMB memahami bahwa KMB merupakan bagian dari keluarga. Persamaan KMB dengan member dapat dilihat dari visi dan misi serta cara memaknai cadar yang sama sebagai suatu jalan untuk syiar kebaikan. Sehingga dari proses internalisasi ini terciptalah identitas diri sebagai pengguna cadar.

Keywords
Komunitas, Cadar, Identitas
References

Afala, Laode M. 2018. Politik Identitas di Indonesia. Malang: UBPress.

Arikunto.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, Jakarta.

Intyaswati, Drina dan Ratu Laura M. B. P.2017.Peningkatan Eksistensi Blogger Melalui Komunitas Virtual An Increase Of Blogger Existence Through Virtual Community. Jurnal The Messenger, Volume 9, Nomor 2:210-218.

Kozinets. 2002.The Field Behind the Scren: Using Netnography for Marketing Research in Online Communities, Journal of Marketing Research, 39 (February), 61-72.

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, Stephen W dan Karen A. 2009. Foss, Teori Komunikasi, edisi 9. 2009. Salemba Humanika.

Moleong, J Lexy. 2007. Metodologi penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

____________.2012.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Severin, Werner J dan James W. Tankard, 2009. Teori Komunikasi Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Wahyu. 2013. Semiotika Komunikasi, Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

https://Wearesocial.com , diakses pada Rabu 25 April 2018, pukul 10.00 WIB.

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3901418/uin-walisongo-semarang-anggap-mahasisiwi-bercadar-berlebihan , diakses pada Rabu 25 April pukul 14.00 WIB.

https://whatsapp.com, diakses pada Kamis 12 April 2018, pukul 1 WIB

Information
PDF
731 times PDF : 410 times